Senin, 19 Mei 2014

Cool Guys Ramen Shop



Ramen. Siapa yang gak kenal mie berkuah satu ini. Enak disantap panas-panas dengan kuah gurih dan mie yang kenyal nyum nyum.. Sejarah ramen katanya dimulai saat peperangan Jepang dan Cina. Kata Ramen sendiri serapan dari bahasa cina la (to pull) mian (noodle). Untuk sejarah lengkapnya bisa lihat di sini


Judul: Cool Guys Ramen Shop
Penulis:
Penerbit: Qanita
Genre: Fiksi
Jumlah Halaman: 454 halaman
Tahun Terbit: 2014
ISBN: 9786021637142



“Seorang wanita mencintai seorang pria. Ia menunggu selama dua tahun, lalu dicampakkan oleh pria itu sehingga hatinya sedih. Kenapa hal ini dianggap menjengkelkan? Pada suatu masa, hal ini disebut sebagai cinta murni. Apa dunia sekarang lebih dingin sehingga hal seperti ini pun dianggap menjengkelkan?”

-Yang Eun Bi-



“Ka...karena kamu, aku jadi terkena penyakit aneh yang tidak bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan modern saat ini!”

-Cha Chi Soo-
 
Kisah ini dibuka dengan adegan Chi Soo yang keluar dari bandara. Cha Chi Soo anak presiden Cha pemilik perusahaan yang bergerak di bidang makanan. Chi Soo yang dibesarkan di keluarga yang berkecukupan, membuatnya manja dan terkadang dianggap tak menghargai orang lain karena sikap polosnya. Apapun keinginan Chi Soo, Sang ayah pasti mengabulkannya. Belum lagi dianugerahi wajah tampan membuat hidup Chi Soo dianggap sempurna oleh orang lain. Di lain tempat, Hyun Woo, sahabat Chi Soo, dikejar-kejar orang yang menagih hutang pada ayahnya. Selalu seperti itu kehidupannya semenjak Sang ayah berhutang banyak dan meninggalkannya tanpa kepastian. Sejujurnya Hyun Woo tak menginginkan kehidupan sempurna layaknya Chi Soo atau kehidupan penuh "pertempuran" seperti Ba Wool, yang ia inginkan hanya hidup normal dan tenang.
Tokoh Ba Wool muncul sebagai anak yang selalu ingin berkelahi. Ia merasa muak dengan ayah seorang pendeta yang terus-terusan mengadopsi anak. Apa bagusnya mengasuh anak yang kau sama sekali tak dapat membiayainya. Ya, Ba Wool teramat benci dengan ayah yang ia anggap ayah angkatnya itu. Berpindah dari Ba Wool ke Yang Eun Bi. Tokoh utama wanita di novel ini. Dikisahkan Eun Bi yang tengah menempuh ujian masuk menjadi PNS guru. Beberapa kali ia mencoba, namun selalu menemui kegagalan. Passion Eun Bi sendiri sebenarnya bukan mengajar, ia lebih menyukai bermain voli. Namun, akibat kekalahannya terakhir kali bermain voli, ia bertengkar dengan Sang ayah hingga saat ini. Saat itu, Eun Bi impulsif memasuki sebuah tempat ramal tarot. Eun Bi secara tak terduga mengambil kartu lonceng dan si peramal mengatakan arti dari kartu itu,
...Kamu pernah mendengar perkataan kalau ketika berciuman akan terdengar bunyi lonceng di telingamu, kan? Inilah maksud dari kartu ini. Jika kamu bertemu dengan jodohmu, akan terdengar bunyi lonceng 'teng...teng'.
Di sanalah benang merah antara Chi Soo dan Eun Bi terjalin, karena Eun Bi justru mendengar lonceng berbunyi saat bertemu Chi Soo. Dan betapa terkejutnya Eun Bi mengetahui bahwa Chi Soo adalah muridnya di tempat ia menjadi guru magang.
Chi Soo, Hyun Woo, Ba Wool, dan Eun Bi bakal dipertemukan dengan tokoh Kang Hyuk yang mengajak mereka membangun tempat ramyun "Cool Guys Ramen Shop". Sebuah toko ramyun/ramen dengan 4 pekerja laki-laki yang tampan dan seorang wanita yang beruntung. Yang menjadi daya tarik toko ini tentunya keempat pekerja tadi dan rasa ramen yang lezat tentunya. Setiap tokoh akan bergelut dengan masalah masing-masing di tempat ini. Chi Soo dengan kenaifannya, Hyun Woo dengan keinginan hidup normal, Ba Wool dengan Sang ayah yang menurutnya menyebalkan, Eun Bi dengan impian dan hubungan dengan Sang ayah, serta Kang Hyuk yang memiliki misteri tersendiri. "Cool Guys Ramen Shop" menyuguhkan keunikan tersendiri berbau ramyun yang enak.

Tema dan Alur
Secara umum tema yang digarap di novel ini tentang kisah cinta, persahabatan, menemukan passion sesungguhnya. Ramen/ramyun digunakan untuk menceritakan hal yang menarik yang terjadi pada tokoh. Tiap bab baru diberi judul dengan kata ramen seperti Ramen Takdir di bab pertama, Ramen Eunbi, Ramen Chi Soo, Ramen Ba Wool, Ramen Hyun Woo dan Ramen Cinta. Ramen Eunbi di dalamnya mengisahkan kehidupan Eunbi, dari mulai kebencian pada ayahnya, usahanya untuk jadi guru, kisah cinta Eunbi, dan pertemuannya dengan Chi Soo. Di bagian awal setiap bab ditulis resep dari setiap ramen. Contohnya Ramen Eunbi, di sana dijelaskan cara memasak ramen Eunbi beserta ciri khasnya sesuai karakter dari tiap tokoh dalam novel ini. Dari segi tema memang unik dan memiliki ciri khas tersendiri ^^
Alur dari novel maju. Agak lambat di awal, karena hampir separuh dari buku masih mengenalkan karakter dan benang merah tiap tokoh. Bagian klimaks pun porsinya sedikit ( I wanna more... -_-). Secara keseluruhan novel ini dapat dinikmati karena ceritanya tidak terlalu berat dan cukup banyak komedi khas k-book romance
Aktor
Mari berkenalan dengan tokoh dalam novel ini.
1. Yang Eun Bi, seorang guru magang di sekolah Chasung. Berumur 25 tahun. Menyukai voli namun meninggalkannya karena membenci ayahnya yang menjalankan sebuah toko makanan kecil bernama "Toko Makanan Kecil Eunbi".
2. Cha Chi Soo, murid SMA Chasung. Kaya, manja, dan menyebalkan ^^. Sering di panggil "Chwa-Chi Soo", pemberian nama Chwa dikaitkan dengan merek dagang perusahaan ayahnya.
3. Hyun Woo, teman baik Chi Soo. Memiliki permasalahan keluarga yang membuat Hyun Woo bekerja paruh waktu setiap hari.
4. Kim Ba Wool, mempunyai hobi bertengkar. Lebih suka menyelesaikan masalah dengan tangan tapi semenjak mengenal Kang Hyuk temperamennya mulai berubah. Amat menyukai So Yi, padahal So Yi menyukai Chi Soo. Hal ini yang membuat Ba Wool tidak pernah akur dengan Chi Soo
5. Kang Hyuk, chef ramen lezat murid ayah Eun Bi. Datang dari Jepang untuk bertemu gurunya. Punya hobi tidur dimana pun, kapan pun. 
Karakter dari tiap tokoh cukup kuat dan logis. Sikap manja Chi Soo dapat dimengerti karena kehidupan kaya yang dimilikinya. Yang unik adalah karakter Kang Hyuk yang hebat dalam membuat ramen lezat tapi suka tidur tanpa diduga. Entah Kang Hyuk mengidap penyakit apa, yang jelas dia suka banget tidur di sembarang tempat dan waktu. Jadi teringat anak kecil di film Free Birds yang suka tidur tiba-tiba juga.
Setting dan POV
Sudut pandang yang digunakan dalam novel adalah orang ketiga. Latar tempat paling banyak di Cool Guys Ramen Shop. Di awal kisah dimulai di Noryangjin, suatu distrik di Korea yang dipenuhi orang-orang yang mau melamar jadi guru.
Gaya Bahasa dan Terjemahan
Terjemahannya bagus. Bukan translate kaku yang terkadang merusak jalan cerita. Mudah diikuti, hanya saja terkadang bingung dengan siapa yang berbicara. Jadi ada percakapan yang tidak menyantumkan siapa yang berbicara jadi baru ketebak siapa yang bicara ketika akhir percakapan.

The Drama



 Gak jauh beda dengan bukunya, di drama masih mengisahkan Chi Soo yang diam-diam menyukai Guru Yang, sering dipanggil intern (guru magang). Rasa penasaran tentang apa yang dirasakannya terhadap intern, membuat Chi Soo ikut juga bekerja di toko ramen "Flower Boys Ramen Shop". Agak sedikit berbeda judul di buku dan di drama. Judul asli dari bukunya ini 이민영의 “꽃미남 라면가게” . Kalau di bahasa Indonesia jadi "Cool Guys Ramen Shop". Sebenarnya ada isu tersendiri dalam menerjemahkan kata 꽃미남 (kkot minam). Bisa dibaca pro kontra nya di sini.

Chi Soo - Hyun Woo
Ba Wool - Kang Hyuk

Kunjungan Eun Bi ke Tempat Ramalan Tarot

Yang Eun Bi






Ramyun/Ramen dalam drama "Flower Boys Ramen Shop"











Flower Boys Ramyun Shop dengan kesibukannya.





Keep reading for rest your life :)
Rating: 3/5


2 komentar:

  1. Aaaaa, Kak Siro rekomendasinya dramanya bukan bukunya >u<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukunya juga seru,. malah aku lebih suka karakter Ba Wool di buku. Di darama dia kurang terosorot,. ^^

      Hapus