Sabtu, 02 Juni 2018

Kemalasan Melawan Rasa Kangen Perihal Ngeblog dan Review Buku


Hi! Long time no see

Saya berharap masih ada yang mampir di blog ini setelah sekian lama hiatus ditinggal si owner yang entah kenapa kehilangan kelincahan menulis. Kalau dicatat pasti banyak alasan, hahaha. 

Anyway, beberapa hari lalu ada seorang kawan lama yang sudah jarang bertemu tetiba nanya, 
"Eh Siro, udah lama nggak ketemu. Masih suka nulis di blog? Masih suka review buku-buku? 
Eng-Ing-Eng aku hanya bisa mesem kecut ditanya gitu. Ingin kujawab iya masih, tapi apa day aitu bohong. Ini pertemuan pertama kami setelah tiga tahun nggak ketemu. Ya, terakhir kali ketemu pas kita masih kuliah. Tidak mengurangi rasa kesombongan, eh maksudnya tidak bermaksud menyombongkan diri hanya saja tiap kali nih doi ngajak main keluar selalu aku pakai alasan lagi nulis blog lah, lagi baca buku seru lah. Makanya, temanku selalu ingat bahwa neng Siro ini hobi nulis di blog dan baca buku. 
Pertama kali kena sindrom penurunan kualitas (kuantitas?) ngeblog dan review buku itu mulai kurasakan semenjak aku mulai bekerja, bisa dilihat sih dari postingan terakhir di blog tentang review buku itu dua tahun lalu kali ya. Udah lama banget. Ibaratnya buku mah nih blog udah penuh debu. Halaah.


Dulu jaman kuliah hobi banget ikut challenge, walaupun ya bolong-bolong tapi masih seru. Pun kadang ikut acara kopdar dari anak-anak BBI. Sekarang boro-boro, segini buka blog aja udah alhamdulillah. Habis ketemu temanku itu, aku mulai deh membuat daftar kenapa ya aku kok bisa sangat-sangat malas menulis di blog ini, tapi di satu sisi aku rindu buat nulis. Ternyata:

  1. Lelah bekerja. Hem, kerjaanku sih nggak banyak-banyak amat. Cuman kan awal-awal dari mahasiswa ke kuli itu butuh penyesuaian. Ini hal awal yang membuat aku mulai meninggalkan blog ini. Lama-kelamaan malah jadi malas baget ya
  2. Menunda-nunda membaca. Alhasil lupa deh itu baca buku udah sampai mana, pas mau review bingung mau review apa. Kadang juga banyak buku yang udah dibaca, saking banyaknya bingung mau mana duluan yang di review, eh malah nggak semua sama sekali di review. Banyaknya Siro paling 1-2 buku
  3. Hilang percaya diri. Iya kamu nggak salah baca! Aku tuh minder sebenarnya sama tulisan-tulisan reviewku terdahulu, beuh jaman sekarang yang nulis review buku tuh banyak banget dan bagus-bagus. Mereka banyak share di berbagai media sosial dari mulai facebook, twitter, Youtube, ampe Instagram. Apalagi ini Instagram, udah banyak bookstagram yang kece-kece review nya plus kece banget fotonya. Bandingin sama reviewku mah jauh.
But, setelah menimbang alasan-alasan tadi, aku baru sadar alasan awal kenapa aku sampai buat blog untuk buku. Kuceritain deh, ceritanya dulu jaman kuliah hobi banget kan baca buku. Kalau mau nyari referensi buku apa nih yang sesuai selera yang bagus dibaca, ya berseluncurlah di google. Jaman dulu belum banyak blog yang bahas buku. Eh, pas gugel nyantol lah di platform Goodreads. Di situlah saya mulai membuat akun gudrits. Di situ juga mulai nemu review-review mini dari para pembaca. Kadang ada juga yang nyantumin blognya dia di akhir mini review. Alhasil sampailah ku di salah satu blog member BBI (Blogger Buku Indonesia). Aku lupa siapa. Tapi dari situ ku mulai ngepoin komunitas satu itu. Serunya, ternyata banyak blog yang bahas review buku di Indonesia ini. Akhirnya aku pun memutuskan ingin membuat rekam jejak bacaku melalui blog kayak orang-orang, karena kalau di gudrits kalau sekalian curhat ya kepanjangan kali. Kedua aku juga ingin bantu mereka yang lagi nyari review buku, kan baik ya membantu sesama (mulia banget aku dulu). 

Alhasil jadi lah blog review-siro, terus ikut gabung jadi member BBI. Terus ketemu blogger-blogger kece yang hobi nulis pemikiran mereka tentang buku itu di blog (I kinda miss them and their kopdar). Terus sering adain acara, terus kopdar. Terus jadilah terasah untuk nulis review. Yang paling berkesan dari menulis review ini adalah pernah ada seorang teman yang lagi nyari bahan skripsi. Nah pas doi gugel, nyangkutlah dia di blog ini. By the way, dia anak jurusan Bahasa Indonesia. Ternyata dia mau ambil skripsi dari novel. Nyangkutnya dia ternyata di novel Pulang-nya Leila S. Chudori. Inget banget tuh dulu pengen punya buku itu, ikutan bidding di grup BBI. Nah, balik lagi si temen ini ternyata ngeh tuh blog punyaku. Akhirnya dia kontak dan nanya-nanya minta saran novel apa yang kira-kira cocok sama tema skripsinya dia. Walau nggak ngerti-ngerti banget tentang jurusannya dia, kukasih rekomendasi semampunya. Bagiku itu hal yang nggak membuatku menyesal punya blog ini dan mau menulis review di sela-sela kuliah. Iya bisa bantu orang.

Panjang kali cuap-cuapku ini. Biarin aja ya. 

Jadi alasan aku buat blog itu ya memang mau merekam jejak bacaanku juga kalau bisa ya bantu orang. Hahaha. Berpijak dari situ, sayang rasanya kalau aku tinggalkan blog ini berdebu dan aku pun mulai lupa-lupa ingat cerita dari buku-buku yang pernah kubaca. Kan kalau ada blog ini bisa kubikin semacam jurnal menulis cerita. So, aku bakal buat kembali komitmen ke diriku sendiri untuk mulai nulis review buku lagi. Dan besok aku bakal posting review pertamaku setelah sekian tahun vakum. Semoga berkenan ya. 

Note:
Psst buku yang aku baca bertema fantasi dari salah satu penulis yang kusuka. Clue: Kunang-kunang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar