Selasa, 19 Januari 2016

The Stolen Years


Judul: The Stolen Years
Penulis: Ba Yue Chang An
Penerbit: Haru
Cetakan: Pertama
Jumlah Halaman: 344 halaman
Tahun Terbit: 2016
ISBN: 9786027742666
Genre: Fiksi, Domestic Romance
Format: Paperback

 "Seberapa besarkah kemampuan manusia untuk dapat menerima suatu kenyataan hidup? Hanya orang yang pernah terluka dengan parahnya yang akan bisa mengerti. Asalkan masih hidup, kita pasti bisa melalui apa pun yang akan terjadi selanjutnya"



Bagaimana jika tiba-tiba kau terbangun dan menyadari bahwa kau melupakan masa lalumu, bahkan hal terpenting yang pernah terjadi di sana? Bagaimana rasanya mengetahui bahwa kau telah menjadi orang yang berbeda dalam masa lalumu? Bagaimana kau menyikapi sikap orang-orang yang kau anggap masih mencintaimu, namun tak lebih membencimu karena telah berubah?
He Man yang terbangun dari koma akibat kecelakaan hanya mengingat hal terakhir yang dilakukannya adalah mengendarai motor di pantai bersama si suami, Xie Yu. Dan ia hanya mengingat keduanya mengendarai motor dan tiba-tiba menabrak motor. 
He Man berteriak kencang, "Pohon! Pohon!"
Xie Yu bergesa memalingkan wajahnya ke depan, tapi semuanya sudah terlambat
Karenanya, He Man menyangka saat ini ia berada di rumah sakit akibat kejadian tabrak pohon tersebut. Bukan kecelakaan mobil seperti yang dijelaskan oleh He Qi, si kakak. Berapa kali pun He Qi menjelaskan pada He Man bahwa dirinya terbangun dari koma akibat kecelakaan mobil, He Man tak mau memercayainya. Bahkan He Man hanya percaya bahwa ia saat ini sedang berbulanmadu dan terdampar di rumah sakit. Namun satu hal penting hilang dari sisi He Man. Tentu ia mengalami kecelakaan bersama dengan Xie Yu. Tapi dimana dirinya saat ini?

"Kak, tolong beritahu aku, kenapa Xie Yu tidak menjengukku? Apa dia terluka parah? Apa dia masih menyalahkanku?"
He Qi yang mendengar tersebut hanya dapat memandang iba pada He Man. Bagaimana ia menjelaskan bahwa saat ini ia bukan sedang dalam masa bulan madu? Bahwa bulan madu mereka terjadi di tahun 2007 sedangkan sekarang adalah tahun 2012? Bagaimana ia mengingatkan sang adik bahwa Xie Yu takkan pernah menjenguknya di kala sadar, karena ia sekarang telah menjadi mantan suaminya?
Nyatanya, He Man saat ini menderira geger otak ringan yang menyebabkan ia kehilangan ingatannya selama lima tahun. Tentu hal ini membuat He Man syok dan tak memercayainya. Yang ia percayai bahwa dirinya adalah tetap He Man yang mencintai Xie Yu. Tapi waktu dan orang-orang telah pergi meninggalkan He Man di masa lima tahun itu. Bagaimana cara He Man kembali mengingatnya dan menarik orang-orang di masa lalu? Bagaimana bila hidupnya saat ini adalah sebuah kesempatan kedua? Namun mengenai takdir, hanya Tuhan yang tahu.


Tema dari buku ini berkisah tentang kesempatan kedua. He Man yang terbangun dan selamat dari komanya menjadi pribadi dirinya yang lima tahun lalu. Apabila melihat dirinya yang sekarang (sebelum ia koma), ia adalah pribadi yang berbeda dan banyak kebahagiaan yang ia lewatkan. Sebaliknya Heman yang telah bangun dari koma adalah wanita yang berbeda. Di sini seolah penulis telah menunjukkan pada pembaca arah perjalanan kisah He Man. Tak mungkin He Man diberi kehidupan kembali dan menjadi pribadinya yang dulu tanpa tujuan. Seolah tujuannya adalah untuk mengambil kesempatan-kesempatan yang telah banyak ia buang. Selanjutnya, dari tema ini telah banyak memunculkan konflik antara tokoh-tokoh di sini dengan sosok He Man yang bebrbeda. Selain itu, The Stolen Years mengambil sisi hubungan rumah tangga He Man dan  Xie Yu sebagai pertaruhan kesempatan kedua ini. Banyak konflik juga muncul karena permasalahan suami isteri (mantan isteri?) di antara keduanya. 
Karakter dari He Man adalah wanita manja yang keras kepala di awal. Seringkali bersikap semaunya sendiri dan senang merajuk. Tapi hal ini justeru yang disukai oleh Xie Yu dari seorang He Man. Lain halnya karakter Xie Yu. Ia adalah laki-laki yang usil, tapi teramat mencintai He Man. Xie Yu yang usil senang melakukan hal-hal yang aneh hanya untuk membuat He Man senang. Salah satunya saat mereka berbulanmadu dan He Man sedang marah pada Xie Yu. Demi membuka kebungkaman mereka karena bertengkar, Xie Yu malah mengirim pesan pada He Man. Padahal He Man berada di sebelahnya,
Ponsel He Man berbunyi. Ia merasa aneh, bagaimana mungkin seseorang menghubunginya yang sedang berada di luar negeri? Dengan segera, ia mengeluarkan ponsel dari tasnya.
SMS itu ternyata dikirim oleh Xie Yu. Isinya, Hoi, bicaralah denganku.
Tanpa sadar He Man berkata sambil menatap ke layar ponsel, "Kenapa?!"
Setiap tokoh juga mengalami perkembangan karakter. Mulai dari tokoh He Man yang berubah menjadi wanita karir yang disiplin dan tegas. Sampai Xie Yu yang mulai menjadi tak percaya diri. Selain mereka berdua, ada tokoh He Qi, kakak dari He Man yang menyayangi adiknya dan mengurus He Man selama dirinya berada dalam koma. Kemudian tokoh Danny, sahabat dari Xie Yu yang seringkali menasehatinya untuk meninggalkan masa lalu. Dan tokoh Lily, sebagai orang yang berada di antara kisah mereka berdua. 
The Stolen Years terdiri dari 15 bab. Setiap bab akan diberijudul sesuai dengan kisah yang ada. Bukan bagian terpisah sebenarnya tiap bab ini, tapi kisahnya diceritakan dari susut pandang orang ketiga dari sisi He Man dan Xie Yu. Juga setiap babnya diberi ilustrasi kolase foto atau gambar bangku panjang yang terlihat sendu atau gambar jarum jam yang menunjukkan pergerakan waktu. Sampul dari novel ini juga menarik, seolah menggambarkan He Man yang kehilangan waktunya yang ditunjukkan oleh jam pasir.
Buku ini merupakan buku mandarin kedua yang aku baca di awal tahun setelah Cafe Waiting Love. Berbeda dengan Cafe Waiting Love yang bernuansa manis tapi sendu, The Stolen Years lebih menunjukkan sendu dan sedih. Yang berkesan adalah bagaimana seorang He Man yang menganggap dirinya adalah orang yang lima tahun lalu dan masih mencintai Xie Yu, harus menghadapi ternyata segalanya telah berubah. Bagaimana He Man masih terperangkap dalam masa lalu sedangkang waktu terus berjalan. Menjadi seorang He Man tentu saja menjalani hidup yang bingung. Jika aku melupakan sesuatu saja barang yang penting, semisal handphone, pasti aku kelimpungan dan merasa ada yang hilang. Nah ini He Man melupakan bagian hidupnya selama lima tahun. Pasti serasa ada yang janggal seperti saat ingin mengatakan sesuatu tapi entah apa yang ingin dikatakan. Serasa semuanya ada di ujung lidah. Karakter favoritku jelas bukan mereka berdua (hehe maaf He Man dan Xie Yu), rasanya aku lebih menyukai tokoh Danny dan He Qi. Meskipun mereka figuran, tapi mereka lebih menarik minatku. Karena dibandingkan tokoh He Man yang linglung atau Xie Yu yang susah move on, aku menyukai Danny dan He Qi yang lebih hidup di realita. Bagaiman He Qi tetap melakukan kewajiban dengan mengurus He Man dan Danny yang menemani Xie Yu untuk sembuh dari luka lama. Rasanya mereka berdua lebih aku sukai. Mengenai tema rumah tangga antara He Man dan Xie Yu rasanya bukan hal asing bila kita mendengar terkadang suami isteri meributkan siapa yang lebih bertanggungjawab di antara mereka. Bagaimana mereka membagai peranan masing-masing dalam kehidupan rumah tangga. Yang dicoba novel ini ke tengahkan adalah mengambil sisi cinta dan kasih sayang sebagai jalan perdamaian bagi konflik suami isteri tersebut. Bahwa seharusnya mereka mengingat kembali alasan mereka menikah dan menyelesaikan kembali konflik itu dalam bentuk kekeluargaan dan kasih sayang. 

Ada yang bilang, ketika kebahagiaan datang, kebanyakan dari kita tidak menyadarinya sama sekali.

Kalau kamu menyukai novel ini, ada satu kopi novel The Stolen Years yang akan diberikan kepada kamu orang yang beruntung. Syaratnya mudah tinggal jawab satu pertanyaan ini:
 Jika kamu menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan tentang apa yang paling kamu bakal sesali kehilangannya setelah kamu kembali mengingatnya?

Pertanyaan mudah bukan? Silahkan jawab di kolom komentar dan jangan lupa untuk mencantumkan nama, akun email, serta link share yang telah kamu lakukan untuk giveaway ini. Kamu bisa menyebarkan mengenai berita giveaway ini di berbagai media sosial, agar giveaway ini lebih seru. Jangan lupa untuk mention ke @penerbitharu dan @raindrosiro.  Jawaban kamu ditunggu sampai hari senin pekan depan tanggal 25 Januari 2016. Selamat mengingat!

And The Stolen Years goes to...
Rifani Magrissa
Kamu bisa kirim nama, alamat lengkap, dan nomor yang dapat dihubungi ke nazwa.raihan@gmail.com. Selamat ya^^

Tunggu untuk GA selanjutnya di februari 2016
Cheers!

Keep reading for your rest of your life )
Rating 3/5

25 komentar:

  1. Nama : Ipeh Alena
    Email : ipehalena@yahoo.com
    Link share : https://twitter.com/kuzuri87/status/689263961615646720


    Jawaban : Jika Saya Kehilangan Ingatan seperti He Man, kemudian diberi kesempatan untuk mengingat kembali namun saya akan bersedih, adalah ingatan ketika saya berpikir mencintai orang lain, padahal sebenarnya hati saya bukan untuk orang itu. Kemudian ketika saya tahu hidup dengan orang yang tidak sesuai dengan hati saya, lalu saya mengingat kembali sosok lain yang saya cintai, rasanya saya tidak ingin mengingat kembali, karena itu pasti menyakiti dia dan juga saya. Sedih.

    Semoga sukses ya Giveawaynya

    BalasHapus
  2. Nama: Inda Khairuunisa
    Email: Indakhairunnisa18@gmail.com
    Link Share: https://twitter.com/IndaKhairunni_/status/689359551624318977

    Jawabannya: Apabila saya kehilangan ingatan/amnesia seperti He Man, lalu diberi kesempatan utk mengingat kembali, rasanya memang senang bisa mengingat kembali namun sangat sedih karena saya mengetahui bahwa saya mencintai orang yang sudah tidak mencintaiku lagi hanya karena diriku berubah akibat kecelakaan itu.

    BalasHapus
  3. Nama: Sri S.
    Email : ficharanjani98@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/Srificha/status/689394955484209152

    Aku akan menyesali jika yang hilang itu adalah kenangan bagaimana aku dan dia berusaha mempertahankan cinta kami dan bagaimana aku jatuh dan bangkit lagi hanya untuk percaya bahwa hubunganku dengannya bisa kupertahankan walaupun ada saja halangan yang menghadang kami.

    Karena kenangan itulah yang akan membuatku kuat, yang akan membuatku sadar bahwa aku mampu mempertahankan egoku untuk bisa selalu bersama dia. Selalu bersama orang yang kusayangi walaupun sering kalinya akulah yang harus mengerti, belajar bersabar, dan berkorban bersama untuk mempertahankan hubungan kami.

    BalasHapus
  4. Yustrini
    yus3nie@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/Yustrini08/status/689416893828993024?s=08
    Hai..ijin ikutan ya..
    Jika kamu menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan apa yang paling kamu sesali kehilangannya setelah kamu kembali mengingatnya?
    Yang paling saya sesali tentu kenyataan bahwa perkawinan saya dalam lima tahun terakhir telah berakhir. Dan mengingat kembali bahwa orang yang kukira masih mencintaiku, ternyata sudah berubah. Pastinya sedih bgt mengetahui kenyataan ini.. Pengennya tetap bahagia seperti waktu He Man masih bersama dengan Xie Yu..gitu..he he he..

    BalasHapus
  5. Nama:yanti
    E-mail : yantinurhida99@gmail.com
    Link share :
    https://twitter.com/CallMe_Yanti/status/689446124705357825?p=v

    Jika saya menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan tentang apa yang paling saya bakal sesali kehilangannya setelah saya kembali mengingatnya.
    Mungkin ingatan tentang tempat kerja saya di tahun 2014 sampai 2015 dimana itu adalah saat-saat yang sangat menyenangkan sepanjang perjalanan saya dalam pekerjaan, di tahun itulah saya berjalan-jalan ke berbagai tempat dan kota yang seumur hidup belum pernah saya jejaki seumur hidup saya. Dan selama 5 tahun terakhir saya sudah membaca banyak buku dan menonton berbagai drama korea dan saya mungkin akan sangat menyesal jika kehilangan semua itu dari otak saya. Di tahun 2014 juga saya di wisuda dan hal tersebut adalah momen sangat memorable dan membahagiakan dalam hidup saya sehingga saya tidak mau melupakannya. Lima tahun yang telah berlalu,jika saya jadi He Man, maka saya akan sangat menyesal jika saya melupakan orang-orang yang sudah hadir di dalam hidup saya selama 5 tahun dalam hidup saya, dimana saat itu saya menempuh perjuangan untuk kuliah hingga akhirnya lulus kuliah dan hal itu bukan hal yang mudah tetapi perlu perjuangan keras untuk menyelesaikan kuliah selama 4 tahun itu. Saya akan sangat menyesal melupakan semua teman-teman yang sudah menemani saya di kampus dan teman-teman semasa saya bekerja di tempat saya bekerja dulu dan semua momen yang pernah terlewati selama 5 tahun yang lalu.

    BalasHapus
  6. Jika kamu menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan tentang apa yang paling kamu bakal sesali kehilangannya setelah kamu kembali mengingatnya?

    Ingatan tentang bagaimana cinta tulus Xie Yu kepada aku (sebagai He Man), dan apa kesalahan yang sudah aku lakukan sehingga menyebabkan kami bisa berpisah, mengingat kami sebelumnya saling mencintai. Aku juga akan menyesali kehilangan ingatan tentang kesalahan yang sudah aku lakukan sehingga menyebabkan orang-orang di sekitarku akhirnya membenciku.

    nama: Aulia
    email: auliyati.online@gmail.com
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/689637457927675905

    BalasHapus
  7. Jika kamu menjadi He Man dan kehilangan ingatan
    selama lima tahun terakhir, ingatan tentang apa yang
    paling kamu bakal sesali kehilangannya setelah kamu
    kembali mengingatnya?

    Ingatan tentang kenapa aku dan Xie Yu memilih bercerai. Kenapa? Karena sulit rasanya menerima kenyataan bahwa di masa lalu kami saling mencintai, tapi ternyata kami memilih bercerai. Apa sebab kami bercerai, apakah aku melakukan kesalahan atau Xie Yu melakukan kesalahan, ataukah ada suatu hal yang mengharuskan kami berpisah dan bercerai? itu lah kenapa aku ingin mengetahui kenapa kami bisa bercerai.. ingatan yang akan selalu membuatku menyesal karena kami sudah bercerai..



    Nama : Nandia A.
    Email : ass.anggie@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/Nandia__A/status/689647813123137537

    BalasHapus
  8. Nama : Rizki Oktavia
    Email : rizki_oktavia@ymail.com
    Link share : https://mobile.twitter.com/rizKorea/status/689673308489428992

    Ingatan yg hilang yg paling aku sesali adalah kehilangan ingatan akan kekasihku. Kami baru saja merajut cinta 8 bulan lamanya.Engga rela kalau kekasihku harus menjadi bagian dari hilang ingatan itu. Karena bagiku,untuk merujut hubungan cinta dengan seseorang yg juga mencintai kita itu engga mudah.Butuh perkenalan yg mendalam,kepercayaan yg kuat dan mental yg kuat pula untuk menghadapi berbagai cobaan selama 8 bulan itu. Karena menurutku, seorang pria yg aku jadikan kekasihku ini adalah pria yg tepat.Dia adalah seorang pria yg dapat membuatku berubah menjadi pribadi yg lebih baik daripada sebelumnya. Dia juga seorang pria yg selama ini selalu rela berkorban apa aja untukku.Dan dia adalah seorang pria yg sederhana.

    BalasHapus
  9. Jika kamu menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan tentang apa yang paling kamu bakal sesali kehilangannya setelah kamu kembali mengingatnya?

    Ingatan tentang bagaimana seorang Xie Yu mencintai aku(He Man).
    Kesabaran dan ketulusan Xie Yu dalam menghadapi aku tentu bakal aku sesali jika kehilangan kenangan tentang itu, karena hal itu bakal akan sangat aku rindukan mengingat kita sekarang sudah tidak bersama lagi tanpa aku tahu penyebabnya.
    Ingatan tentang sebab aku dan Xie Yu bercerai tentunya juga membuatku sangat menyesal kehilangannya. Karena aku jadi tidak tahu kesalahan macam apa yang telah aku perbuat hingga merusak rumah tangga kami, hingga takut melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

    Nama : Cahya Widyastutik
    Email : cahyaembun04@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/cahyawid/status/689709511490174976

    BalasHapus
  10. Jika kamu menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan tentang apa yang paling kamu bakal sesali kehilangannya setelah kamu kembali mengingatnya?

    Ingatan tentang bagaimana seorang ibu merawat anaknya semenjak aku masih kecil/kanak-kanak.
    Dan aku akan sangat menyesal sekali bila sampai tak bisa mengingat bagaimana dulu ibuku (yang lima tahunan lalu) bahkan (semenjak 17 tahun yg lalu) merawatku hingga kini ku mulai beranjak remaja, ibuku yang penuh peluh menggendongku di tangan-tangan mungilnya yang lembut, mengajariku banyak hal, dan segala sesuatu yang ia berikan padaku, terpenting adalah kasih sayangnya tak terhingga sepanjang masa. Dan tentang semuanya, aku selalu berharap semoga selalu mengingatnya seumur hidupku...


    Nama : Mega Widyawati
    Email : widya.mega354@gmail.com
    Link share : https://mobile.twitter.com/Widy4_W/status/689833373825531904?p=v

    BalasHapus
  11. Nama : Nur Eka Kumalasari
    Email : xiiak2.nurekakumalasari@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/akerun97/status/690185707344629760

    Jika kamu menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan tentang apa yang paling kamu bakal sesali kehilangannya setelah kamu kembali mengingatnya?

    Mungkin ingatan tentang kenapa aku bisa menyakiti orang orang yang aku sayangi dan alasan apa yang mendasari aku bisa melakukan perbuatan seperti itu hingga orang orang yang aku sayangi meninggalkan aku. Seperti halnya He Man yang bigung kenapa ia bisa kehilangan Xie Yu laki laki yang ia sangat cintai dan alasan apa yang membuat mereka harus berpisah dan akhirnya He Man kehilangan Xie Yu. Pasti aku akan bertindak seperti He Man mati matian untuk mengingat kenangan selama lima tahun yang telah aku lupain untuk mengetahui dan mencari jawaban dari pertanyaan itu dan menyelesaikannya untuk bisa bersama sama dengan seseorang yang aku cintai lagi bahkan orang orang yang aku cintai lagi. Dan yang pastinya untuk meminta maaf atas kesalahan yang aku buat kepada orang orang yang telah aku lukai perasaannya.

    BalasHapus
  12. NAMA : RIZKI HANDAYANI
    EMAIL :rizki.yannie@gmail.com
    LINK SHARE:https://twitter.com/yannie_minnie/status/690269300381212672

    jawaban :
    Jika kamu menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan tentang apa yang paling kamu bakal sesali kehilangannya setelah kamu kembali mengingatnya?
    jika aku menjadi he man, hal yang paling aku sesali adalah kenangan bahwa ternyata di masa lalu aku pernah menyakiti hati orang yang sangat aku sayangi. Aku menyesal kenapa aku bisa melakukan hal seperti itu,dan yang paling membuat aku menyesal adalah karna waktu itu aku belum sempat meminta maaf dan menebus kesalahanku itu padanya.

    BalasHapus
  13. Rini Cipta Rahayu
    rinspiration95@gmail.com
    https://twitter.com/RiniCipta/status/690379869813919744

    Lima tahun terakhir? Hmm.. sepertinya aku akan menyesal kehilangan ingatan tentang dia. Meskipun dia mengenalkanku pada cinta dan luka, tapi aku merasa tidak bisa menyesali kehadirannya. Justru aku berterima kasih, dia memberiku inspirasi. Kalau tidak kenal dia, mungkin aku yang sekarang tidak seperti ini. Yaah, walaupun itu adalah kenangan buruk tapi aku berusaha melihat dari sisi positifnya saja. Tuhan mengirimkan dia untuk membuatku belajar tentang kehidupan.

    BalasHapus
  14. "Jika kamu menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan tentang apa yang paling kamu bakal sesali kehilangannya setelah kamu kembali mengingatnya?"

    Kehilangan Xie Yu, tentu saja. Kita dulu berjuang bersama hingga akhirnya dapat bersatu dalam sebuah ikatan suci bernama pernikahan. Menghadapi segala lika-liku dan cekcok yang kadang menghampiri bersama. Namun pada akhirnya aku kehilangannya dalam beberapa tahun usia pernikahan. Aku juga akan sangat menyesali tentang hilangnya identitas diriku yang dulu manis dan manja. Sekarang banyak yang membenciku. Ada apa dengan diriku? Apa yang telah kuperbuat hingga saat ini mereka membenciku dan sesorang yang masih sangat kucintai tidak menatapku seperti dulu lagi? Apa aku telah melakukan kesalahan fatal? Pada akhirnya, aku menyesali segala yang kuperbuat pada mereka hingga mereka telah menghilangkan rasa simpatinya pada diriku.

    Nama : Faiz Istighfara
    Email : faiz.istighfara@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/lisyaann/status/690513405996740612

    BalasHapus
  15. Nama : Rifani Magrissa
    Email : fani_nifan@yahoo.com
    Link Share : https://twitter.com/faninifan/status/690747109608296448

    Pertanyaan: Jika kamu menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan tentang apa yang paling kamu bakal sesali kehilangannya setelah kamu kembali mengingatnya?

    Jawaban: Bagi saya, ingatan yang paling saya sesali kehilangannya adalah ingatan yang membuat saya bahagia. Perasaan yang membuat kita bahagia merupakan momen-momen yang tak dapat di jemput kembali, termasuk bahagia bersama orang yang kita cintai. Namun, ketika kita kehilangan semua memori tentang itu, tak dapat dipungkiri bahwa rasanya telah berbeda. Kita tiba-tiba tak mengenali siapa yang membuat kita bahagia, dan serasa memulai hidup dari awal lagi. Lalu, waktupun terus berputar, dan orang-orang yang hadir di hidup kita datang silih berganti, memberikan kenyamanan dan kebahagiaan yang baru. Inilah petakanya, saat kita menemukan kenyamanan yang baru, justru memori itu teringat kembali. Ada beberapa buku psikologi yang menyebutkan bahwa "ketika kita kehilangan suatu ingatan, maka cara yang dapat membuatnya ingat lagi yaitu dengan kembali melakukan momen-momen itu"

    Tetapi, bagaimanapun seberapa besarpun penyesalan karena telah melupakan momen-momen terbaik itu, selalu ada hikmah dan kebahagiaan baru lagi.

    Sekian^^

    BalasHapus
  16. Nama : Arum Okta s
    Email : okta_s3233pm
    Link : https://twitter.com/Okta_S3233PM/status/690765081827667968

    Jika kamu menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan tentang apa yang paling kamu bakal sesali kehilangannya setelah kamu kembali mengingatnya?

    Mungkin aku tidak akan menyesalinya karena yang aku pikir semua yang terjadi di dunia ini ada alasannya . Misalnya jika aku jadi He Man kemudian aku kehilangan ingatan mungkin ini cara Tuhan mengingatkan aku untuk menginstropeksi diri , Tuhan mengingatkan aku bahwa diriku telah berubah.Dan saat mengalami amnesia aku akan mecoba mengingat apa yang aku lupakan dan Dari situlah Tuhan menginginkan aku untuk menilai dan memikirkan apa yang salah selama 5 tahun terakhir sehingga Tuhan memberikan cobaan ini .

    BalasHapus
  17. Nama : Junita Eka Lestari
    E-mail : junitaaels@gmail.com
    Link share : https://mobile.twitter.com/junitaaels/status/689402204956991488?p=v


    Jawaban : Jika aku menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan yang paling ku sesali kehilangannya saat aku mengingat kembali adalah ingatan tentang kesalahanku sendiri. Kesalahan yang membuat orang lain tersakiti. Kesalahan yang membuat orang-orang menjauh, lalu pergi. Kesalahan yang membuat aku (sebagai He Man) dan Xie Yu tak bersama lagi. Kesalahan yang harusnya ku perbaiki, malah tak ku ingat sama sekali. Kesalahan yang apabila mengingatnya kembali, akan sangat ku sesali. Karena, mungkin saat aku mengingatnya, mencoba memperbaikinya, semua tak lagi sama seperti semula.

    BalasHapus
  18. "Jika kamu menjadi
    He Man dan
    kehilangan ingatan
    selama lima tahun
    terakhir, ingatan
    tentang apa yang
    paling kamu bakal
    sesali kehilangannya
    setelah kamu
    kembali
    mengingatnya?"

    jawaban : ingatan tentang semua perjalanan kehidupanku (He Man) selama lima tahun sebelum hilang ingatan. Karena aku pikir semua ingatan di masa lalu itu penting untuk di ingat hanya agar kita tahu bahwa kita sampai pada saat sekarang atau di masa depan nanti tidak lepas dari perjalanan kita di masa sebelumnya, semua kejadian itulah yang membawa kita hidup saat ini.

    Nama : Emma
    Email : amrelisha@gmail.com
    Link share : https://mobile.twitter.com/EmmaNoer22/status/691083315131056133?p=v

    BalasHapus
  19. Nama: Mela Anjar Mustika
    Email: melaanjar.mustika@gmail.com
    Link Share: https://mobile.twitter.com/Mela1100_/status/690145146722242560?p=v

    Jika kamu menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan tentang apa yang paling kamu bakal sesali kehilangannya setelah kamu kembali mengingatnya?
    Ingatan tentang kedua orang tua. Meskipun aku nggak tau gimana dulu ibu berjuang melahirkan ku tapi aku ingat ketika dia khawatir kalo anaknya belum pulang tepat waktu. Waktu aku sakit dan susah minum obat, ayah dengan sabarnya ngerawat aku sampai aku sembuh. Dan kalo ingatan itu hilang selama 5 tahun pastinya aku menyesal banget apalagi disaat aku lupa ingatan aku nggak inget mereka.

    BalasHapus
  20. Nama: Estiy
    Email: estiyuliastri@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/estiyuliastri/status/691432747802296321

    Jika kamu menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan tentang apa yang paling kamu bakal sesali kehilangannya setelah kamu kembali mengingatnya?
    Aku ingin kembali mengingat kakekku yang meninggal di tahun 2015 kemarin.
    Pasti sangat menyesal jika aku melupakannya. Melupakan kebaikan beliau selama masih hidup. Mengajarkanku untuk selalu rajin jalan kaki setelah subuh, agar lebih semangat memulai aktifitas. Juga selalu membelikanku susu kotak untuk bekal ke sekolah. Kakek juga sering mendongengiku sejarah Indonesia saat dijajah, perang, hingga merdeka di tahun 1945. Cerita tersebut diulang ratusan kali oleh kakek, tapi aku tetap senang menyimaknya :)
    Dan sekarang aku mulai merindukan mendengar kisah-kisah tersebut dari mulut kakek :(
    Semoga beliau mendapatkan tempat disisi Tuhan. Amin
    Aku merindukanmu kek..

    Trimakasih kak

    BalasHapus
  21. Nama: Aya Murning
    Email: ayamurning@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/691517381579964416

    If I were He Man, ingatan itu adalah hari pernikahan kami. Bagiku, hari pernikahan adalah salah satu hari dan momen yang paling membahagiakan. Aku nggak akan mau dengan sengaja melupakan hari itu seumur hidupku. Maka aku akan sangat menyesalinya apalabila momen berharga itu sempat luput dari ingatanku saat aku mengalami amnesia.

    BalasHapus
  22. Nama : Sapta Resita Putri
    Email : resitaputri1@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/sapta_resita/status/691629549256245248

    Kalau saya adalah He Man, yang kemudian kehilangan ingatan tentang lima tahun belakangan ini, hal yang saya sesali karena tidak bisa mengingatnya mungkin adalah salah teman-teman dekat saya. Mereka adalah orang-orang yang penting untuk saya di samping keluarga saya sendiri.

    Saya bukan orang yang mudah bergaul dan mendapat banyak teman. Justru cenderung tertutup. Karena itu, jika saya kehilangan kenangan tentang teman-teman saya, saya pasti akan sangat menyesal saat saya kembali mengingatnya. Bukan hal yang mudah untuk menemukan teman yang benar-benar cocok dan mengerti kita, juga mau menerima kita apa adanya. Karena itu, jika saya melupakan mereka, saya mungkin akan bersikap dingin dan cuek kepada semua teman-teman dekat saya itu, yang bisa saja membuat mereka sedih. Dan saya pasti akan sangat menyesali apa yang telah terjadi itu.

    Terima kasih :)

    BalasHapus
  23. Nama: Leny
    Email: leny.hermi@yahoo.com
    link share: https://www.mobile.twitter.com/Lenny66677291/status/691628409735106560
    Kalau aku jadi He Man, Kenangan yg akan sangat aku sesali kehilangannya adalah kenangan masa-masa indah dan bahagia bersama Xie Yu saat kami masih bersama dan saling mencintai. Itu akan sangat aku sesali kalau aku sampai kehilangannya.

    BalasHapus
  24. Nama : Daisy
    Email : stupidliar367@gmail.com
    Link share :
    https://twitter.com/Daisy_skys/status/691443643131887617

    Jika kamu menjadi He Man dan kehilangan ingatan selama lima tahun terakhir, ingatan tentang apa yang paling kamu bakal sesali kehilangannya setelah kamu kembali mengingatnya?

    Jawabanku adalah Xie Yu . Aku akan sangat menyesal kehilangannya .Kehilangannya berarti pula kehilangan kenangan , kehilangan ikatan sebagai suami istri , atau bahkan kehilangan cintanya . Bukan He man ataupun Xie Yu yang berubah , tapi waktu yang berubah dan bersama waktu pula cinta terkikis perlahan lahan . Lalu kenapa kita bercerai ? untuk alasan apa kita dulu menikah ? lima tahun lalu dan sekarang aku masih mencintai Xie Yu, Tapi ternyata segalanya telah berubah. Aku yang terperangkap dalam masa lalu sedangkang waktu terus berjalan. Aku menjalani hidup dalam kebingungan .


    Tapi kalau di dunia nyata aku benar benar mengalami amnesia ,mungkin nggak banyak hal yang akan kusesali . Ada lebih banyak kenangan buruk dan ingatan - ingatan yang sengaja ingin kulupakan . Satu hal pasti yang akan kusesali adalah orang orang yang akan kecewa padaku karena aku tak dapat mengingat kenangan indah denganku atau bahkan aku tak bisa mengingat orang - orang yang mencintai dan kucintai .
    Bagiku amnesia adalah cara terbaik untuk me -reset-nya dan menjadi orang baru yang lebih baik .

    BalasHapus
  25. Nama: Afif Rohman
    Email: rohmanafif212@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/_Afif_Rohman/status/691640264759382016

    Pastinya ya ingatan tentang masa-masa indah bersama Xie Yu. Tapi sekarang He Man harus bisa menerima, kalau Xie Yu bukanlah dia yang dulu. Dia sekarang sudah berubah, meskipun hati He Man tidak pernah berubah kepadanya. Xie Yu sekarang hanyalah masa lalu, hanya sebuah catatan lama yang sengaja Tuhan selipkan dalam tumpukan buku-buku baru.

    BalasHapus