Minggu, 03 Januari 2016

Cat and Dog



Tahun baru baiknya juga membawa suasana baru. Dalam suasana liburan yang masih hangat, gimana kalau diisi dengan ulasan salah satu webtoon yang bakal terbit di tahun ini? Karena kata Art Spiegelman, Comics are a gateway drug to literacy. Siapa tahu dengan membaca komik akan membawa semangat baru untuk membaca, betul? Dari pengalaman, beberapa teman awalnya enggan membaca buku baik fiksi atau non fiksi karena melihat banyaknya huruf dan kalimat dalam buku, tapi mereka semangat membaca komik alias cerita fiksi atau non fiksi yang tertuang dalam bentuk gambar. Tapi lambat laun dari kebiasaan awal membaca komik ini, mereka juga biasanya mencari berbagai hal yang berhubungan dengan komik. Dan salah satunya adalah cerita komik dalam versi novel tak bergambar. Sebut saja manga 5 Centimeters Per Second (5CPS). Nah, salah satu temanku ini awalnya suka manga dan film animasi 5CPS. Ketika ia tahu bahwa 5CPS juga terbit dalam versi novel, akhirnya ia membaca juga 5CPS versi novel yang notebene tak bergambar. So, bisa dilihat bukan mengapa komik ini bisa sebagai pembuka jalan menuju kegemaran membaca literasi. Tak masalah kan jika kubilang bahwa dengan membaca komik ini bisa membawa suasana baru dalam membaca?^^
Oke, ini dia webtoon (baca istilah webtoon di sini) Korea yang bakal terbit di Indonesia pada tahun 2016. Cat and Dog. Webtoon ini berkisah tentang Joo Yeong Woo, gadis berusia 19 tahun yang telah dijodohkan semenjak kecil oleh keluarganya. Keluarga Yeong Woo mengadaptasi tradisi Korea jaman dulu alias saat era Joseon. Well, kalau kamu penggemar drama Korea macam The Moon That Embrace The Sun pasti familiar dengan Joseon? Sedikit bercerita, Joseon ini adalah jaman ketika Korea masih dalam bentuk monarki yang dipimpin oleh kerajaan. Apabila melihat drama saeguk (drama sejarah) Korea, beberapa tradisi dari jaman ini adalah adanya sistem kasta, prinsip raja adalah tulang suci yang menjadi panutan rakyat, pemakaian baju tradisional korea, sampai perjodohan. Nah, keluarga Yeong Woo di kisah Cat and Dog masih menganut sisa-sisa tradisi dari Joseon Era. Selain perjodohan, keluarga Yeong Woo juga masih menggunakan pakaian tradisional korea dan masih menganut tata krama kerajaan. Semisal ada tata krama tersendiri saat wanita duduk di depan orang tua, coba lihat gambar di bawah ini:

Joo Yeong Woo

Duduk dengan kaki ditekuk sebelah dan tangan disimpan di atas lutut kaki yang ditekuk


Tempat tinggal Yeong Woo di rumah tradisional Korea

Balik ke jalan cerita, Yeong Woo ini dijodohkan oleh keluarganya dengan Mo Seul Woo. Seol Woo adalah seorang artis yang tentu saja tampan (ini Korea ya~~), tapi ia tidak terlalu tenar oleh dirinya sendiri. Seol Woo bisa dikatakan sebagai artis minor yang seringkali jadi figuran Kehadiran Seol Woo lebih sering dikaitkan dengan aktris Ha Yoon yang lebih terkenal. Selidik punya selidik, ternyata Ha Yoon ini adalah mantan pacar Seol Woo. Jadi jangan heran, banyak pembicaraan yang mengatakan bahwa Seol Woo ini hanya numpang tenar pada Ha Yoon. Di sinilah rahasia yang tidak diketahui orang-orang. Hanya satu orang (misterius?) yang bisa menemukan siapa yang jadi figuran siapa di antara Ha Yoon dan Seol Woo?


Moo Seol Woo

Seol Woo dan Ha Yoon
By the way, berbicara mengenai figuran, rasanya ini adalah hal yang kadang masih menjadi buah bibir di dunia industri entertainment Korea Selatan. Selentingan mengatakan bahwa kadang ada artis yang hanya dijadikan sebagai pendongkrak popularitas artis yang lain. Jadi, ada artis yang justeru katanya berbakat, tapi ia dijadikan sebagai artis figuran saja. Bukan pemeran utama. Oke cukup saja gosipnya.
Baik Yeong Woo dan Seol Woo telah dikenalkan masing-masing semenjak kecil. Mereka hanya bertemu sekali, saat Yeong Woo bayi dan Seol Woo seorang anak-anak. Awal perjumpaan mereka sangat berkesan bagi Seol Woo yang saat itu sudah bisa mengingat dengan baik. Berkesan di sini adalah karena Yeong Woo buang angin di hadapan Seol Woo. Lucu sebenarnya xD

Awal pertemuan Seol Woo dan Yeong Woo

Beberapa tahun kemudian, Yeong Woo yang mulai mengenal Seol Woo dan mengetahui dirinya adalah artis, sudah menjadi fans berat Seol Woo. Yeong Woo bangga bahwa suaminya adalah seorang artis. Sedangkan, Seol Woo tak terlalu mengingat bahwa dirinya dijodohkan Hingga sang ibu meneleponnya untuk segera menjemput dan menikah dengan Yeong Woo. Awal ide pernikahan, adalah saat kakek Yeong Woo yang sudah terlalu tua merasa bahwa ia sudah tak dapat mengurus Yeong Woo dan ini saatnya bagi beliau untuk menikahkan Yeong Woo. Kemudian si kakek menghubungi besan dan mempercepat pernikahan Yeong Woo di umurnya yang 19 tahun. Sang kakek sangat yakin Seol Woo adalah jodohnya Yeong Woo. Sedangkan orang-orang di sekitarnya meragukan hal ini. 
Menerima urgensi dari pihak si kakek, ibu dari Seol Woo yang saat itu telah menikah kembali dengan suami barunya dan memiliki seorang puteri, meminta Seol Woo untuk menikahi Yeong Woo. Sebenarnya, hubungan Seol Woo dengan ibunya tidak harmonis. Oleh karenanya, Seol Woo awalnya tak setuju dengan pernikahan ini. Tapi, akhirnya Seol Woo menikahi dan membawa Yeong Woo ke apartemennya. Di sini baru muncul konflik, pertama adalah kemunculan sahabat baik Seol Woo, Song Jaemin. Ia justeru menjadi penyelamat Yeong Woo (sudah ketebak kan siapa siapa? Yup, the Second Man).

Song Jaemin

Kedua, cinta buta Ha Yoon. Seol Woo pernah berkata, bahwa Yeong Woo akan ia ajak bersama-sama menderita. Yeong Woo akan diajak dalam kehidupan rumit Soel Woo. Rumit dengan Ha Yoon juga keluarganya serta karirnya yang kurang baik. Ketiga, muncul sosok yang sepertinya bakal membantu karir Seol Woo (ingat kan siapa yang mengatakan siapa menjadi figuran siapa?). Orang ini masih misterius, tapi sosoknya nyentrik. Keempat adalah Kehidupan pernikahan mereka sendiri. Ya, siapa yang tidak tahu bahwa pernikahan mereka bisa menjadi skandal dan berdampak pada karir Seol Woo sebagai seorang artis. Belum lagi, bagaimana harusnya mereka bersikap sehari-hari.

Si tokoh misterius nan nyentrik

Cerita Cat & Dog ini berkisah tentang perjodohan semenjak kecil dan kehidupan artis. Di sini diceritakan bagaimana lingkungan dunia entertainment Korea, tentang bagaimana seorang artis tidak bisa menjadikan kehidupan pribadinya sendiri sebagai hanya miliknya. Seperti isu hubungan Ha Yoon dan Seol Woo, dunia pers alias gosip Korea yang cukup ganas, dan hubungan artis dengan manajemennya. Dalam lingkungan dan suasana seperti itu, muncul sosok Yeong Woo yang berbeda jauh dengan kehidupan artis yang modern. Tokoh Yeong Woo diceritakan sebagai gadis naif yang tinggal di pinggiran dan mempercayai bahwa dengan Seol Woo dirinya berjodoh. Sedikit banyak webtoon ini mengingatkanku kisah Goong yang diadaptasi jadi drama Princess Hours. Dimana keluarga kerajaan Korea modern menjodohkan putera mahkota mereka dengan gadis yang tidak diketahui putera mahkota. Namun, sosok Yeong Woo berbeda dengan Chae Kyeong di Princess Hours. Yeong Woo lebih polos dan karena diajarkan dalam keluarga taat tradisi Korea, ia lebih menjaga sikap dan sopan. Beda hal dengan Chae Kyeong yang dari keluarga umumnya.  Keunikan kisah Cat & Dog adalah dari segi pengolahan jalan cerita oleh si penulis yang diselipi humor-humor yang membuat tertawa. Selain itu, kekhasan dari manhwa atau webtoon Korea adalah ilustrasi gambar dengan garis tegas. Tokoh-tokohnya digambar dengan garis tebal tegas, agak berbeda dengan manga Jepang. Selain itu, webtoon ini full colour dan di beberapa bagian ilustrasinya nampak nyata.

Selipan humor

Aku masih bingung siapa yang sebenarnya menjadi Kucing dan Anjing di kisah ini. Tapi kalau kutebak, sepertinya Kucing adalah Seol Woo dan anjing adalah Yeong Woo. Mengapa? Karena karakter Seol Woo yang dingin dan acuh tak acuh pada Yeong Woo serta misterius. Beda halnya dengan Yeong Woo yang cenderung ekspresif dan seringkali ia yang mengejar cintanya Seol Woo (mirip anjing yang mengejar-ngejar kucing, kan?). Tokoh lain selain pasangan Cat and Dog adalah Song Jaemin (sahabat baik Seol Woo), Ha Yoon (mantan pacar), si tokoh misterius, dan jangan lupa dengan Viviana adik Seol Woo yang dewasa dan nyinyir menurutku.

Tokoh misterius

Vivian
Lainnya, adalah aku suka penggunaan hanbok oleh tokoh Yeong Woo. Hanbook yang digunakannya diwarnai dengan warna cerah yang menarik oleh penulis. Sehingga, aku tertarik dan suka dengan baju ini. Terbayang olehku jika nanti webtoon ini diangkat drama, eh aku belum bilang ya? Webtoon ini akan diangkat drama oleh MBC.
Well, aku menantikan webtoon ini yang akan diterbitkan oleh penerbit Haru di bulan Februari 2016. Konon, Haru akan menerbitkan 5 buku dari Cat and Dog ini. Dan tentunya drama juga yang akan dirilis 2016. Cat and Dog jjang~!

Source Pictures (inside story): Comic Nate. Kamsahamnida ^^!






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar