Rabu, 17 Februari 2016

5 Pasangan Asia yang Akan Membuatmu Iri


Terkadang saat memabaca buku romance, pembaca akan menemukan bahwa hero dan heroine dalam buku tersebut membuat mereka terhanyut dalam kisah cintanya. Beberapa pasangan membuat pembaca bersimpati bahkan ada juga yang membuat pembaca membenci. Namun, bagaimana pun di sanalah seni sebuah cerita yang dapat membuat pembaca ikut dalam emosi si tokoh. Di bawah ini adalah lima pasangan dari buku-buku romance Asia yang mungkin akan membuat pembacanya merasa iri dengan kisah mereka.


1. Soekarno-Inggit Ganarsih

Kisah cinta dari presiden pertama Republik Indonesia dengan ibu Inggit Ganarsih dituturkan oleh Ramadhan K.H. dalam buku Kuantar Kau ke Gerbang. Jika dipandang dari sudut kebersamaan mereka selama 20 tahun, rasanya pasangan ini adalah pasangan yang saling menjaga satu sama lain. Apalagi, sosok Bu Inggit yan penuh kasih sayang menemani Bung Karno dalam masa perjuangannya. Tak banyak yang tahu, bahwa Bu Inggit sendiri tidak pernah membenci Soekarno meskipun dirinya telah bercerai. Ia tetap mendoakan dan mendukung yag terbaik bagi Soekarno.
Ketulusan dan sikap mengayomi yang ditunjukkan Bu Inggit ini akan membuai pembaca. Tokoh Bu Inggit sebagai heroine begitu kuat. Tak jarang rasanya saat membaca buku ini akan merasa bahwa Bu Inggit terlalu baik dan Bung Karno sendiri jatuh cinta pada sifat beliau tersebut. Meskipun kisah mereka tak berakhir bersama sebagaimana tercatat dalam sejarah, namun masa perjuangan mereka sebagai pasangan dalam masa-masa penjajahan yang sulit akan membuat iri pasangan lain.



 2. Sukab-Alina



Tertulislah dalam cerpen "Sepotong Senja untuk Pacarku" karya Seno Gumira Adjidarma seorang laki-laki yang dikenal dengan nama Sukab secara berani dan dipenuhi rasa cinta yang menggebu terhadap si kekasih, Alina, memotong sekerat senja. Ia terpukau dengan senja kala itu yang indah dan berniat ingin menyimpan dan membaginya dengan Alina. Demi senja untuk Alina, Sukab harus rela berlari dari kejaran polisi dan bersembunyi dalam lorong yang sempit. Perjalanannya mengirim senja dilalui dengan penuh keberanian menghadapi apa pun demi seorang Alina. Sukab adalah contoh laki-laki yang terobsesi akan cintanya dengan Alina. Bagaimana tidak, ia rela memotong senja yang merupakan milik bersama umat manusia untuk hanya dimiliki oleh Alina. Sedikit masokis, namun romantis. Dalam kisahnya, Sukab sukses membuat pembaca iri dengan senja untuk kekasihnya tersebut.



3. Lily-Bunga Salju

Dua bersaudara yang terikat persaudaraan budaya ini juga menorehkan kisah persaudaraan yang membuat iri siapapun kakak beradik. Mereka berdua tak memiliki pertalian darah, namun mereka membantu satu sama lain lebih dari saudara kandung. Ketika Lily masih kecil dan berada dalam keadaan terbatas, Bunga Salju yang datang mengangkat derajat keluarga Lily karena dirinya berasal dari keluarga berada. Sebaliknya saat Bunga Salju berada di titik terbawah hidupnya karena harus menikah dengan tukang jagal yang kastanya lebih rendah, Lily datang sebagai saudara yang mengurus keluarga Bunga Salju.
Lili dan Bunga Salju adalah dua bersaudara dalam kisah Snow Flower and the Secret Fan


4. Li Siying-A Tuo

Dua yang bersahabat dan tumbuh menjadi cinta adalah kisah mereka berdua. Dalam kisahnya, A Tuoa adalah sosok yang selalu menemani Li Siyin dalam masa pencarian Siying pada cinta. Keduanya menjadi akrab dan merasa ada yang kurang jika berpisah. Namun saat keduanya menyadari perasaan mereka, lingkungan sekitar tak berpihak padanya.
Kisah Siying dan A Tuo muncul dalam buku Cafe Waiting Love. Buku ini menyuguhkan kisah persahabatan yang berubah menjadi cinta ala Giddens Ko. Selain kisah mereka, di buku ini juga dipenuhi dengan tokoh-tokoh unik yang akan membuat pembaca tertarik.


5. Dilan-Milea

Siapa yan tak kenal sosok Dilan. Si cowok geng motor asal Bandung yang hobi meramal Milea. Keduanya termasuk sebagai pasangan yang membuat iri karena tingkah Dilan yang seringkali menggoda Milea dengan rayuan khas Dilan yang lucu juga membuat hati gemes. Meskipun lagi-lagi kisah mereka tak berjalan mulus, harus diakui bahwa sosok Dilan menjadi sosok yang memorable di sepanjang sejarah membaca bukuku.

Itulah lima pasangan dalam buku yang membuat iri diriku. Kelimanya merupakan dari buku-buku fiksi Asia. Nah, bagaimana menurutmu?

5 komentar:

  1. Aku penasaran dengan Sukab dan Alina, pingin baca bukunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah terbit lagi kan ya yang Sepotong Senja untuk Pacarku dengan kaver baru? harus baca mbak, biar kerasa romantisnya Sukab

      Hapus
  2. Bener banget. "Perjuangan"nya Sukab dalam memberikan sekerat senja pada pacarnya memang sangat romantis, dramatis, masokis de el el.
    Ide ceritanya memang gak "waw" amat dan menampilkan ambisi cinta mendalam sudah umum dijadikan tema kisah percintaan. Tapi, bagaimana pun nilai romantis sebuah bacaan memang pada kelihaian penulis menggambarkan kisahnya.

    Ketimbang tertarik dengan perilaku Sukab yang mati-matian ingin memberikan keratan senjanya, saya lebih tertarik bagaiaman Pak Seno Gumira Ajidarma bisa membuat kisah cinta yang begitu hmmm...speechless

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Ambisi Cinta" memang cocok dengan tokoh Sukab ini

      Hapus