Senin, 15 April 2013

Berjuta Rasanya

Judul: Berjuta Rasanya.
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Mahaka.
Jumlah Halaman: 205 halaman.

Berjuta Rasanya berisi kumpulan cerita yang menggugah, mengangkat tema yang terkadang memiliki arti kecil di mata kita, namun tanpa disadari sungguh berarti bagi hidup. Terdiri dari 15 cerita pendek:

  1. Bila semua wanita cantik.
  2. Hiks, kupikir kau naksir aku.
  3. Cinta zooplankton.
  4. Cintanometer
  5. Harga sebuah pertemuan.
  6. Kotak-kotak kehidupan Andrei.
  7. Mimpi-mimpi Laila Majnun.
  8. Kutukan kecantikan Miss X
  9. LOVE Ver.7.0 & MARRIED Ver.9.0
  10. Kupu-kupu Monarch
  11. Joni dan Doni.
  12. Kutukan kecantikan Miss X-2
  13. Lily dan Tiga Pria itu.
  14. Pandangan Pertama Zalavia.
  15. Antara Kau dan Aku.
Yang paling berkesan bagi aku cerita kupu-kupu Monarch, pandangan pertama Zalavia, dan Joni dan Doni. Dalam kupu-kupu Monarch menceritakan bagaimana ketulusan dari cinta yang terkadang berujung ketidakmampuan nalar manusia memahami hakikat ketulusan itu sendiri. Tentang seorang istri yang berjuang untuk semuanya di tengah kedaaan sulit demi suaminya, sampai mengorbankan bagian dari dirinya sendiri. Dan diakhiri dengan ketidaksetiaan si suami. Sama seperti seorang ayah yang ditinggal anak yang dicintainya akibat ketidaksetiaan si ibu. Si istri digambarkan sebagai kupu-kupu kuning yang hadir di desa itu setiap setahun sekali, melambangkan jiwa-jiwa yang kembali.
Masalahnya, apakah cinta itu? Apakah ia sebentuk perasaan yang tidak bisa dibagi lagi? apakah ia sejenis kata akhir sebuah perasaan? Tidak akan bercabang? Tidak akan membelah diri lagi? Titik? Penghabisan? Bukankah lazim seseorang jatuh cinta lagi padahal sebelumnya sudah berjuta kali bilang ke pasangan-pasangan lamanya, "Ia adalah cinta sejatiku!".

Sosok Joni dan Doni memiliki kemiripan di hari itu yaitu mereka sama-sama sidang skripsi. Bedanya Joni tidak lulus sidangnya sedangkan Doni lulus dengan nilai sempurna. Belum cukup itu Joni juga diputuskan puput pacarnya di hari yang sama. Mengetahui hal ini Doni teramat senang karena selama ini ia naksir puput. Keduanya mengirim pesan pada teman-temannya mengenai kesedihan Joni dan kegembiraan Doni. Namun tak ada satu pun teman mereka yang membalas. Tak ada sama sekali. Mereka berdua terpuruk dalam kesedihan dan kegembiraan mereka masing-masing sendiri. Sendiri.
Percayalah, hal yang paling menyakitkan di dunia bukan saat kita lagi sedih banget tapi nggak ada satupun teman untuk berbagi. Hal yang paling menyakitkan adalah saat kita lagi Happy banget tapi justru nggak ada satu pun teman untuk membagi kebahagiaan tersebut. Tapi, ada yang lebih celaka lagi, yaitu ketika kita justru senang pas lihat teman susah, dan sebaliknya terasa susah banget di hati pas lihat teman lagi senang. Hiks!

Cerita-ceritanya mengalir khas Tere Liye, suka menyimpan kejutan di akhir. Bahasanya sederhana dan cukup dipahami. Aku enjoy banget bacanya. ^_^.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar