Kamis, 10 September 2015

[Blog Tour & Giveaway] Sing-Py Single Happy

Judul: Sing-Py Single Happy
Penulis: Dewi Rieka
Penerbit: Loveable
Cetakan: -
Jumlah Halaman: 210 halaman
Tahun Terbit: 2015
ISBN: 9786027290556 
Genre: Fiksi, Comedy Romance
Format: Paperback
“Buat apa dobel tapi nyakitin, kalo bisa single tapi bahagia”
Blurb
“Ran, emang rencana kamu ke depan tuh apa? Mau balik lagi jadi orang kantoran?”
“Nggak, Bu. Rania tuh mau bikin kos. Tapi, khusus untuk cewek jomblo. Rania pengin ajarin anak-anak gadis bertahan hidup di dunia keras. Pengin bikin Kos Jomblo biar Rania dan cewek-cewek kos nggak diganggu hidung belang.”

Terbentuk KOS JOMBLO yang dikomandani Rania, cewek yang sakit hati dengan cowok yang namanya Anto, si manja, pengangguran, dan nyebelin.

Kos Jomblo, murah meriah dan nyaman, tapi syaratnya harus jomblo. Peminat kos pun menumpuk hingga Rania harus melakukan audisi. Terpilihlah sepuluh cewek dengan fisik, karakter, profesi, dan latar belakang yang berbeda. Semuanya memiliki alasan berbeda kenapa memilih Kos Jomblo.

Dari sinilah dimulai petualangan cinta-cintaan ala anak Kos Jomblo. Mulai cinta segitiga antara Hanna, Vanessa, dan Athalla, kekasih gelap si Kidung, Roro yang pingsan di pernikahan mantannya, sampai Hanna yang di PHP-in. Belum lagi, Tahlia yang pacaran sama playboy, Gani si quiz hunter yang ternyata bisa jatuh cinta, Gillian si cewek SMA cantik yang digila-gilai para cowok abege, serta permasalahan cewek lainnya.

Intinya, semua permasalahan cewek terkumpul jadi satu di Kos Jomblo. Dan mereka menamakan diri sebagai SING-PY = Single Happy. “Buat apa dobel tapi nyakitin, kalo bisa single tapi bahagia”.

KOS. Ketika mendengar tiga huruf ini apa yang terlintas di pikiranmu? Mahasiswa? Karyawan? Ibu kos? Tetangga kos? Kamar berantakan? (ini untuk kasusku aja sepertinya^^) atau malah kamu teringat mantan? Ngaku hayo!
Setelah sukses dengan Anak Kos Dodol seriesnya, mbak Dewi-Dedew-Rieka menelurkan kembali bukunya yang berjudul Sing-Py Single Happy. Kekhasan dari mbak Dewi Rieka yang mengangkat tema-tema keseharian seperti anak kos masih dipertahankan di novel ini. Bedanya kalau di Sing-Py Single Happy, ada kisah cinta anak kos-kosan jomblo yang diangkat jadi cerita segar dan unik. Kisah ini dipelopori oleh Rania yang sakit hati dengan suaminya, bertekad untuk melindungi perempuan lain dari keganasan laki-laki di luar sana (bahasamu siro!^^), Rania mendirikan kos-kosan yang berbeda dari kos-kosan yang ada selama ini. Kalau kamu tertarik untuk masuk ke kosan ini, syarat utamanya hanya satu: jomblo. Yup! Kamu nggak salah baca, J-O-M-B-L-O. Cewek-cewek yang berstatus lajang tanpa pacar bisa masuk dan menghuni kosan ini. Alhasil, setelah seleksi ketat bibit-bebet-bobot oleh Rania, terpilih sepuluh penghuni Kos Jomblo. Di tempat ini berkumpul para jomblo yang menyebut dirinya Jones (alias Joblo Ngenes). Kali ini aku akan membahas dua karakter Sing-Py Single Happy dari tokoh Tahlia dan Kidung.
Tahlia adalah wanita karir berumur 27 tahun. Tipikal wanita sukses, cantik, dan gaul yang mengejar karir. Karena semua hal itu, Tahlia memiliki banyak penggemar. Sayangnya, banyak penggemar bukan berarti Tahlia nggak jomblo. Saking selektifnya dengan para cowok, Tahlia sering ditinggal teman sebayanya menikah. Satu lagi hobi Tahlia yang unik yaitu seringkali bergaya ala Syahrini dengan memakai barang bermerk. Bedanya untuk Tahlia adalah KW merk Mangga Dua (Ups!). Suatu ketika, para penggemar Tahlia harus gigit jari lantaran Tahlia kini tak sendiri lagi. Akhirnya jones satu ini menggandeng laki-laki keren bernama Glenn. Selain Tahlia yang sudah punya gandengan untuk kondangan, hal yang membuat para fansnya sedih adalah kenyataan bahwa laki-laki yang disukai Tahlia adalah bad boy sejati.
Tahlia si gadis berambut merah yang hobi ngeluh bahwa ia bakal jadi jones forever ternyata bikin banyak cowok mabuk kepayang. Huh! Tidak adil! Kufur nikmat!
Satu orang peri berbaik hati untuk mengingatkan akan bahaya Glenn di sisi Tahlia. Anehnya si peri ini adalah kakak Glenn sendiri, Marta. Marta mengingatkan Tahlia agar jangan terlalu menyukai Glenn yang nantinya bakal berujung patah hati.
Aku hanya nggak mau kamu sakit hati, Tahlia. Glenn kayak kuda liar Sumbawa, susah dikendalikan.
Glek! Masa kakak sendiri kayak gitu. Eits, sabar dulu ternyata ada misi serius di balik sikap Marta. Apa misinya? Tunggu sampai akhir postingan ini berakihr ya! 
Lain Tahlia, lain kisah Kidung. Jones satu ini adalah mahasiswi 19 tahun yang memiliki keahlian dalam cangkul-mencangkul. Kidung mengklaim dirinya adalah jomblo bahagia dan merasa bebas sebagai jomblo.
Nggak ada yang ngintilin melulu atau cerewet nanya, kamu di mana? Dengan siapa? Melakukan apa? 
Tapi, sebahagia-bahagianya jomblo, kalau sudah ada yang menyinggung malam mingguan sama siapa, sampai waiter kafe juga bertanya, itu sih udah merusak kesehatan. Kidung stres juga kalau malam minggu mesti sama cangkul secara dia anak agronomi. Tapi Tuhan memang baik, malam minggu ini Kidung dapat kejutan yang seru yang bakal ngerubah masa depannya. Clue: gebetan.
 
Kenangan semasa kos jaman kuliah memang berkesan. Walaupun sekarang aku maih kos tapi statusnya sudah tidak jadi mahasiswa lagi. Kalau pinjam istilah Bang Epi sih, Beda Siro kos-kosan mahasiswa dan karyawan. Memang beda. Kalau dulu jaman kuliah, masuk ke kos-kosan pasti main ke kosan tetangga kamar. Tapi sekarang, pulang sore sebagai karyawan sudah lelah duluan untuk sekadar main ke kamar sebelah meskipun masih saling sapa halo (curhat). Kalau masalah cinta anak kos-kosan itu sih pasti punya ruang kenangan sendiri. Satu hal yang paling aku ingat saat ngekos jaman kuliah adalah kebiasaan malam jumatan di antara teman kos seperjuangan. Jadi, kalau biasanya para pasangan ini punya momen malam mingguan buat mereka, kami punya malam jumatan. Kami di sini adalah aku, dua temen cewek, dan tiga temen cowok. Diantara kami berenam, para cewek semuanya adalah para jojoba (jomblo-jomblo ceria biar gak disebut jones^^). Setiap malam jumat kami punya ritual nonton bareng di bioskop. Dan mau nggak mau ya malam jumat itu para cowok juga mesti ikut nonton seolah-olah malam itu para cowok adalah bodyguard dan pasangan para cewek. Alhasil, setiap malam jumat para cowok ini bakal susah dihubungin sama pacarnya masing-masing karena diculik para teman jomblonya (sorry girls! But that is the friendship LOL). Ada juga kisah jomblo yang mesti nemenin teman sebelah kamar kosan yang nangis semalaman karena putus sama pacarnya. Hadeuh!


Sudah ingin bercerita tentang kisah jomblomu atau sudah penasaran dengan kisah Tahlia dan Kidung? Kini saatnya giveaway yang berhadiah satu buku Sing-Py Single Happy dari penerbit Loveable untuk satu orang beruntung. Syaratnya:
1. Follow akun twitter penerbit @Loveableous dan like fan page Loveable
2. Follow juga blog Review Siro via bloglovin atau google connect untuk memudahkan pendataan
3. Share tentang Giveaway ini di jejaring sosial yang kamu punya. Boleh Facebook atau Twitter dengan hastagh #SingleHappy jangan lupa untuk mention ke @raindropsiro  @dewirieka dan @Loveableous . Kamu juga boleh ajak teman kamu untuk ikut GA ini.
4. Jawab dalam komentar postingan ini: Apa yang kamu lakukan di malam minggu saat kamu jomblo? Siro gimana kalau aku nggak pernah jomblo? Kamu nggak boleh ikutan GA ini *ketawa setan*. Bercanda! Kamu bisa cerita tentang malam minggu kamu sama pacarmu. Sertakan juga Nama, Email, dan link share kamu.

Giveaway ini berlangsung selama dua hari sejak tanggal 10 September 2015 pukul 06.00 WIB dan berakhir tanggal 11 September 2015 pukul 06.00 WIB, sekarang diperpanjang samapi pukul 23.00 WIB. Selanjutnya pemenang akan diumumkan tanggal 12 September 2015. Jadi, jangan lupa pantengin terus Review Siro. Dan bagi pemenang beruntung, jika dalam 2 x 24 jam tidak ada laporan (berasa di kosan pak RT^^), maka host akan melimpahkan hadiah pada kandidat pemenang berikutnya. Dan blog tour Sing-Py Single Happy Review Siro adalah rangkaian blog tour dan giveaway terakhir Sing-Py Single Happy dengan anggota BBI. Untuk keterangan lanjut hubungi dokter, eh pantengin penerbit Loveable.

Cheers!     
 

10 komentar:

  1. Nama: Wening Purbawati
    Share: https://twitter.com/DabelyuPhi/status/641771289766719488

    Apa yang kamu lakukan di malam minggu saat kamu jomblo?

    simpel aja sih, kumpul sama keluarga atau baca buku yang menumpuk di sudut kamar. haha

    BalasHapus
  2. Nama : pramestya
    twitter : @p_ambangsari
    twitter.com/p_ambangsari/status/641891334543024128

    Nangis kak, iya, sudah lima belas tahun ini kerjaan saya ngegebet (pacar) orang tapi nggak pernah ada yang nyantol. Dulu udah ada yang mau ketangkep eh malah saya lepasin soalnya terlalu gede, entar ga kuat bawa pulangnya *mancing neng?*

    Nangis? Ngapain! Aku mah #SingleHappy alias Jomblo Berprinsip. Prinsipnya aku jomblo buat dipacarin kamu *copas*

    malming biasanya sih aku ketawa sendiri, jungkir walik, kadang nangis juga. Kenapa gila gitu? Karena baca novel.

    Atau ikutan GA dimana2, ngetwit galau dengan hestek MALMING, buat cerita di blog, buat status, baca status, nonton film, makan plus ngemil yang banyak. Tapi lebih sering emang novelisasi :D Kumpul sama keluarga jelas dong, tiduran di depan tv, satu main hp, satu baca novel, satu nonton film, satu tidur. Wekawekaweka

    BalasHapus
  3. Nama = Dellavita Yustika
    Twitter = @dellavitaa_
    Link Share =

    https://twitter.com/dellavitaa_/status/641895511570513920?s=09

    "Apa yang kamu lakukan di malam minggu saat kamu jomblo"

    Aku cuman bisa mainan HP sambil bukak berbagai Socmed contoh nya BBM
    Di RU(Recent Update) pada buwat status
    "Malming with Pacar" terus pajang foto di DP nyaa. Ya aku cuman bisa melihat sambil membatin "cuman malming sama pacar aja di buwat status mana tempat yang dikunjungi juga paling cuman tongkrongan biasa #ngek" setelah puas buka BBM terus bukak ke twitter cari informasi informasi tentang GA kan lumayan kalau menang dapet Novel *hihihi*

    Setelah lelah buka buka Socmed stalk kesana kesini yang malah bikin hati iri dan akhirnya frustasi terus gantung diri#yanginingaco=)) terus OTW kamar dan tiduran Merenungkan Nasib *eakkk* kenapa saya bisa jomblo? Kurang apa sih gue? Padahal gue kan udah perfect? Cantik iya? Ya begitulah renungan renungan yang saya pikirkan.

    Dan setelah capek merenungkan nasib yang gak tau arahnya akan dibawa kemana lagi? Akhirnya saya tidur dengan nyenyak dan pulasnyaa^^

    Single is happy
    Single itu lebih bebas enggak ada yang ngatur malming paling tiduran dirumah/stalk socmed orang^^

    Hihihi pokoknyaa Single itu bukan nyaa gak laku tapi belum dapet jodohnya dari tuhan ajaa^^

    Hihihi
    Wish me luck^^ di GA iniii

    BalasHapus
  4. Nama : Septy Anggita
    Email : septysmpnss@gmail.com
    link share : https://twitter.com/sseptyanggita/status/641913357683945472
    acc twitter : @sseptyanggita

    apa yang dilakukan dimalam minggu saat jomblo? duh pertanyaannya nyentuh perasaan aku banget yaa.. tau aja udh jomblo bekerak *curhat. sebagai jomblo setia sih kak, biasanya aku cuman dirumah garuk-garuk tembok sambil minum baygon. eh, enggak deh boongan. serem amat kalo kayak gituan. aku sih kak karna anak gadis + gak dibolehin pacaran sama ortu jadi dirumah aja baca novel romance di internet ttg cowo ngesurprise cewenya biar berasa malam mingguan sama pacar sendiri. atau gak kadang cerita-cerita sama ortu. kadang juga diajak jalan-jalan sama ortu. kok ortu ortu aja sih? pasti ada pertanyaan gitu. iya nih. selain mereka gak ngasih aku keluar karna bahaya untuk anak gadis + mereka mau buat aku gak nyesal gak ngabisin waktu sama orangtua. karna dulunya mereka waktu kecil oma opa ku sdh gak ada. jadi pada malam mingguan sama temennya. kan sedih cuman sebentar ngerasain bareng-bareng orangtua. kelak aku ngabisin waktu jadi orangtua dan bercengkrama dgn anak anak ku. mungkin gitu maksud mereka. tapi aku bahagia kok ^^

    BalasHapus
  5. GFA: Biondy
    share: https://twitter.com/biondyalfian/status/641917132909907968

    Biasanya kalau jomblo di malam minggu, saya suka membaca, pergi jalan-jalan, atau nonton film, baik dengan teman maupun sendirian. Tidak punya pasangan bukan berarti mati gaya saat malam minggu :D

    BalasHapus
  6. Nama: Thia amelia
    Twitter: @Thia1498
    Link: https://twitter.com/Thia1498/status/641972796193542144?s=01
    E-mail: thiameliasn@gmail.com

    Apa yang kamu lakukan di malam minggu saat kamu jomblo?

    Jadi jomblo bukan berarti malam minggu itu bakalan dilaluin dengan mematung dikamar bak arca. Kaya aku ini banyak banget acara malming yang bisa dilakuin tanpa harus ada pacar, salah satu nya kumpul dengan keluarga. Dengan menjadi jomblo, banyak banget aktivitas rumah yang dilakukan lagi setelah lama ditinggalkan. Salah satu nya adalah kumpul dengan keluarga sembari menonton tv, kami semua sibuk, dan untung aja saat ini jomblo. Jadi, malam minggu adalah malam keluarga. Selain itu mungkin aku biasa ngisinya dengan baca-baca novel, atapun coba-coba menulis sebuah cerita hehe.. Kalau misalnya semua itu udah terlalu bosan dilakuin, mungkin boleh juga sembari internetan dari cari gebetan haha. Teman pun jadi tempat yg pas buat diajak ngisi malming, mungkin biaa sekalian reunian kan? Hahah

    BalasHapus
  7. makasih siroo sudah mau jadi host bukukuu, kalau akyu dulu jelong2 dgn teman sesama jomblo menikmati perihnya malam minggu hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga kadang jelong-jelong aja, mbak.. :). TeErima kasih sudah berkunjung ke blog ini,. Sukses dengan novel-novelnya xD

      Hapus
  8. Nama: Aya Murning
    Email: ayamurning@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/641838284612567040

    Jawaban:
    Berhubung hampir tiap malam minggu ada mbakku beserta suami dan anak-anaknya yang rutin main ke rumah kami dalam rangka mengunjungi si tante (saya) dan eyangnya (orangtuaku), jadi ya aku main sama ponakan-ponakanku. Apalagi anaknya yang bungsu masih bayi, sekalian sesekali aku jadi pengasuhnya. Malam minggu yang cukup menyenangkan karena bisa kumpul sama keluarga.
    Tapi kalau mereka nggak datang pas malam minggu, biasanya aku nongkrongin laptop, nonton stok film dan drama yang belum dijajal, atau mantengin variety/reality show korea yang lucu-lucu. Lumayan buat hiburan sampe cekikikan daripada meratapi nasib nggak bisa malam mingguan. Ngehehehe :p
    Tapi kalau stok data video di laptop habis, ya baca buku karena masih beberapa yang belum dijamah. Sambil bikin catatan kecil untuk ditaruh di post review. :)

    BalasHapus
  9. Nama: Selvia Sari Rahmawati
    E-mail: v2ituaza@yahoo(dot)com
    Acc twitter: @siimisfil
    Link share: https://twitter.com/siimisfil/status/642130607552630784

    Jawaban:
    - Kalau lagi jenuh, nonton drama Korea. Lumayan, manjain mata bentar.
    - Kalau lagi rajin, ngerjain tugas kuliah.
    - Kalau lagi dapat ilham, nulis naskah.
    - Kalau lagi bosen, blogwalking atau publish postingan baru.
    - Kalau seketika ngantuk, yowes langsung turu ajaaa :D

    BalasHapus