Kamis, 19 Maret 2015

Around the Genres in 30 Days: Playing Around With Romance

Halo semua! Kembali lagi dengan posting yang bakal sangat menarik perhatian buat para pecinta buku. Dalam rangka ulang tahun Blogger Buku Indonesia, kali ini BBI mengadakan event yang namanya, "Around the Genres". Apa itu "Around the Genres"? Ini adalah sebuah acara dimana member BBI bergabung dalam minat baca pada genre buku yang sama, nantinya para grup genre akan mengadakan event/poting seru seputar genre pilihannya. Nah, berhubung ini adalah acara untuk menyambut ultah BBI, acara ini diadakan dari tanggal 16 Maret-17 April 2015. Dan puncak acara ada di tanggal 13 April 2015 saat ulang tahun BBI.
Source: here edited by me 

Oke, sebelumnya mari kuperkenalkan dengan genre pilihan dari Review Siro. Untuk event ini, blog Review Siro masuk ke dalam grup genre romance. Dan judulnya adalah "Playing Around With Romance". Bagi yang suka dengan novel genre satu ini pasti sudah tak asing lagi. Apa sih genre romance ini? Buku yang seperti apa yang dimasukkan dalam kategori romance? Apa saja subgenre romance? Review Siro akan mengulas mengenai genre satu ini. Mari kita mulai dengan definisi romance. Romance dalam urbandictionary adalah,
True romance is doing something special or unexpected for someone you love, even though you don't have to. Romance isn't a greeting card, it isn't Valentine's Day, it isn't a box of chocolates, and it certainly isn't a dozen roses (unless you like that sort of thing). Real romance is not what modern society has been taught to think it is. Real romance isn't manufactured. It is completely individual. Romance is for showing the person you love that you're thinking about them. It shouldn't feel forced. There are no limits to romance; it can be shown by a handwritten note, by going for a walk, or even by making someone a sandwich. Romance is something simple and sweet that reminds your partner why they fell in love with you in the first place. 
Romance itu mengingatkan bagaimana rasanya jatuh cinta pada pasangan. Romance itu sesuatu yang manis tanpa batas. Jika kembali ke buku bergenre romance, akan banyak definisi yang muncul sebagai penjelasan dari buku romance. Tapi satu definisi yang menurutku menarik dan simple mengenai buku romance ini dijelaskan oleh Jennfier Crusie (author dari Bet Me), "A Romance is a Love Story". Buku romance adalah buku tentang kisah cinta. Tentang jatuh cinta. Perihal adanya plot atau subplot yang lain tak jadi masalah, jika pada akhirnya jalan cerita berfokus pada kisah cinta. 
Buku fiksi/novel dapat dikategorikan romance jika setidaknya mengandung dua hal utama ini, yaitu:
  1. A Central Love Story: Kisah utama yang terdapat dalam buku romance adalah tentang cinta. Tentang jatuh cinta. Tentang bagaimana mempertahankan cinta. Tentang sebuah hubungan kekasih. Bagaimanapun si penulis meramu kisahnya, entah dengan sisipan sejarah atau sains, bila fokus cerita adalah tentang jatuh cinta dan cinta maka buku tersebut dapat dikategorikan sebagai buku genre romance.
  2. An Emotionally Satisfying and Optimistic Ending: Para tokoh utama yang jatuh cinta atau pasangan kekasih ini akan dihadapkan pada akhir kisah yang merupakan hasil perjuangan cinta mereka selama berjalannya cerita. Entah dengan happy ending atau sad ending maupun akhir yang menggantung. Seluruhnya adalah hasil dari perjuangan dari para tokoh utama tersebut. Setidaknya para pembaca akan disuguhi kisah cinta yang dapat membuat mereka merasakan "cinta"  (sumber).
Dan hei, romance tidak berfokus hal erotis atau sex. Tapi romance adalah kisah untuk sepasang kekasih dan hubungan emosional alias cinta antara mereka. Bukan hanya tentang hubungan fisik. Mungkin saja bila dalam sebuah novel romance kental akan hal erotis atau sex tapi fokus tujuan yang ingin dicapai dari sebuah novel romance adalah hubungan cinta para tokoh utamanya secara emosional.

Jadi bila ternyata ada sebuah buku fiksi yang berfokus pada kisah cinta dari para tokoh utamanya tentu dia masuk ke dalam genre romance. It's all about love. Buku fiksi ini sudah masuk genre romance, tapi romance yang seperti apa?  Jadi ibaratnya romance ini adalah induknya, tentu ia memiliki anak-anak yang masuk ke dalam kategorinya. Maka muncullah subgenre romance. Sebenarnya romance memiliki banyak sekali subgenre, tapi jenis subgenre ini biasanya berdasarkan dari :
  • Timeframe: Kisah romance ini bisa terjadi di masa sekarang (Contemporary) atau mungkin di masa lalu (Historical) atau di masa depan. Mungkin juga tokoh dari kisah romance ini terlempar ke masa lalu atau masa depan (Time Travel)
  • Setting: Entah di negeri peri atau fantasi, atau saat perang dunia kedua, kisah romance bisa muncul di mana pun. Atau mungkin kisah cinta ini dapat berlangsung saat acara besar seperti natal. Atau saat sang tokoh utama adalah seorang detektif yang jatuh cinta pada saat ia melakukan penyelidikan (Suspense)
  • Hero: Siapapun dapat jatuh cinta. Baik itu dokter atau pengacara. Hantu, vampire, dan werewolf pun dapat jatuh cinta. 
  • Tone: Bagaimana pengungkapan dari kisah cinta ini? Bagaimana pilihan gaya bahasa untuk mengungkapkan setiap detail jalan cerita? Apakah disisipi seksual konten yang jelas atau tampak bias? Hal ini yang kurang lebih dimaksud oleh tone (sumber)
  • Format: Baik berseri maupun hanya satu kisah (single) dalam satu buku (sumber).  
Dari romancewiki.com, beberapa subgenre dari romance adalah Adventure Romance, African-American, Category Romance also known as "Series" titles, Chick-lit, Contemporary, Dark Fantasy, Erotic Romance, Erotica, Fantasy, Futuristic, Gothic, Historical, Inspirational, Interracial Romance, LGBT, Mainstream, Menage a trois, Medical, Military, M/M-Romance, Multi-Cultural, Mystery/Thriller, Novel With Strong Romantic Elements, Paranormal, Regency Romance, Rock 'n Roll Romance, Science Fiction, Single Title, Suspense, Sweet, Time-Travel, Traditional, Urban Fantasy, World War II-Era,Yaoi, Young Adult.
Dan untuk acara Around the Genres ini, grup romance telah menyiapkan posting menarik. Sebelumnya, ini dia para member BBI yang masuk dalam grup genre romance:
  1. Afifah Mazaya    @theladybooks.blogspot.com
  2. Ajen Angelina     @ajendanbuku.blogspot.com
  3. Alluna Maharani  @slytherinlegacy.blogspot.com 
  4. Angela Noviana   @resensiharlequin.com
  5. Cut Lilis Rusnata  @bacabuk.blogspot.com
  6. Danee Ollie          @sekotakceritaseusaibaca.wordpress.com
  7. Dini Novita          @dinoybooksreview.wordpress.com
  8. Ira                       @irabooklovers.wordpress.com
  9. Meliana Januaria  @bookish-roomie.blogspot.com
  10. Nina Ridyananda @thebookaddictdiaries.blogspot.com
  11. Putri Utama         @read-book-review.blogspot.com
  12. Saptorini Rien      @resensi-buku-buku.blogspot.com
  13. Siro                     @review-siro.blogspot.com
  14. Sulis Peri Hutan   @kubikelromance.com
  15. Viona                  @starlibrary.wordpress.com
Jadi Siro, apa yang bakal grup romance lakukan dalam rangka Around the Genres?

Terhitung semenjak tanggal 19 Maret tentang posting pengenalan Around the Genres ini, bakal diikuti dengan posting tentang genre romance yang sesuai tema Playing Around With Romance dengan subtema:

  •  Your Very First Romance Book
  •  Top Romance Author
  •  Book Boyfriends & Book Girlfriends
  •  Scenes in the Story 
  •  Ekranisasi
  •  Top Romantic Cities from Books
  •  Songs That Reminds Me of Books
  •  Opini: Why Everybody Needs to Read at Least 1 Romance Book?
  •  Ten Romantics Cover
  •  Opini: Second Lead dalam Novel
  •  Top 5 Males Too Good To Be True
  •  Romance Subgenre 101 dan Baca Bareng

Setiap harinya akan ada beberapa anggota dari grup romance yang akan memposting mengenai tema-tema di atas. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengikuti postingan dari grup genre romance ini karena bakal ada GA juga dengan bertabur hadiah buku romance yang gak kalah menarik. Benar-benar bertabur hadiah buku. Gak hanya satu tapi buku-buku. Dan kamu juga bisa menggali dan mendapat rekomendasi buku romance versi grup romance dalam Around the Genres in 30 Days. Dont miss it!





2 komentar: