Senin, 26 September 2016

Wonderful Life

Amalia Prabowo
Judul: Wonderful Life
Penulis: Amalia Prabowo
Penerbit: POP (KPG)
Jumlah Halaman: 177 halaman
Tahun Terbit: 2015
ISBN: 9789799108548
Genre: Parenting, Story-Pic, Non Fiksi
Format: Ebook on iJak

Perlahan aku harus menerima bahwa Aqil, dengan segala keadaannya, adalah bagian dari rencanaNya. Maka aku harus menjadi bagian dari rencana itu agar kami bertiga: Aku-Aqil-Satria menyatu menjadi "Kita" atau "Us"

-Amalia Prabowo-

Kata ibu dan perjuangan selalu beriringan dalam keseharian anak. Ibu selalu menjadi sosok yang menjadi tumpuan seorang anak dalam masa kecilnya. Anak akan belajar dan memuja ibunya untuk segala hal, pun dari seorang anak ibu akan belajar untuk membuka dunia yang berisi bukan hanya untuknya, tapi juga untuk anaknya. Wonderful Life berkisah mengenai perjuangan metamorfosis seorang Amalia Prabowo memasuki dunia Aqil dan Satria. Berlatarbelakang keluarga ningrat yang disiplin dan menjunjung tinggi nilai pendidikan, Amalia tumbuh menjadi seorang wanita yang mempercayai bahwa tak ada yang tak dapat dicapai melalui kerja keras dan perencanaan


"Namaku Amalia, putri bungsu keluarga ningrat Jawa yang berpendidikan tinggi dan berkecukupan materi"
" Dan aku sepakat dengan Bapak. Kendali kehidupanku sepenuhnya ada di tanganku. Bahagia atau sedih adalah pilihan sadarku"
Hidup Amalia layaknya mengikuti plot yang ia ciptakan. Menikah dengan laki-laki yang berkedudukan sama dan mampu mencapai karir yang gemilang. 
"Apalagi yang kurang?"
Hal-hal yang tak terduga mulai bermunculan di hidup Amalia. Mulai dari perceraian, kehilangan kedudukan, hingga yang terbesar adalah disleksia yang dialami Aqil, putra Amalia. Aqil mulai menunjukkan gejala disleksia dengan kesulitannya membaca dan berhitung. Berkali-kali mengikuti pelajaran membaca pun, Aqil tetap kesulitan membaca. Hingga mulai disadari dan jatuh vonis bahwa Aqil menderita Disleksia dan Aqil tak bisa bersekolah di sekolah umum. Amalia lagi-lagi jatuh dan ia harus mulai mencari cara untuk bangkit bersama kedua anaknya. Perjuangan Amalia dalam rangka berdamai dengan takdirNya ini dituangkan melalui 177 halaman buku Wonderful Life

"Sen... dok, Qil"
 "Nes... dok"
"Sendok..."
"Nesdok..."

Buku dari penerbit POP (imprint KPG) menspesialisasikan diri pada tema gaya hidup. Beberapa buku sebelumnya yang kubaca seperti Do, Generasi 90-an, dan #88LoveLife selalu menyuguhkan kisah yang segar dan berkaitan dengan cerita masayarakat modern saat ini. Dan selalu tentang kisah bergambar atau gambar yang berkisah. Tak heran jika buku Wonderful Life yang juga penuh dengan ilustrasi menarik, sederhana namun tetap bermakna masuk di bawah POP. 
Wonderful Life layaknya buku parenting umumnya, berisi how to be a better parents namun yang berbeda adalah di buku ini dikemas dalam bentuk cerita. Amalia sebagai penulis juga orang tua akan bertutur mengenai kisahnya sebagai "aku" yang berjuang keras berdamai dengan kelebihan Aqil. Ia bercerita bagaimana dirinya marah, frustasi, dan kesal dengan takdir Tuhan. Yang selanjutnya membawa ia pada kesadaran bahwa ia tak bisa mengubah apa yang terjadi tapi ia bisa berdamai dengan yang terjadi dan merencanakan untuk yang akan terjadi. Penuturan Amalia yang berkali-kali menggunakan penekanan kata "Namaku Amalia..." seolah ingin berbagi dan ikut membawa pembaca untuk merasa menjadi sosok Amalia yang dididik baik-baik, berjiwa mau maju, berkeinginan keras, tapi harus terhempas berkali-kali.
Ilustrasi di buku ini menarik dan ternyata dibuat oleh Aqil sendiri si tokoh cerita. Salah satu hal yang menarik dari Wonderful Life. Didominasi warna biru, hitam, dan putih, ilustrasi Aqil untuk buku ini pas dan masuk ke dalam penuturan cerita Amalia. Wonderful Life juga memberikan gambaran penanganan untuk anak yang menderita disleksia. Seperti terapi membaca dan terapi konsentrasi dengan cara hiking. Menurut berita, Wonderful Life juga telah menginspirasi banyak orang tua sehingga Amalia sendiri membentuk gerakan sosial untuk terapi anak-anak disleksia.
Jika ingin membaca buku inspiratif yang memberi semangat namun tak terkesan menggurui, buku ini cocok dibaca.

Review ini diikutsertakan dalam kompetisi WLReadingChallenge dari penerbit KPG. Dan buku merupakan pinjaman dari aplikasi iJakarta

Keep reading for your rest of your life :)
Rating 3/5

2 komentar:

  1. Ya ilustrasi nya menarik ya :)

    BalasHapus
  2. makasih ya, saya malah baru bikin review dan sinopsis singkatnya di blog http://www.reviewdansinopsis.com/ kalo sempat mampir ya^^

    BalasHapus