Jumat, 28 Februari 2014

The Food Traveler's Guide (Jajanan Spektakuler Bandung di Bawah 15 Ribu)


Judul: The Food Traveler's Guide (Jajanan Spektakuler Bandung di Bawah 15 Ribu)
Penulis:
Penerbit: Bukune
Genre: Non Fiksi
Jumlah Halaman: 144 halaman.
Tahun Terbit: 2007
ISBN: 9786028066051

The Food Traveler's Guide (Jajanan Spektakuler Bandung di Bawah 15 Ribu) adalah buku catatan perjalanan "jajan" kuliner di Bandung. Kota Kembang tak hanya dijadikan tempat wisata karena keelokan dan factory outletnya, tapi juga kuliner yang khas cukup jadi alasan untuk Bandung masuk sebagai tempat yang patut dikunjungi ^^.  Duo penulis dalam buku ini, berkeliling Bandung dan mencari tempat-tempat "jajan" kuliner yang enak dengan harga yang miring. Dan pengalaman mereka dituangkan dalam The Food Traveler's Guide. Ada lima kategori makanan yang tertulis, yaitu cemilan, genjelan perut, makanan nendang, tempat nongkrong, dan oleh-oleh. Dalam setiap makanan/tempat makan, penulis mendeskripsikan tempat dan tentu saja rasanya. Disertai juga dengan foto, menu favorit dan rating dari kebersihan, kenyamanan, dan pelayanan. 

Buku ini cukup bagus jika ingin dijadikan semacam "peta kuliner" ketika mengunjungi Bandung. Namun, karena terbit hampir 7 tahun lalu, mungkin perlu dilakukan cek ulang. Apakah tempat-tempat kuliner itu masih ada atau tidak. Dan harganya juga mungkin sudah berubah. Contohnya seperti surabi Enhaii. Tempat jajan  surabi, makanan seperti mangkok yang terbuat dari terigu dan dibakar dengan alat yang khas,  ini dulunya terletak di Setiabudhi. Tapi sekarang tempat ini sudah tidak ada, dan diganti menjadi Rumah Imoet dengan Soerabi Imut-nya. Atau Madtari yang dulu tempatnya kecil dan sekarang cukup luas. Meski kurang relevan karena terbitnya yang lama, tapi setidaknya bisa jadi panduan untuk melihat jajanan apa saja yang enak di Bandung.
Dari sampul buku ini cukup bagus, kertas bagian dalam tebal, dan full colour hanya saja karena mungkin kertas tebal tersebut cukup membuat bagian sampul cepat rusak. Karena bagian sampul terlalu tipis, untuk melingkupi bagian dalam buku yang berat karena tebal. Bila dicantumkan rute angkutan umum atau peta dari masing-masing tempat, mungkin akan semakin melengkapi buku ini.
Beberapa tempat yang jadi rekomendasi dalam buku ini dari saya adalah Madtari, Ngoepdoel (Ngoepi Doeloe), Lomie Imam Bonjol dan Cizz Cake. Tempat-tempat ini masih ada di Bandung dan memang cukup terkenal. Selamat berkuliner di Bandung ^^.



Keep reading for rest of your life :)
Rating: 3/5

8 komentar:

  1. aku suka banget Cireng, kayaknya seru nih bagi yang ingin kuliner di Bandung, tapi bener juga, bukunya harus diupdate lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cireng aku juga sukaaa :)..

      Hapus
  2. *cari buku ini buat nanti pergi ke bandung xD

    BalasHapus
  3. Uhm. Belum pernah nyobain cireng. Dan emang belum pernah ke Bandung sama sekali. Yaoloh kapan-kapan pengen deh main2 ke Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo maen,. ayo maen,.. *yel yel* ^^

      Hapus
  4. huaaaa jadi kangen bandung... kampung halaman XD iya buku2 model gini emang harus sering2 diupdate, kalo nggak nanti malah keburu kadaluarsa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo maen,. ayo maen,.. *yel yel lagi* ^^

      Hapus