Selasa, 16 Desember 2014

Haru Syndrome's Waiting Room

Selamat pagi dari Bandung! Apa kabarmu hari ini? Beberapa hari lalu aku mengikuti Haru Syndrome's Waiting Room (HaSyWaRo) dari Penerbit Haru. Apa sih Hasywaro ini? Dari fanpage Penerbit Haru, HaSyWaRo ini merupakan program yang menjembatani antara pembaca setia Haru dengan Penerbit Haru.

HaSyWaRo adalah ruang tunggu yang asyik dan seru bagi para pembaca setia Haru. Pembaca yang setia biasanya nggak hanya tetarik dengan buku-buku yang menjadi produk suatu penerbit, tetapi juga pengin tahu lebih dalam tentang seluk-beluk si penerbit dan di balik pengerjaan buku. Nah, di HaSyWaRo inilah pembaca setia Haru bisa mendapatkannya!
So, di HaSyWaro inilah pembaca Haru bisa mengajukan pertanyaan mengenai buku-buku Haru. Selain itu juga bisa memberikan kesan dan pesan mengenai buku yang diterbitkan Haru. Dan inilah beberapa pertanyaanku yang dijawab oleh Redaksi Haru *yeay ^^.




Pertanyaan Siro untuk Haru
1. Haru, aku mau tanya-tanya, ya! Buku Haru yang pertama muncul (kalau nggak salah) novel Oppa & I yang awalnya di-post di salah satu website yang membahas Hallyu Korea. Kemudian buku ini diterbitkan di bawah label Haru. Dan mulailah muncul buku-buku dari Haru. Bagaimana sih cerita awal mulanya Haru berdiri?
Kalau nggak salah berarti bener, tapi sayangnya Siro salah, niih...^^ Buku pertama Penerbit Haru adalah novel yang berjudul SeoulMate (Lia Indra Andriana, Januari 2011).  ^^
Memang benar Haru pertama berdiri karena hallyu wave alias demam Korea. Nah, bagaimana pertama Haru berdiri? Sebenarnya Haru adalah kumpulan penulis yang rata-rata sangat suka dengan budaya negeri ginseng tersebut. Waktu itu, jarang sekali ada buku-buku tentang Korea, apalagi buku-buku terjemahan yang ngepop (nggak berat/bukan sastra).
Saat itulah, dari rasa penasaran dengan novel-novel dari Korea (kalau K-pop dan K-drama kan sudah menjamur saat itu), maka Haru mencari buku-buku Korea yang layak untuk diterjemahkan ke bahasa Indonesia.
2. Umumnya Haru menerbitkan buku-buku  dengan penulis Korea dan Jepang. Serta baru-baru ini juga dari penulis Mandarin. Selain dari tren maraknya segala tentang ketiganya, apa yang mendasari Haru menerbitkan buku terjemahan dari Korea, Jepang, dan Mandarin?
Sama dengan jawaban pertanyaan sebelumnya.... Haru pada awalnya penasaran banget dengan novel-novel dari ketiga negara tersebut. Apalagi kalau lihat kover-kover novel mereka, rasanya langsung pengin bawa pulang padahal nggak tahu ceritanya gimana!^^ Maka dari itu, misi utama Haru adalah menerbitkan buku-buku dari Asia. Jadi, ke depannya bukan hanya dari Korea, Jepang, dan Korea saja. Bakalan ada buku-buku dari negara-negara Asia lainnya. Penasaran nggak sih dengan budaya negara lain selain Indonesia?
Nah, pertanyaannya, apa dasar kita memilih buku-buku tersebut? Tentu saja buku-buku dengan cerita yang bagus. Haru punya tim reviewer yang akan membaca buku-buku aslinya sebelum akhirnya dibawa ke sebuah forum untuk dibicarakan layak atau tidaknya sebuah karya untuk terbit.
3. Mengapa icon Haru itu seperti kipas? (kalau nggak salah lagi, yaa^^) Kenapa juga mucul si ayam unyu yang suka berseliweran di promosi buku Haru? Adakah makna di baliknya?
Wah! Icon Haru itu... sebenarnya... sebuah... buku. *gubrak*
Banyak yang bilang itu kerang, atau kipas sih. Tapi itu sebuah buku.
Untuk ayam... ceritanya panjaaang! Tapi, singkatnya, pagi hari ditandai dengan ayam yang berkokok. Jadi, Haru ingin agar pembaca Haru bisa menikmati satu hari yang tak terlupakan bersama dengan Haru, sesuai dengan moto Haru: Creating an unforgettable day for you. 


Ternyata aku salah soal novel pertama Haru dan icon-nya^^, nah dengan adanya HaSyWaRo ini aku jadi tahu beberapa hal dari Penerbit Haru yang awalnya tidak tahu sama sekali. Apalagi yang "ayam" itu^^. Kamsahamnida Haru. Dan untuk pertanyaan serta kesan dan pesan mengenai buku Haru dari Siro, kamu bisa baca langsung di fanpage Penerbit Haru, ya!. 
HaSyWaro Siro di Fanpage Haru

2 komentar:

  1. Hahaha, lumayan dapet informasi penerbit nih setelah baca ini, hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dapat info bermanfaat tentunya.. ^^

      Hapus