Senin, 12 Mei 2014

[Blog Tour & GA] Cheer Boy!!


Judul: Cheer Boy!!
Penulis:
Penerbit: Haru
Genre: Fiksi
Jumlah Halaman: 428 halaman
Tahun Terbit: 2013
ISBN: 6027742267

"Rasanya, aku belajar judo hanya karena aku lahir di dojo. Kalau misalnya aku lahir di keluarga pianis, rasanya aku juga akan belajar piano"
-Haruki-

"Sejak kecil aku sering mendengar perkataan ini sampai hafal. 'Cheerleader adalah sosok yang mendukung seseorang dengan senyum, tak peduli penonton atau atlet. Cheerleader adalah orang yang takkan menyia-nyiakan kesempatan untuk berusaha lebih lagi'..."
-Kazuma-

Sebuah ide muncul secara tak terduga, saat Kazuma melihat nenek yang telah lama sakit dan mulai jarang berbicara menyebut nama ibunya, Kazumi. Ini terjadi saat nenek menonton pertandingan bisbol di televisi. Bukan pemain bisbol yang menjadi perhatian nenek, tapi para cheerleader (pemandu sorak) yang membuat nenek secara tiba-tiba menyebut Kazumi. Kazuma yang melihat hal ini tak terkira senangnya, sudah lama nenek tak bicara. Dan yang membuat nenek bicara adalah kenangan ibu Kazuma yang seorang cheerleader. Ya, cheerleader dalam tv itu mengingatkan nenek pada Kazumi.

Kenangan nenek akan ibu ini yang membuat Kazumi bertekad membentuk tim cheerleader. Sudah belum aku katakan bahwa Kazumi ini cowok? dan dia mau membentuk tim cheerleader dengan semua anggotanya adalah laki-laki. Biasanya pemandu sorak adalah perempuan dan kalaupun ada cowok, biasanya campuran dengan cewek. Ini yang membuat novel ini menarik dengan mengangkat tema olahraga yang tak biasa. Untuk memulai misinya ini, Kazuma keluar dari klub judo dan mengajak Haruki.
Haruki selama ini selalu merasa dibayangi kakaknya, Haruko. Keduanya merupakan atlet judo dan anak dari pemilik dojo. Haruko hampir selalu memenangkan pertandingan, hal ini yang membuat Haruki merasa minder. Apalagi setelah cedera. Haruki entah mengapa merasa judo bukanlah 'tempatnya',
"Rasanya, aku belajar judo hanya karena aku lahir di dojo. Kalau misalnya aku lahir di keluarga pianis, rasanya aku juga akan belajar piano"
Di sinilah mulai konflik dari tokoh Haruki. Bila di awal muncul konflik tokoh Kazuma bersama neneknya yang sakit. Konflik Haruki berpusat pada pencarian jati dirinya. Akhirnya keputusan Haruki bulat, ia akan mengundurkan diri dari klub judo. Yang tak disangka Haruki adalah ternyata Kazuma, si sahabatnya ini, telah lebih dulu mengundurkan diri dari klub dan menyatakan pada pelatih bahwa setelah ia datang akan datang Haruki yang juga akan mengundurkan diri dari klub. Yup, isu persahabatan dari keduanya juga kental di cerita ini. Kazuma dan Haruki telah bersahabat dan bertetangga selama hampir sepuluh tahun. Tema persahabatan juga yang membuat cerita Cheer Boy!! ini menarik.
Berbekal ide gila dan kenangan Kazumi, Kazuma mulai merekrut anggota untuk cheerleader laki-laki. Awalnya Haruki merasa Kazuma sudah gila. Pastinya ide ini akan menjadi bahan tertawaan temannya. Tapi, entah mengapa foto-foto ibu Kazuma dengan seragam cheerleader membuatnya ingin ikut jadi cheerleader. Ingin menjadi sosok pendukung penuh semangat, apalagi selama ini ia selalu merasa senang bila dapat mendukung kakaknya. Seperti kata Kazuma, 
Sejak kecil aku sering mendengar perkataan ini sampai hafal. 'Cheerleader adalah sosok yang mendukung seseorang dengan senyum, tak peduli penonton atau atlet. Cheerleader adalah orang yang takkan menyia-nyiakan kesempatan untuk berusaha lebih lagi'..."
Kemudian satu persatu muncul para anggota pioneer dari cheerleader ini. Ada Mizoguchi, si pintar anak pemilik restoran terkenal. Ton, si badan besar yang suka makan dan penuh semangat, Ichiro dan Gen, duo sahabat dari klub tenis, dan Sho, si ikemen (cowok tampan) yang jago tumbling dan teknik dasar cheerleader. Bertujuh mereka memulai cheerleader laki-laki ini. Perjuangan demi perjuangan terus dilewati mereka bersama. "Breakers" begitulah nama cheerleader ini. "Para Penghancur". 
Apa yang menarik dari novel ini?
Yup, pertama tentu saja tema yang diusung mengenai olahraga yang lazimnya dilakukan oleh perempuan dan paling banter kalau pun ada laki-laki pasti dicampur dengan perempuan. Sedangkan Kazuma dkk. membentuk tim cheerleader yang seluruhnya laki-laki. Kedua, nuansa persahabatan dan perjuangan. Dari ketujuh tokoh utama tentu datang dari kebiasaan dan masalah yang berbeda. Bagaimana mereka bersama membangun kekompakan demi tim adalah hal yang sangat menarik di cerita ini. Dari isu kepercayaan sampai isu fisik menjadi konflik mereka. Ketiga, alur yang tertata apik, ya boleh dikatakan hampir seluruh kisah adalah tentang perjuangan "Breakers". Jadi seluruh cerita adalah tentang "proses". Ada juga sih kisah love line ^^. Baca novel ini mulai dari hal yang membuat sedih, ketawa, terharu, semangat semua ada. Well, happy reading!!



Holaaaaa, sudah sampai nih Blog Tour Cheer Boy!! di blog ketiga. Yup di blog Siro. Blog Tour Cheer Boy!! ini merupakan rangkaian tour dari novel Cheer Boy!! di blog. Kalau kamu ikut dari awal pasti sudah tahu dong kalau akan ada tema-tema tertentu yang akan dibahas di tiap tournya. Biar kamu gak ketinggalan di setiap tournya, lemme tell you the schedule.... (sssstttt jangan ketinggalan yah, pasti bakal ada kejutan di akhir^^):

28 April 2014  
Di sini kamu bakal menemukan hal-hal menarik dari novel Cheer Boy!!
5 Mei 2014
Mau tahu sejarah cheerleader Indonesia? baca dulu di blog ini. 
12 Mei 2014
19 Mei 2014
26 Mei 2014
2 Juni 2014

Apa nih yang bakal Siro bahas mengenai Cheer Boy!!? Gak jauh-jauh dari hobi Siro yang suka nonton drama, kali ini bakal dibahas "kira-kira siapa ya aktor yang bakal cocok memerankan tokoh di novel ini seandainya dijadikan dorama?". So, bakal dibahas menurut pendapat Siro, siapa aja nih kandidat yang bakal memainkan peran jadi Kazuma dkk. (berasa jadi sutradara ^^). 

Kazuma
Hmhm, kalau Kazuma kayaknya bakal cocok diperanin sama Miura Haruma. Kenapa? well, karena ini pendapat pribadi, saya suka akting dia di Bloody Monday. Tokoh Falcon yang Haruma perankan benar-benar keren. Jadi kalau dia berperan sebagai Kazuma yang cukup misterius menurut aku bakal cocok ^^
Miura Haruma
Source: here

Haruki
Ingat tokoh Sano Izumi di dorama Hanazakari no Kimitachi e 2011 (Hanakimi)?. Itu tokoh utama cowok yang mengalami cidera kaki. Cideranya ini membuat dia gak bisa ikut olahraga yang paling ia suka. Yup, diperankan oleh Nakamura Aoi. Awal baca Cheer Boy!! dan ada tokoh Haruki yang cidera bahu dan membuat dia minder latihan judo, langsung mengingatkan saya pada Sano Izumi. 
Nakamura Aoi
Source: here 

Sho
Kalau tokoh Sho yang ganteng dan jago cheerleader, aku merekomendasikan Furukawa Yuki. Selain ganteng, akting dia di Itazura na kiss-Love in Tokyo juga keren. Jadi Irie Naoki yang cuek tapi sebenarnya tertarik. 
Furukawa Yuki
Source: here

Mizoguchi
Kalau Mizoguchi aku bakal suka kalau dia diperanin sama Yamada Shintaro. Sama dengan Nakamura Aoi, dia juga main di Hanakimi. 
Yamada Shintaro
Source: here

Ichiro
Sosok Ichiro yang percaya diri tapi pendiam, kayaknya bakal cocok diperanin sama Nakajima Yuto. Soalnya peran dia sebagai Shirao Tsuyoshi di dorama Yowakutemo Katemasu menarik ^^.
Nakajima Yuto
Source: here

Gen
Kiriyama Renn di drama Hanakimi juga sepertinya cocok jadi Gen yang penuh semangat dan daya saing
 Kiriyama Renn
Source: here
Ton
Nah, kalau tokoh Ton, belum menemukan yang cocok. Sosok Ton yang hobi makan tentunya memiliki badan yang besar. Dan dibalik badan yang besar juga, menyimpan semangat juang dan kesetiakawanan yang besar.  Aku suka sosok Ton ini. Kira-kira siapa ya menurut kamu yang pas jadi Ton? any recomendation?

Kalau kamu suka dorama yang bertema olahraga , bisa tonton dorama: Yowakutemo Katemasu (yang ini lagi airing, tentang bisbol), Hanakimi versi 2007 atau 2011, Tumbling (2010, ini bercerita tentang senam).
Sekian pemilihan kandidat untuk aktor yang bakal cocok meranin tokoh-tokoh di Cheer Boy!!. Kalau menurut kamu gimana? Ada rekomendasi lain? Silahkan komentar di bawah ^^



Nah kan, harus baca sampai akhir soalnya bakal ada "GIVEAWAY" ^^. Masih menyatu dengan rangkaian blog tour, bakal ada dua bundel buku dari Penerbit Haru yang bakal jadi milik pemenang. Syarat untuk ikut giveaway ini adalah:
  1. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar, " Menurutmu, apa keunikan dan daya tarik yang dimiliki novel Cheer Boy!! dengan tema olahraga dan cheerleader ini sehingga patut untuk dipertimbangkan dan diangkat jadi dorama?" Ayo jawab dengan seunik-uniknya jawaban kamu^^
  2. Share tentang Blog Tour dan GA ini di twitter. Mention ya ke Penerbit Haru (@penerbitharu) dan Siro (@raindropsiro). Sertakan link share dan email kamu di kolom komentar bareng dengan jawaban nomor 1.
  3. GA ini berlangsung dari tanggal 12 Mei 2014 sampai 18 Mei 2014 (yup, cuman 6 hari.. so cepetan ikut!!!^^)
  4. Pengumuman pemenang tanggal 19 Mei 2014 dan Blog Tour Cheer Boy!! akan dilanjut di blog http://lindation.blogspot.com
Itu dia persyaratannya, mudah, kan? Jangan ketinggalan untuk ikut GA di setiap blog tournya karena bakal ada....
KUIS FINALE

Yuhuuuu, sudah ada GA dengan hadiah menarik di setiap tournya, ditambah ada KUIS FINALE. Bakal ada hadiah menarik dari Penerbit Haru untuk pemenang dari KUIS FINALE ini.
Apa sih KUIS FINALE ini? Jadi,
  1. Kamu harus "mantengin" blog tour ini dari awal sampai akhir buat tahu apa itu KUIS FINALE
  2. Bakal ada huruf-huruf acak rahasia yang bakal tiap host blog tour bagikan di akhir posting tentang blog tour Cheer Boy!!
  3. Kamu harus tahu dan simpan baik-baik huruf itu. Nantinya kamu bakal diminta menggabungkan setiap huruf dan menebak kira-kira kata apa yang keluar.
  4. Susun dalam bentuk gambar, sertakan juga kesan tentang blog tour ini. Post gambar kamu di wall Penerbit Haru. 
Rajin-rajin ya mantengin blog tour Cheer Boy!! Siapa tahu kamu yang jadi pemenangnya dan dapat hadiah menarik dari Penerbit Haru. Ini dia si huruf misteri: (sudah dua minngu, waktunya huruf tersebut dihapus^^. Good Luck!!)




Selamat menebak!!!!! ^^






25 komentar:

  1. Halo Kakak, kayaknya saya yang pertama :D
    Novel ini patut di angkat menjadi dorama agar orang-orang yang underestimate sama olah raga yg identik sama cewek2 ganjen dengan rok pendek ini - mulai bisa berfikir bahwa cheerleader ternyata bukan olah raga biasa dan ternyata lebih menarik jika diperankan oleh para cowok. Olah raga ini perlu usaha keras untuk membentuk formasi sempurna dan semangat lebih tinggi di banding para pemain yang diberi semangat. Pemainnya g cuma di tuntut fit, tapi juga mau bekerja sama dan lincah. Semangat yang menguar dari para tokohnya diharapkan bisa menyalur ke penontonnya. Lalu, konflik yang pelik dan usaha keras pantang menyerah merupakan sebuah pesan yang patut diteladani. Apalagi pasti kita disuguhi tokoh2 dengan badan bagus, cute dan karakter yang memikat. Duh, sayang banget kalau g dibikin dorama-nya.

    Share : https://twitter.com/DeeLaluna/status/465709235259441152
    Twitter : @DeeLaluna
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. Kalau begitu, mungkin saya yang kedua. :)

    Soal:
    Menurutmu, apa keunikan dan daya tarik yang dimiliki novel Cheer Boy!! dengan tema olahraga dan cheerleader ini sehingga patut untuk dipertimbangkan dan diangkat jadi dorama?

    Jawaban:
    Yang pertama, yang pasti karena masih minimnya dorama bertema olahraga yang menonjol. Yang sering tampak, dorama masih di dominasi tema romance, action, atau mistery. Jadi menurut aku, dorama dengan tema olahraga khususnya Cheer ini recomended untuk diwujudkan.
    Ditambah dengan isi cerita dari Novel Cheer Boy!! ini sendiri yang emang gak cuma cerita tentang sekumpulan cowok yang mendirikan kelompok Cheers, tapi juga dipenuhi dengan intrik2 dan konflik pribadi yang menarik, dan edukasi2 tentang Cheerleading itu sendiri.
    Mengangkat Cheer Boy!! menjadi dorama akan menjadi tantangan tersendiri bagi produser dan sutradara, bagaimana mengemas kisah para cheerlelader pria ini hingga bisa menyentuh hati penonton. Dan juga menjadi tantangan bagi para artis yang terpilih, dimana mereka yang tidak bekerja di bidang olahraga kemudian harus memerankan dorama bertemakan olahraga dan mereka melakukan gerakan2 cheers di dalamnya.
    Selain itu, di jepang, Cheerleading ini sudah dianggap sebagai olahraga, dan memiliki perlombaan tingkat nasional, sehingga saya pikir, cheerleading sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Jika novel Cheer Boy!! ini diangkat menjadi dorama, tentunya akan menarik banyak perhatian dari masyarakat, mulai dari kaum muda-mudi, hingga kaum awam yang ingin tahu pengemasannya.
    Mungkin akan berbeda ceritanya klo yang bikin doramanya dari Indonesia, tapi klo dari Jepang sendiri, pastinya pemilihan artis dan pelatihannya akan dipersiapkan benar-benar. Jangan sampai seperti sinetron Indonesia yang adegan tekniknya digantikan, atau hanya main kamera sehingga tampak setengah2, dan perasaan dari penampilannya gak tersampaikan.
    Sama seperti kak Siro, saya juga blm bisa membayangkan sosok Ton cocok diperankan oleh siapa. Karena di novel sudah ada ilustrasi, saya pikir Ton itu gemuk. Tapi setelah membaca hingga akhir, saya jadi penasaran dengan perubahan sosok Ton setelah latihan bersama BREAKERS.
    Kalau suatu saat benar2 akan diangkat menjadi Dorama, pasti tertarik buat nonton! :D

    Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca jawaban ini. :)

    Link Share:
    https://twitter.com/kyokupie/status/465714852267188225

    e-mail:
    lilynohanakyoko@gmail.com

    BalasHapus
  3. menurut aku nih... novel cheer boy tuh emang unik bener... mengusung tema cheerleader yang biasanya dilakukan oleh cewek-cewek yang pakai rok mini, tapi dalam novel cheer boy menampilkan hal yang beda!!! para lelaki yang memiliki maslah tersendiri, ada yang ingin mengupas jati dirinya sendiri (haruki) dan masih banyak lagi yah... di novel ini juga ada nuansa persahabatan yang pastinya familier diberbagai novel, tapi yang beda adalah persahabatan yang kental akan makna mereka yang memiliki masalah dan berbagai konflik pasti aku yakin mereka mampu melaluinya dengan baik.
    dan aku orang yang paling dukug kalo novel ini jadi dorama. kan di novel the after-dinner mysteries udah jadi dorama, kenapa ini nggak sihhh?? jauh lebih menarik dengan isi novel yang unik pasti akan seru ceritanya! dan aku setuju sama kak siro dengan cast doramanya... kalo ton aku lebih condong ke shindog suju sihh tapi dia kan bukan orang jepang yahhhh... hahahaha
    sebelumnya makasih kak atas Giveaway nya bersama penerbit haru. ^^ arigatou......

    link share : https://twitter.com/1004_usriyah/status/465744886008778752
    email : usriyah1004@gmail.com
    twitter : @1004_usriyah

    BalasHapus
  4. Halo, aku ikutan, ya. Semoga kali ini beruntung, hehee. ^^

    "Menurutmu, apa keunikan dan daya tarik yang dimiliki novel Cheer Boy!! dengan tema olahraga dan cheerleader ini sehingga patut untuk dipertimbangkan dan diangkat jadi dorama?"

    Keunikan novel ini yang patut diangkat menjadi dorama tentu saja dari temanya yang tidak biasa. Cheerleading. Selama ini, aku nggak pernah nemuin novel dengan tema tersebut, dengan karakter yang berbeda pula! Cheerleading cowok? Nggak salah tuh?! Biasanya, kan, cewek yang suka main cheerleading, tapi di sini kok malah cowok? Nah, hal ini nih yang bikin menarik. Mungkin, jika Cheer Boy!! disajikan dalam bentuk visual dan audio (seperti dorama, khususnya) akan lebih menarik lagi. Apalagi, selama ini kan yang biasanya ada di drama-drama atau pun di dalam film, para anggota cheerleading selalu ditampilkan sebagai sosok cewek yang keganjenan. Hal ini, juga bikin Cheer Boy!! pasti beda dari drama-drama lain jika ditinjau dari sudut pandang pelakunya. Pasti akan ada hal-hal unik yang lucu yang akan mewarna novel ini jika diangkat menjadi dorama. Dan pastinya, tidak akan melepas nilai-nilai yang dapat menginspirasi dan memotivasi. Aku yakin sih, kalau novel ini diangkat menjadi dorama, pasti akan memberikan dampak besar bagi orang-orang yang selama ini menganggap cheerleading dengan sebelah mata (termasuk aku). Selain itu, rating-nya juga pasti akan tinggi, soalnya sangat jarang ada dorama/drama-drama yang menggunakan salah satu bidang olahraga sebagai temanya, apalagi dengan hal unik seperti ini; cheerleading yang semua anggotanya laki-laki.

    Terimakasih buat GA-nya dan ketersediaannya membaca opiniku ini, hehehe.

    @_wolfhara
    Link share: https://twitter.com/_wolfhara/status/465748781598650368

    BalasHapus
  5. pertanyaan : Menurutmu, apa keunikan dan daya tarik yang dimiliki novel Cheer Boy!! dengan tema olahraga dan cheerleader ini sehingga patut untuk dipertimbangkan dan diangkat jadi dorama?

    novel cheer boy patut diangkat menjadi dorama karena dengan tema olahraga cheerleader yang beranggota sekumpulan laki-laki yang berjuang untuk membentuk tim cheerleader,akan menarik banyak perhatian masyarakat , dan untuk menyadarkan masyarakat yang masih beranggapan cheer itu bukan olahraga dan hanya bisa dilakukan oleh perempuan saja, jika novel ini di angkat jdi dorama mungkin masyarakat akan mengetahui cheer itu bukan hanya bisa dilakukan oleh perempuan saja tetapi laki-laki juga bisa melakukan gerakan cheer.

    dan menurut saya keunikan dari novel cheer boy ini adalah sekumpulan cowok yang mendirikan tim cheer apalagi sekumpulan cowok tersebut adalah mantan anggota dari klub judo , dan perjuangannya patut mendapatkan jempol
    daya tariknya adalah konflik-konflik yang terjadi pada Kazuma dan juga sahabatnya Haruki yang mencari jati dirinya , persahabatan yang begitu kental antara kazuma dan haruki , perjuangan untuk membentuk tim cheer yang keseluruhan anggotanya cowok semua dan perjuangan membangun kekompakan tim

    @Dei_Mustika18
    link share https://twitter.com/Dei_Mustika18/status/465760016457166848
    email hikmaw33@gmail.com

    BalasHapus
  6. Pertanyaan: "Menurutmu, apa keunikan dan daya tarik yang dimiliki novel Cheer Boy!! dengan tema olahraga dan cheerleader ini sehingga patut untuk dipertimbangkan dan diangkat jadi dorama?"

    Jawaban : Keunikannya adalah biasanya cewe yang melakukan cheerleader atau campuran dgn laki-laki,tapi ini cowok! Sangat unik lho, jarang-jarang ada cheerleader cowok semua. Dan sangat bisa membantu buat angkat-angkat dan jadi penopang kalau lagi formasi, terus dengan adanya cowok ini, ada warna baru dalam dunia cheers. Daya tariknya setelah aku baca blog siro sepertinya cukup banyak konflik yang dibahas dalam ceritanya (karena faktor jumlah karakter yang cukup banyak). Terus, temanya persahabatan yang hrs kerjasama antar tim& bisa mendirikan tim BREAKERS, berjuang bersama untuk meraih impian, dan saling mendukung sebagai sahabat. Apalagi aku baca dari twitter-twitter dorama/penerbit haru ada quote yang berkesan, ini dia :"Perasaan akrab lahir dari persahabatan yang mendalam&kebencian yang kuat" dan ini:" Meskipun harus gagal berkali-kali berusaha, kalau kita berusaha sampai berhasil, itu namanya kita berhasil." Itu semua bener ya hihi>< . Ya harus patut dipertimbangkan&diangkat jadi dorama! Karena, lihat dari tokoh-tokohnya cukup banyak(pasti banyak konflik. Makin banyak konflik, makin seru) Haruki tokoh Sano Izumi di dorama sangat cocok hiihi.. terus tampan-tampan, berbakat, dan aktor yang di blog siro sangat cocok memerankan tokoh di Novel Cheer Boy!! Pasti bakal seru dan menarik deh kalau di jadiin dorama. Apalagi tema nya persahabatan, top banget! Kan jarang-jarang ada dorama yang bertemakan persahabatan/cheerleader :D

    Link share : https://twitter.com/biancanitta/status/465769843749187584
    E-mail : biancanitta@gmail.com

    BalasHapus
  7. Dilihat dri judulnya, "Cheerboy" sudah memiliki daya tarik tersendiri dan bila diangkat jadi dorama secara tidak langsung akan memperkenalkan cheerleading sbagai olahraga yg patut diperhitungkan, bukan hnya sekedar hiasan penyemangat dlm pertandingan, Kisah ini juga brcerita tentang perjuangan, prsahabatan & kebersamaan dlm meraih impian yg dibalut dgn konflik" yg akan membuatnya smakin menarik utk dinikmati.

    aanaa929@gmail.com
    link share :
    https://twitter.com/Ana_On3/status/465688940230361088

    BalasHapus
  8. dari cover trus judulnya ada aja udah punya keunikan tersendiri. apalagi kalo isinya. keunikan dan daya tarik yang dimiliki novel Cheer Boy dengan tema olahraga dan cheerleader ini adalah para member cheerleadernya itu cowok loh ,,, cowok guys ... dan itu unik banget. soalnya member cheerleader itu biasa identiknya dengan cewek-cewek paling kecehh n famous disekolah. jarang loh cheerleader itu cowok, bahkan hampir sama sekali gak ada. wow.. novel cheerboy ini membuka tabir kalo cheerleader itu gak cuma cewek doank yang bisa. tapi cowok juga bisa loh..?!! sehingga patut untuk dipertimbangkan dan diangkat jadi dorama.^^ dan udah bisa ditebak pasti bakal seruuuu bangett, apalagi yang memerankan tokoh-tokoh di novel ini cowok-cowok kecehhh kecehhh semua. Awesomaziiiiiiiiiiinggggg banget pasti ^^

    email : novamunira@gmail.com
    Twitter : @NovaaMunira
    link share : https://twitter.com/NovaaMunira/status/466069931620974592

    BalasHapus
  9. " Menurutmu, apa keunikan dan daya tarik yang dimiliki novel Cheer Boy!! dengan tema olahraga dan cheerleader ini sehingga patut untuk dipertimbangkan dan diangkat jadi dorama?"

    uniknya jelas boneknya para tokoh yg cowok semua bikin kelompok cheerleader yg semua anggotanya juga cowok,pertama baca ringkasan ceritanya aku sempat kepikir jangan2 mereka pake rok lagi,tapi dari gambar cover ternyata mereka gak pake rok xD
    habis,cheerleader kan olahraga yg bisa dibilang lazimnya itu cewek2 yg ngelakuin,dengan gerakan2 dan gaya2 imut yang manis
    kalo dibuat dorama pastinya setuju baangeet!!!!apalagi kalo tayang distasiun tv indo,pasti bakal nonton
    pantes banget dijadikan dorama,sekalian anime kalo bisa,temanya persahabatan para cowok dalam tim olahraga,biasanya kan persahabatan cowok tim olahraga itu pasti bikin terharu sampe nangis,ada konflik berantemnya yg sampe pukul2an,terus baikannya juga dengan saling ingetin tujuan bersama sampe nangis2,yg biasanya kulihat dari dorama2 yg selama ini kutonton
    udah gitu tema olahraganya cheerleader oleh cowok2,pasti seru banget liat cowok2 ikemen yang kakkoi lompat2 sama akrobatik buat cheerleading >_<
    tapi,pastinya mereka cheerleadingnya juga gak yg gemulai kayak cheerleading cewek,kan?entar serem lagi,hehe
    aku suka banget sama apapun yg bercerita tentang persahabatan sama perjuangan dijepang,soalnya memicu semangat banget!!!!apalagi kalau banyak humor yg bikin ngakak
    habis nangis ngakak?hahahaha :D
    kira2 cheerleading cowok pake pom2 juga gak yaa?terus gerakan-gerakannya kayak gimana?penasaran banget!!!!makanya novel ini emang harus ada doramanya,biar bisa liat cheerleading ala cowok
    siapa tahu aja dengan ada doramanya bakal jadi pemicu cowok2 buat bikin tim cheerleading juga dan sorak-sorakin temen-temennya yang tanding ato ngasih tambahan semangat buat cheerleader-cheerleader cewek juga :D
    ganbatte cheerleader!!!!


    link share:https://twitter.com/inase_michaelis/status/466751322188832768
    email:inase_michaelis@yahoo.co.id

    BalasHapus
  10. Uniknya karena ini tentang cheer cowok. Karena belum banyak yang tahu, pasti kalau diangkat jadi drama banyak yang suka, apalagi kalau tokoh2nya diperankan sama aktor2 ganteng yang disebutin di atas. Aaah.. Semoga beneran diangkat ke drama/film, aamiin.

    https://twitter.com/zoellula/status/466907314390585345
    zoellula.zn@gmail.com

    BalasHapus
  11. "Menurutmu, apa keunikan dan daya tarik yang dimiliki novel Cheer Boy!! dengan tema olahraga dan cheerleader ini sehingga patut untuk dipertimbangkan dan diangkat jadi dorama?"

    Keunikannya banyak banget. Salah satunya, cerita di novel ini jika di dunia nyata akan memang agak langka untuk di dengar. Bayangkan saja, tak semua pria mau menjadi seorang cheerleader. Kegiatan olahraga yang biasanya dilakukan oleh kaum wanita.
    Namun berbeda dalam kisah di novel ini, mereka bersedia mematahkan asumsi-asumni orang lain tentang grup mereka. Dan apalagi ini tuh menyangkut soal persahabatan.
    Jadi, menurut saya, segala jenis olahraga boleh dilakukan oleh pria maupun wanita. Tak peduli kegiatan itu dinilai orang terlalu kalem atau lainnya. Tapi menurt saya, nggak mudah loh, jadi seorang cheerlader. Challenging-nya banyak. Salah satunya para pria ini harus melenturkan badan mereka untuk gerakan-gerakan yang menurut aku sendiri agak rumit dan beresiko. So, pasti ini bakalan keren banget kalau dijadiin dorama. Pasti rating-nya naik deh...hihi Karena cerita ini beda dari yang lainnya. Aku salut dengan penulisnya, ia bisa memiliki imajinasi seunik ini :D :D :D

    Link share: https://twitter.com/feicloudsm/status/466988477754531840
    Email: nurdiani.soffa@gmail.com

    BalasHapus
  12. Keunikan dan daya tariknya pastilah bnyk banget. Mengangkat ttg tema olahraga yg identik dengan cewek tp ternyata di "Cheer Boy" ini dilakukan cowok, itu aja udah unik. Sedangkan daya tariknya, menurutku adalah cowok-cowok yang akan berperan jika "Cheer Boy" nntinya diangkat menjadi dorama. Bayangin aja, cowok-cowok keren macam, Furukawa Yuki nanti lompat-lompat, teriak-teriak seperti cheerleader pada umumnya. Ehem..ehem siapa yg gak tertarik? Kalau beneran jd dorama nnti aku tonton deh :D Oh, ya novel Cheer Boy ini mengingatkan aku tentang novel Pom-Pom Boys karya Putri Arsy yg dulu pernah aku baca, temanya juga mirip lho.. Cerita Cheer Boy aku harap gak kalah seru sama novel Pom-Pom Boys bahkan bs jadi lebih seru ^^
    ~Link Share :
    https://twitter.com/Dinar_Arisandy/status/467205783210299392?p=v
    ~Email : dinararisandy@gmail.com

    BalasHapus
  13. "Menurutmu, apa keunikan dan daya tarik yang dimiliki novel Cheer Boy!! dengan tema olahraga dan cheerleader ini sehingga patut untuk dipertimbangkan dan diangkat jadi dorama?"

    Unik karena jarang sekali ada grup cheerleaders yang terdiri dari cowok – cowok, bahkan aku sndri gk pernah liat… tapi setelah baca review tentang novel Cheer Boy, aku jadi tau ada cheerleaders yang terdiri dari cwok – cwok…bener – bener unik dan menarik, apalagi setelah tau kalo cwok – cwoknya itu terdiri dari cwok – cwok keren membuat novel ini memiliki daya tarik untuk segera dibaca…. Cocok banget diangkat jadi dorama apalagi dengan tema olahraga dan cheerleader…
    Aku bener – bener penasaran pengin baca novel Cheer Boy!!!!!……

    @AyuArista16
    Link share : https://twitter.com/AyuArista16/status/467313609538691072
    Email : ayuarista805@yahoo.co.id

    BalasHapus
  14. Daya tarik novel cheerboy ini tentu temanya,yaitu cheerleader yg anggotanya cowok,ini hal yg tidak biasa karena biasanya anggota cheerleader itu cewek,tapi pastinya para cowok-cowok ini juga gak kalah sama cheerleader cewek,dan tetap terlihat manly & gak rempong walaupun anggota cheerleader,jika cheerboy diangkat jadi dorama maka orang2 yg bilang cheerleader hanya bisa dilakukan oleh para cewek akan berubah fikiran & akan memberi dukungan bagi cowok2 yg anggota cheerleader

    nama :Shara Shahnaz
    email :sharazsa@gmail.com
    twitter :@SharaSharazsa

    BalasHapus
  15. hallo^^ ikutan gabung yaaa:D
    bismillah semoga menang:D amin!!

    " Menurutmu, apa keunikan dan daya tarik yang dimiliki novel Cheer Boy!! dengan tema olahraga dan cheerleader ini sehingga patut untuk dipertimbangkan dan diangkat jadi dorama?"

    menurutku, semua yang ada di dalam novel CheerBoy!! itu unik. mulai dari temanya, penamaan tokohnya, alurnya, settingannya, sampai ke cover bukunya juga unik. kenapa? waktu awal tau novel CheerBoy!! yang dipromosiin Haru, yang aku lihat dulu adalah cover novelnya. disana ada cowo cowo yang jadi cheerleader dengan nama baju "BREAKERS".
    lanjut ke temanya, menurutku tema novel yang diangkat CheerBoy ini sangat unik dan ga ngebosenin. soalnya jarang ada novel novel di Indonesia ataupun diluar yang ceritanya membahas tentang olahraga. mulai dari anggotanya yang semua cowo. jujur aku pikir dulu cheerleader itu cuma dikhususin buat cewe cewe semuruan anak SMP/SMA. dan aku pikir cheerleader itu bukan olahraga, melainkan aktifitas yang cuma teriak teriak jingkrak jingkrak di lapangan buat ngedukung tim/regu favoritenya. setelah aku baca novel ini, aku jadi tau kalau ternyata perkiraanku salah besar, apalagi ditambah sama review kakak-kakak ini. hehe

    kalau novel ini di doramakan, aku yakin ratingnya pasti tinggi, di Indonesia maupun di luar, apalagi di Jepang. untuk di Indonesia sendiri, aku pikir belum ada film, drama, ataupun FTV yang mengangkat konsep olahraga dalam ceritanya. kebanyakan tentang romance, love story, atau kekeluargaan. nah maka dari itu aku yakin banget kalau novel ini di doramakan, pasti ga ada ruginya. tapi yangg terpenting, harus pilah pilih dulu aktor/aktris yang akan jadi pemerannya. biar dramanya seperti kisah asli dalam novelnya^^ soalnya susah juga bikin dorama dari novel ini, karena temanya beda dari yang lain, problem yang dikenalkan mulai dari masalah Haruki dengan judo, Kazuma dengan neneknya, dan teman teman lainnya harus diadegankan dengan baik:D
    kalau di Jepang sendiri, aku pikir di Jepang udah cukup banyak drama tentang olahraga, barusan baca di review kakak hehe:D jadi menurutku kalau novel ini di doramakan di Jepang, lebih baik ceritanya sesuai dengan novelnya. karena kan orang orang Jepang lebih mengerti tentang Cheerleader sebagai olahraga di negaranya sendiri. ya meskipun sulit karena kebanyakan cheerleader di Jepang atau di Indonesia itu kebanyakan perempuan.

    segini dulu deh jawaban dari aku hehe. maaf kalau kepanjangan:D sukses terus ya kak untuk semua reviewnya^^ terimakasih udah kasih info banyak buat kita^^

    twitter : @RiniSkndr
    Link Share : https://twitter.com/RiniSkndr/status/467573674644496384
    email : astriayuli52@yahoo.com

    BalasHapus
  16. daya tarik novel ini tentu bisa dilihat dari judul..
    cheerboy..
    hal menarik lainnya itu selain tentu penasaran kenapa cheerleading itu cowo, dan ada cerita apa yang ada di novel ini, menurut saya novel ini bakal menarik perhatian cowo" :)
    karena mungkin cowo udah biasa kan liat cheers cewe? lah ini judulnya cheerBOY!
    pastinya pengen tau banget kenapa kok bisa ada BOY di novel ini..
    kalau novel ini bakal dijadiin dorama, cowo" wajib nonton nih :)
    biar tau kalau cheers itu bukan hanya dunia utk cewe, dan di dalam cheerleading itu bukan hanya menyemangati, tp merupakan olahraga yg cukup sulit dan menantang yang patut di perhitungkan ;)
    _
    email : bestfriendnownoknow@gmail.com
    twitter : @SouL_BF
    link : https://mobile.twitter.com/SouL_BF/status/467652078911766528?p=v

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Lupa jadwal tournya:( untung masih sempat..:) Yosshh!! Kakk, ikutan boleh ya?:D

    Merutku keunikan dan daya tarik dari novel cheerboy sehingga patut diangkat jadi dorama adalah cowok-cowok cheer-nya! Kan biasanya tuh kalau udah namanya cheer pasti identik ke cewek, nah sekarang di novel ini kan cowok yang cheers, unik tuh (beda dari novel atau film dorama/drama pada umumnya). Pasti yang udah pada baca novelnya penasaran, "Siapa sih yang bakalan merankan karakter-karakter di novel ini?", kan beda rasanya nonton langsung dengan membaca. Kalau membaca, kita pasti membayangkan (Imajinasi yang main) tapi kalau nonton bisa langsung kita lihat tanpa harus berimajinasi. Seperti kak Siro yang udah membayangkan kira-kira siapa yang cocok jadi pemerannya, maka yang sudah membacanya pun pasti begitu. Pasti bakal banyak yang mau nontonnya :D
    dan juga, bukan hanya cewek yang penasaran, cowokpun sama. Novel ini bener-bener disarani banget deh utk dijadiin dorama. Karena Sesuatu yang berbeda itu ISTIMEWA DAN UNIK :) :D

    Wish Me Luck^_^
    Email : adeanugrahsiahaan@ymail.com
    Twitter : @adeanugrah11
    Link share : https://twitter.com/adeanugrah11/status/467687160670191616

    BalasHapus
  19. Tema yang disuguhkan Cheer Boy udah jelas unik, dengan cowok-cowok yang jadi pemandu sorak. Dari blog-blog yang aku baca, ada yang kasih tau kalo dalam novel ini nggak disuguhkan cerita romance-nya, ini udah bikin tantangan terbesar untuk Cheer Boy. Tapi dilihat dari antusias pembacanya, hal itu udah bukan jadi kendala lagi, udah jelas kalo Cheer Boy berhasil memikat hati pembaca. Jadi kalau dibuat doramanya -ditambah dengan tokoh-tokoh pemain yang ganteng-anteng :p- novel ini pantas dibuat versi doramanya. Hm.. jadi ingat Hana Kimi... :D

    @auliaaRatri
    https://twitter.com/auliaaRatri/status/467870132904005632
    aulian_rhatri@ymail.com

    BalasHapus
  20. Wah, aku baru ikutan pas hari terakhir nih.. hehe

    Setelah aku liat review kakak di atas, aku jadi tambah penasaran sama novel Cheer Boy..jadi pengen baca nih. Hmm, menurut aku yang menarik dari novel Cheer Boy itu adalah temanya, alur ceritanya, tokoh-tokohnya, dan amanatnya.

    Tema nya itu unik banget, dari mulai olahraga-olahraga khas Jepang, cheerleader, sampai persahabatan. Tema seperti itu jarang banget ada di novel-novel lho. Bayangin aja, olahraga, cheerleader, dan persahabatan dipadukan menjadi suatu cerita yang pasti keren banget. aduh salut deh sama pengarangnya, Asai Ryo-sensei:D. Trus, aku juga gak habis mikir, kok bisa ya dapet ide seunik ini. Biasanya sih, cewek yang menjadi cheerleader. Tapi, ini malah cowok yang jadi cheerleadernya. Ngebayangin ngeliat anak cowo loncat-loncatan, split, bersorak-sorak unyu, dan membawa pompom warna warniii itu pasti KOCAK ABISSSS!!! Apalagi nama kelompoknya itu BREAKERS, hehe. Dan karena ini novel yang berasal dari Jepang, mungkin kita bisa tahu dan mempelajari budaya-budaya Jepang lewat novel ini.

    Alur ceritanya bikin aku penasaran dan pengen cepet-cepet baca novel ini. Apalagi, kalo aku ngeliat di review kakak, kayaknya konfliknya pecah dan maksimal bangett
    Tokoh-tokohnya kayaknya lucu dan unik-unik deh. Mereka kan cowo, tapi ngerangkap jadi cheerleaders yang bersisi unyu tapi tetep keliatan sisi lain cowoknya, hehe.

    Amanatnya mungkin banyak ya. Aku kurang tau juga, karena aku belum baca novel ini. Tapi, biasanya sih kalo novel-novel gitu banyak quotes-quotes yang bisa kita ambil hikmahnya

    Kalo soal dorama sih, aku setuju banget kalo dibuat versi seperti itu. Kita bisa "melihat" langsung aksi-aksi para cheerleaders cowo di tv. Pasti bakal banyak yang mau nonton. Iyalah, kan udah jelas gitu. Novelnya aja laku dipasaran, masa doramanya enggak? Apalagi cast nya itu loh..hahaha cocok banget mendeskripsikan tokoh-tokoh di cheer boy ini:D



    twitter : @kwonnyuwl
    Link share : https://twitter.com/kwonnyuwl/status/467896445291356160
    Email : restirama2000@gmail.com

    WISH ME LUCK :)

    BalasHapus
  21. "Menurutmu, apa keunikan dan daya tarik yang dimiliki novel Cheer Boy!! dengan tema olahraga dan cheerleader ini sehingga patut untuk dipertimbangkan dan diangkat jadi dorama?"
    Kalo menurut diriku sndiri sih dari judulnya aja udah patut harus dan kudu di jadiin dorama. Kenapa? Karena tema ini tuh lain daripada yg lain, emang sih udah byk dorama yg temanya ttg olahraga, tapi jarang banget kan yg temanya ttg cheerleading apalagi anggotanya laki2 (ikemen) semua. Selain itu, cheerleader kan biasanya terdiri dari cewek2 cantik, populer dan sexy, lah kalo ini malah cowok, Pasti orang yg belum baca novel atau belum pernah liat cheerleader -yg isinya cowok semua- ini bertanya2 dan semakin penasaran tentang mereka. Apakah mereka semua gemulai, lentur atau malah sebaliknya? Sama kaya diriku yg bertanya2 seperti apa formasi mereka, apalagi ada ton dalam tim BREAKERS. Waaah~ makin penasaran.
    Kalo misalkan novel Cheerboy!! beneran di jadiin dorama, aku bakalan langsung nonton, udah gitu aku juga bakalan suruh orang2 yg aku kenal nonton doramanya, biar mereka tau kalo cheerleader ga cuma buat cewek2 aja, tapi cowok pun bisa melakukan cheerleading.

    Ps: kalo tokoh utamanya yg di atas sih, aku setuju2 aja, abis Haruma Miura sih udah gitu tokoh lainnya juga ikemen2. o(≧∇≦)o
    kalo untuk tokoh Ton, gmana kalo yg jadi Kuma d Gokusen? Kayanya cocok deh. Hehe :D

    Email: maulida.oktafiana@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/A_matchuu/status/467894673965457410?p=v

    BalasHapus
  22. Haloo kak Siro, ikutan ya^^ semoga kali ini aku beruntung *rapal mantra keberuntungan* :D

    1. Ide cerita.
    Ide cerita yang unik sekali, antimainstream. Beda dari yang lain dan menarik. Cheerleader cowok? Wow banget, biasanya kan basket,futsal,sepak bola,lompat tinggi. Kan biasanya cewek centil dan seksi pake rok mini terus megang pom-pom dengan senyum terukir di bibirnya dan menyemangati suatu pertandingan. Gimana kalau itu digantikan sama cowok? Cute bangeeet. Alur yang tertata rapi –seperti yang kakak bilang pasti bakal makin keren. Kazuma dan Haruki, yang dilatarbelakangi mantan atlet judo itu nambah poin plusnya. Pasti keren banget kalau diangkat jadi dorama! Gak hanya cewek, mungkin cowok bakal nonton ini karena penasaran! Atau nanti malah ada penerus dari BREAKERS? Hihi..siapa tau.
    2. Konfliknya rame banget^^
    Seperti dorama Jepang lainnya, misal Gokusen. Itu setiap episode selalu diwarnai masalah yang berbeda, sebentar Kuma, Sawada, Uchiyama. Dan cheer boy!! sepertinya masuk kriteria dalam hal ini. BREAKERS, namanya lucu:3
    3. Tokoh-tokoh yang unik dan banyak.
    Jadi berhubung ini cheerleader cowok, pasti diperanin sama cowok semua kan? Aku jamin pasti bakal laris kalau jadi dorama. Secara cowok-cowok Jepang manis, cute, macho, cool dan semuanyaaa. Pasti dorama ini bakal digandrungi sama cewek-cewek dimana pun berada yang hobi sama dorama. Kalau gak hobi? Pasti bakal langsung hobi dan jatuh cinta sama dorama ini saat pertama kali liat:p apalagi dalam cerita ini mereka (Kazuma, Haruki, dkk) meraninnya gak lemah gemulai tapi tetep cool! Ah, aku uda buat dorama cheer boy!! ini dalam pikiranku kak :D
    4. Complete.
    Gak hanya sekedar cowok cakep, ide yang unik. Tapi novel ini komplit. Dengan tema persahabatan, perjuangan, love line, olahraga yang memikat hati. Dapet bonus lagi. Apa? Terhibur. So pasti. Bisa ketawa,sedih,terharu,bahagia dalam satu waktu? Yes banget kan?!
    *berharap bakal diadaptasi ke dorama*
    Email : sasaisnara@gmail.com
    https://twitter.com/supernovaD_/status/468000601846972419

    BalasHapus
  23. Asli. Baca pertanyaan di atas bikin pengin teriak. Semacem kaya ditanyain "kamu kena haru syndrome, ya?" dan jelaslah novel ini punya banyak keunikan. Bahkan kalau berkesempatan, aku berharap novel "Cheer Boy!!" ini bisa sampai jadi dorama kaya The After Dinner Mysteries.

    Balik ke pertanyaan, keunikan+daya tarik. Sepintas dari kaver udah keliatan kalau novel ini nggak ada duanya. Sekumpulan anak laki-laki bermasalah yang malah bentuk tim BREAKERS dan lompat-lompat bawa pompom (re: cheerleading). Meski udah banyak dorama dan anime olahraga, kalau laki-laki jadi pemandu sorak belum pernah ada, kan? Ini keunikan banget. Jelas :D

    Lanjutannya yang lebih unik lagi, semisal yang jadi pemeran ada Haruma Miura pastilah ini daya tarik banget buat cewek-cewek sampai nggak bakal ngelewatin dorama ini! Sama kaya nama timnya dong: BREAKERS. Yang berarti bakal matahin hati setiap orang lewat aktingnya Haruma Miura xD Wah, mendadak jadi inget anime SnK yang bakal ada Haruma Miura juga :3 /skip!/

    Yah, pokoknya, saya bakal jatuh cinta banget kalau beneran ada dorama Cheer Boy!! ini. :)

    email: ihzaulinka@gmail.com
    share: https://twitter.com/chalnk/status/468000226469347329

    BalasHapus
  24. Pertanyaan : "Menurutmu, apa keunikan dan daya tarik yang dimiliki novel Cheer Boy!! dengan tema olahraga dan cheerleader ini sehingga patut untuk dipertimbangkan dan diangkat jadi dorama?"

    Daya tarik yang pertama adalah mengangkat tema cheerleader boy yang menurut saya unik dan menarik. Keinginan untuk menjadi cheerleader boy bagi siswa bernama Kazuma dan Haruki itu merupakan hal yang tidak biasa. Hanya berbekal tekad kuat dan ambisi yang dimiliki oleh Kazuma dan Haruki. Karena merasa jalan yang mereka ambil sebelumnya bukan pilihan yang tepat dan mulai mencari jati diri mereka sebenarnya walaupun harus mengalami berbagi macam konflik. Dari konflik inilah. novel ini memiliki nilai plusnya. Selain itu hal menarik lainnya adalah persahabatan yang kental antar tokoh. Tak peduli orang akan memandang seperti apa tentang tekad untuk menjadi cheerleader boy atau pemandu sorak laki-laki, yang terpenting adalah keikhlasan dan niat yang tulus ingin mewujudkan suatu impian bersama. Jika sudah melihat keunikan dari novel Cheer boy ini sudah pasti akan seru dan menarik jika diangkat menjadi sebuah dorama jepang karena alur cerita dan masing-masing karakter tokoh utama yaitu Kazuma dan Haruki. Yakin deh, semua mata wanita di jepang akan tertuju pada anggota cheer boy yang satu ini. jarang ada lho di sekolah-sekolah jepang. Wahhh menarik sekali pastinya..

    Link Share : https://twitter.com/ekayuliiy/status/468019911143337984
    Email : ekayuliasih@gmail.com
    Twitter : @ekayuliiy

    BalasHapus
  25. "Menurutmu, apa
    keunikan dan daya tarik yang
    dimiliki novel Cheer Boy!! dengan
    tema olahraga dan cheerleader ini
    sehingga patut untuk
    dipertimbangkan dan diangkat jadi
    dorama?"

    Daya tarik dari novel Cheer Boy ini adalah tema yang diangkat oleh sang penulis yang sangat unik dan sepertinya -menurutku- belum pernah ada dorama dengan tema cheerleader apalagi ini anggota cheerleader-nya laki-laki semua. Waduuh kaya gimana tuh.. . Cerita tentang usaha mereka untuk membentuk team cheerleder, mencari anggota, lalu bagaimana usaha mereka agar menjadi team yang kompak belum lagi kerja keras mereka untuk bisa tampil di acara-acara patut diacungi jempol. Novel ini ga cuma menceritakan usaha si haruki dkk yg ingin membentuk team cheerleader aja, tapi juga bisa memberikan pelajaran bagi pembacanya juga.

    Email : endahnurfajriyah@ymail.com
    @enndh
    https://mobile.twitter.com/enndh/status/468026323051360258?p=v

    BalasHapus