Sabtu, 05 Juli 2014

[Blog Tour + GA] Girls in the Dark


Judul: Girls in the Dark
Penulis:
Penerbit: Haru
Genre: Fiksi
Jumlah Halaman: 284 halaman
Tahun Terbit: 2014
ISBN:  6027742313


"Saudari sekalian, terima kasih sudah bersedia datang malam ini meskipun badai menerjang.
Pertemuan ini adalah pertemuan rutin Klub Sastra semester pertama yang terakhir. Izinkan saya, Sumikawa Sayuri, selaku ketua Klub Sastra memberikan salam pembuka. Silakan mendengarkan dengan santai sambil menikmati welcome drink yang sudah dibagikan tadi."
-Sumikawa Sayuri-

Malam ini 7 murid SMA Santa Maria dari Klub Sastra akan mengadakan pertemuan rutin bernama yami-nabe. Pertemuan "panci dalam kegelapan", setiap anggota diharuskan membawa bahan yang nantinya akan dimasukkan ke dalam panci. Boleh membawa makanan ataupun bukan makanan asalkan higienis, tidak boleh memberitahu anggota lain barang yang dibawa, dan pemimpin yami-nabe akan membuat hidangan penutup. Yami-nabe kali ini spesial diadakan ketua klub baru, Sumikawa Sayuri, untuk mengenang ketua klub lama yang telah meninggal, Shiraishi Itsumi. Nitani Mirei, Kominami Akane, Diana Detcheva, Koga Sonoko, Takaoka Shiyo, dan Sumikawa Sayuri akan membawakan kisah malam ini.

Masing-masing akan mengisahkan Itsumi dalam versi mereka sebagai kenangan untuk menghormatinya. Namun, siapa menyangka pembacaan cerita dari tiap anggota berubah mencekam ketika setiap orang mulai berspekulasi mengenai kematian Itsumi yang tragis. Belum kukatakan, Itsumi meninggal "bunuh diri" dengan setangkai bunga lily di tangannya. Setiap anggota mulai mengeluarkan argumen mereka, menyalahkan satu dan lainnya. Kenyataannya sungguh tak pernah terduga.

 Source: here edited by me

Cerdik. Gila. Menyeramkan. Itulah 3 kata yang saya keluarkan setelah membaca sampai akhir novel ini. Oke, mari kita telusuri satu-persatu.
Sampul dari novel Girls in The Dark ini bagus dan unik. Seorang gadis misterius berseragam sekolah dengan sorot mata penuh misteri. Nuansa abu kecokelatan yang menjadi latar si gadis menambah aura misteri. Selain itu, gambar di bagian awal tiap bab unik dan terkesan gelap. Coba cek di sini
Secara umum tema dari novel ini adalah tentang balas dendam. Setiap anggota klub memiliki motif tersendiri untuk balas dendam. Ada keinginan tersembunyi. Ada rasa iri. Ada egoisme masa SMA. Membaca novel ini diajak menyelami pemikiran dan intrik-intrik anak anggota klub yang ternyata cukup menakutkan. Ya, saya tidak habis pikir anak SMA memiliki rasa dendam dan sensitifitas yang di luar logika. Penulis benar-benar meramu novel ini dengan cerdik. Jika boleh, novel ini bisa dikategorikan novel misteri dan thriller.
Setiap anggota klub akan berperan sebagai aku yang menjabarkan kisah dari sudut pandang masing-masing. Kebayang gak, nulis "aku" dari berbagai jenis orang yang berbeda? Sulit ya? Itulah mungkin tantangan penulis di novel ini. Setiap anggota klub memiliki karakter berbeda dan pandangan berbeda. Perpindahan dari satu karakter ke karakter lain cukup terpisah, hanya saja mungkin agak keteteran di bagian akhir. Seperti sudut pandang Koga Sonoko dan Takaoka Shiyo, sulit membedakan kedua karakter ini. Untuk sudut pandang dari kedua tokoh ini saya merasa datar. Karakter yang paling terasa dan menonjol adalah karakter Sumikawa Sayuri yang misterius dan agak menyeramkan.
Jalan cerita memang dituturkan dari masing-masing tokoh yang berpusat pada kematian Shiraishi Itsumi. Jadi hanya kesan tentang satu orang yang diceritakan berulang-ulang. Kesan membaca novel ini sungguh tidak terduga. Sejujurnya, saya bukan penyuka genre misteri jepang, tapi novel ini cukup membuat saya penasaran tingkat "dewa" dengan apa isi pemikiran masing-masing tokoh tentang Itsumi. Sempat terpikir, ini semua orang punya pemikiran yang hampir sama, dan jangan-jangan Itsumi yang.... Ternyata... (penasaran ya? baca aja sendiri ^^). Pas sampai ending, satu kata yang terucap. Gila *sambil geleng-geleng kepala*. Novel ini sukses membuat saya ingin membaca novel misteri jepang lainnya.
Keep reading for rest of your life :)

Rating: 3,5/5 



GIVEAWAY
Dalam rangka blog tour Gilrs in The Dark ada giveaway dengan hadiah menarik. Hadiahnya adalah dua buku Khokkiri karya Lia Indra Andriana dan dua sampul buku Girls in The Dark dari Emerald Green Label untuk dua pemenang. Jadi satu orang pemenang mendapat satu buku dan satu sampul. Giveaway ini bisa kamu ikuti dengan mengisi rafflecopter di bawah ini dengan syarat: SATU AKUN untuk satu kali isi rafflecopter jadi dimohon untuk tidak mengisi data dua kali dengan email sama atau satu orang dengan dua akun berbeda. Saya bakal periksa jawabannya satu-satu lho, jadi jangan curang ya!^^. Giveaway ini berlangsung dari tanggal 5-12 juli 2014. Dan pengumuman pemenang paling lambat diumumkan tiga hari setelah rafflecopter ditutup.

a Rafflecopter giveaway

KUIS FINALE
Dan seperti biasa, ada KUIS FINALE buat kamu yang rajin nongkrongin blog tour dari Penerbit Haru. Kali ini di Kuis Finale blog tour Girls in The Dark ada potongan gambar yang mesti kamu kumpulkan dari awal blog tour sampai akhir, kemudian yang harus kamu lakukan dengan potongan gambar itu adalah menyatukannya menjadi gambar utuh. Post hasil gambar kamu di Facebook Penerbit Haru. Pemenang dari Kuis Finale akan mendapatkan:
1. Paket buku Haru
2. Pouch dari Emerald Green Label
3. Totte bag dari Emerald Green Label

Gambar yang muncul kali ini adalah

Agar tidak ketinggalan setiap potongan gambar, catat jadwal blog tour baik-baik:

16 Juni 2014
Bimo Rafandha
http://rafandha.blogspot.com/2014/06/blog-tour-girls-in-dark-akiyoshi-rikako_15.html
Twitter:  @ bimorafandha

17 Juni 2014
Riri Hanafi
http://myheavenofbooks.blogspot.com/2014/06/blog-tour-imaginary-casts-giveaway.html
Twitter: @de2via

18 Juni 2014
Cut Lilis Rusnata
http://bacabuk.blogspot.com/2014/06/blog-tour-giveaway-girls-in-dark.html
Twitter: @liezniez_cut

19 Juni 2014
Linda Zunialvi
http://lindation.blogspot.com/2014/06/blog-tour-girls-in-dark-giveaway.html

20 Juni 2014
Yoeliana A. A. (Non Inge)
http://bacaaninge.blogspot.com/2014/06/girls-in-dark.html#more
Twitter: @Noninge

23 Juni 2014
Tammy Rahmasari
http://teatimeandbook.blogspot.com/2014/06/girls-in-dark-blog-tour-giveaway.html
Twitter: @alizarinnn

24 Juni 2014
Annisa Miftakhul Z.
http://letsread123.blogspot.com/2014/06/blog-tour-girls-in-dark-giveaway.html
Twitter: @letsread123

25 Juni 2014
Stefani Sugia
http://www.thebookielooker.com/2014/06/blog-tour-sneak-peek-girls-in-dark-by.html
Twitter: @stefanie_sugia

26 Juni 2014
Ratri Anugrah Sari
http://imawesomenerd.blogspot.com/2014/06/blog-tour-girls-in-dark-giveaway_26.html
Twitter: @smilingnath

27 Juni 2014
Dian Putu
http://dianputu26.blogspot.com/2014/06/blog-tour-ga-sneak-peek-girls-in-dark.html
Twitter: @dianputuamijaya

1 Juli 2014
Sri Sulistyowati (Peri Hutan)
http://kubikelromance.blogspot.com/2014/07/blog-tour-book-review-giveaway-girl-in.html
Twitter: @peri_hutan

2 juli  2014
Ni Made Sapta Resita Putri
http://vip-resita-putr.blogspot.com/2014/07/blogtour-review-girls-in-dark-giveaway.html
Twitter: @ResitaPutri_07

3 Juli 2014
Alvina Ayuningtyas
http://orybooks.blogspot.com/2014/07/blog-tour-girls-in-dark.html
Twitter: @alvina13

4 Juli 2014
Luckty
http://luckty.wordpress.com

5 Juli 2014
Siti Robiah A'dawiyah
http://review-siro.blogspot.com/

6 Juli 2014
Oky Septya B
http://sinopsisuntukmu.blogspot.com

7 Juli 2014
Zelie Petronella
http://littleangelinme.wordpress.com

8 Juli 2014
Atria dewi sartika
www.atriadanbuku.blogspot.com

9 Juli 2014
Andrea Ika Hapsari
http://susunanbuku.blogspot.com/

10 Juli 2014
Fenny Herawati
http://thereadthings.blogspot.com

Selamat mengikuti!^^

42 komentar:

  1. Nama: Zuhelviyani Zainuddin
    Kota asal: Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (jauh banget loh, kak, ongkirnya mahal *eh)
    Alamat email aktif: zuhelviyani@gmail.com
    Facebook: /kazune.karin.10
    Twitter: /evizaid

    Novel misteri menjadi menarik karena .. misterinya. Banyak hal-hal yang disembunyikan dari awal oleh penulis dan akhirnya dibuka di akhir cerita. Sepanjang novel dipenuhi dengan tebak-tebakan. Karena itu, novel misteri sering membuat ketagihan. Kalo nggak selesai dibaca, malah kepikiran. Hehe. Sekian.
    Makasih giveaway-nya, Kak. :3 Semoga rame. Salam. ^ ^

    BalasHapus
  2. Nama : Farah Fahma
    kota : tegal
    email : farahfahma179@gmail.com
    twitter : @farrmasi

    penasaran tentunya. selain itu, juga teka-teki yang harus dipecahkan. dan biasanya tokohnya itu banyak. juga meskipun misteri, dibeberapa novel, biasanya dalam ceritanya itu tidak terlepas dari kisah percintaan. satu lagi. jika bertema pembunuhan, biasanya dicari bagaimana motifnya ? ada lagi yaitu, yang baca itu akan merasa tegang dan berdebar-debar xD
    itu yang membuat novel misteri menarik menurut saya xD

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Nama: Dewi Triantini
    Kota: Lubuklinggau
    e-mail: dewi_anime@yahoo.com
    Twitter: @DewiTriantini

    Kenapa? Karena ceritanya ini selalu bikin penasaran >< Kita selalu dibuat bertanya-tanya, apalagi kasus pembunuhan kaya ini, penuh misteri. Waktu kita baca, jadi kayak kita ikut terlibat di kasus itu *itu juga pengaruh kekuatan penulis* Jadi berasa kayak detektif-detektif gitu, hehehe :D Itu pendapat aku Kak, hehehe :D

    BalasHapus
  5. Bismillahirrahmanirrahim, semoga aku beruntung^_^

    Nama: Aubrey Biancanitta
    Kota Asal: Serang
    Alamat Email: biancanitta@gmail.com
    Twitter: @biancanitta

    Menurutku yang membuat novel misteri menarik adalah cain dengan cerdas membuat sebuah plot misteri yang berkelok-kelok dan tokoh-tokoh cerita yang akan selalu diingat, mudah dipahami dan sulit untuk berhenti membacanya, ceritanya yang berliku…misteri yang meliuk-liuk… sisi penceritaan yang tajam… gelap, muram, dan mengusik… kepedihan yang indah…, adegan kejar-kejaran, mungkin tembak-tembakan, mungkin juga misteri rumit yang harus dipecahkan, bisa juga adegan menakutkan, dan masih banyak lagi hal-hal seru yang menguras adrenalin;;)

    BalasHapus
  6. Nama : Rizki Oktavia
    Kota : Jakarta
    Email : rizki_oktavia@ymail.com
    FB : facebook.com/parkhyora
    Twitter : @rizKorea

    Hi ka~ menurutku,yang membuat novel misteri itu menjadi menarik adalah novel yang penuh kejutan,sehingga -- bisa saja -- membuat pembaca berkata "Oooo.." sambil menganggukan kepala sedikit atau bahkan berkomentar sendiri saat sedang membaca sambil mengerutkan sedikit alis dan berkata "Kok bisa ya kayak gitu?!",lalu berkata "Ckckck..".
    Dari awal mungkin udah mengira bakal berakhir A,eh ternyata berakhir B *nah lho! terkecohkan?*
    Itulah hal yang membuat novel misteri menjadi menarik. :)

    Terima kasih kaka atas giveawaynya
    Semoga kali ini aku beruntung yah~ hihi ^^

    BalasHapus
  7. Bismillah.. ikutan!^^

    Menurutmu, apa yang membuat sebuah novel misteri menarik?

    bikin saya mikir keras. sukses bikin bingung. sukses bikin saya selalu balik halaman sebelumnya, ketika baca satu baris baru. semua kisah misteri selalu membuat saya seperti itu :D
    jadi kerennya novel misteri itu, saat baca, bakal secara langsung bikin saya muter otak dan membalik halaman sebelumnya untuk memastikan pemikiran saya benar atau nggak. bisa tentang tanggapan saya perihal "jangan2 begini lagi" atau "orang ini jangan2 yg ada disana waktu itu" dan sebagainya. bikin saya bisa gak selesai-selesai baca cuma buat nutup buku bentar dan mikir tiap kali baca 1 bab :D
    dan setelah selesai baca (setelah sekian lama gak selesai2) bakal bikin saya nanya-nanya, "kok bisa?" kemudian nyari lagi halaman yang ada kaitannya sama misteri inti. menyimpulkan, dan.. "ya ampun, gak ketebak"
    XD intinya, yang bikin novel misteri itu menarik adalah, ketika dibaca, bikin pengen bolak balik halaman-halaman sebelumnya, dan ketika selesai baca, jadi pengen baca ulang XD (tp jelas terlalu capek untuk baca semua, jadi cuma baca inti-inti misteri yg tersebar di tiap bab)

    Nama: Ade Aprilia Puspayanti
    Kota Asal; Denpasar
    Alamat Email Aktif: adephia119@gmail.com
    Facebook: Dephil Phia
    Twitter: @Dephiil119

    sekian, terimakasih,
    Wassalam..^^

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Nama : Nuriyanni R
    Kota Asal : Malang
    Email : nuriyanni@gmail.com
    Facebook : Nuriyanni Tuin
    Twitter : @RianiJauzaa
    Jawaban :
    Sebuah cerita misteri menjadi menarik? Yaitu krn bbrp factor, diantaranya penulis menceritakan jalan cerita dg melihat dr bbrp sudut pandang, dgn bgtu pembaca dpt menganalisis suatu kjadian dg mmposisikan sbg msg2 tokoh, yg pasti jk sudut pandangx ad bxk bkn hal yg mudah utk mnentukan kronologi suatu kjadian. Selain itu, dlm cerita misteri jg biasanya stiap tokoh memiliki alibi msg2 yg mnguatkan bhwa tokoh tsb tdk terlibat dlm kasus. Tp di lain sisi jg trdpt pesan2 kematian korban yg dpt mnguatkan dugaan tersanga. Di buku GID, salah 1 pesan kmatianx adl bunga lili, ap mksdx? Who know? :D
    Cerita misteri akn smkn sulit ditebak dg setiap mmiliki karakterx msg2, pembaca scr tdk lngsung dipaksa utk mmutar otak menebak bgmn alur suatu kjadian. Yg mngkin mnjdi tdk, yg tdk mngkin mnjdi mngkin! Cerita misteri yg mnyuguhkan alur sedikit rumit akn mmbuat pmbaca gemas & penasaran. Cerita misteri jg mmbutuhkan tempat2 atau benda2 yg terkesan bs djadikan dlm pnyelidikan. Faktor2 diatas menurutku bs mnambah ketegangan suatu cerita misteri.
    Cerita misteri mrpkn cerita yg mnurtq sedikit berat, oleh sbab it si pembaca sbaikx cermat & teliti dlm mmbaca, tp hal itulah yg mnjadi daya tarik cerita misteri, mmbutuhkn kesadaran penuh dlm mmbacanya spt nnton anime detective conan dll^_^.

    BalasHapus
  10. Nama : Fransisca Susanti
    Kota asal : Bogor
    E-mail : siscawiryawan@ymail.com
    Facebook : Sisca Wiryawan
    Twitter : @siscacook

    Jawaban :
    Cerita misteri yang sangat menarik ialah cerita yang sangat tidak terduga dan mengupas aspek psikologis manusia, karakteristik, cara/pola berpikir, analisis. Semakin alur cerita tak terduga, semakin menariklah cerita misterinya =)
    Misalnya novel Tirai, masterpiecenya Agatha Christie, yang terbit setelah Agatha meninggal. Pada Tirai, kita diajak untuk menganalisis psikologis, bukan berdasarkan barang bukti. Kejahatan yang paling kejam ialah psikopat, yaitu penjahat terselubung yang bisa mendorong orang lain yang sebenarnya baik untuk melakukan kejahatan karena mereka merasa dengan berbuat kejahatan itu satu-satunya cara untuk menolong orang yang mereka sayangi,ibaratnya pengorbanan diri untuk melakukan kejahatan. Menurutku, novel-novel misteri Jepang sangat menarik karena alurnya sulit ditebak =) Tapi, biasanya novel misteri yang sukses mengecoh pembacanya ialah penjahat yang terlihat lemah, yang tidak menonjol dalam cerita, tapi mencengangkan di akhir cerita. Seperti novel Girls in the Dark yang membuat penasaran karena masing-masing tokoh akan saling mengungkapkan keburukan, kesempatan membunuh. Cerita misteri yang paling menegangkan ialah ketika banyak jalan buntu dengan akhir cerita yang mencengangkan, jadi satu masalah yang ditebak salah berakibat masalah yang lebih besar, hal ini akan meningkatkan aspek misterinya. Trims banyak ^.^

    BalasHapus
  11. Nama: Rico Martha
    Kota asal: Kabupaten Blitar
    Alamat email aktif: ricko.mr@gmail.com
    Facebook: https://www.facebook.com/rico.iko
    Twitter: @richoiko

    Novel misteri menjadi menarik karena ENDINGNYA. ya benar, akhir yang tak terduga alias "twist" akan sangat-sangat membuat novel misteri semakin berkesan. soalnya ketika menjelang ending atau akhir cerita, pembaca akan semakin cerdas menerka-nerka seperti apa akhirnya. lebih baik lagi kalau dari awal misteri di novel tersebut terkessan mudah ditebak, namun ternyata tidak disangka-sangka bahwa akhir cerita akan tidak sesuai yang dibayangkan. well, that's a good point :)

    BalasHapus
  12. novel misteri itu menarik karena ada misterinya #plak #jelaslah..
    karena misteri itu pembaca bakal lebih tertarik buat baca dan jadi pengen tau cerita yang sebenarnya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Dewi Ponco Wati
      Kota asal: Sukoharjo, Jawa Tengah
      alamat e-mail aktif: depon.arrean@gmail.com
      facebook: Dewi Ponco Wati
      twitter: @ELF_ParkMinGi

      Hapus
  13. Nama : Yana Fajriyana
    Kota Asal : Semarang
    Email : yana.fajri@gmail.com
    Facebook : Yana Fajriyana
    Twitter : @yannafa

    Novenya bikin orang penaasaraaan.. Ceritanya seruu kayaknya.. Jadi pengen baca.. penasaran sama akhir ceritanyaa. Bakal cepet2 baca deh haha :D

    BalasHapus
  14. Nama : Della
    Kota Asal : Semarang
    Alamat Email Aktif : dellatitah@yahoo.com
    Facebook : Adella T. Anggita
    Twitter : @adella_veve

    Novel misteri menjadi menarik? Sangatlah gampang untuk menjadikannya menarik! Anda cukup membacanya dengan sepenuh hati dan berfikirlah "bagaimana ya ceritanya?bagus nggak?" itu sudah cukup untuk membuat novel misteri menjadi menarik

    BalasHapus
  15. Nama : Muhsinatud Diyanah
    Asal kota : Jepara,Jateng
    Email : diyanah_52@yahoo.com
    Facebook : Diyan Diyanah
    Twitter : @diyan402

    今晩は... bismillah ikutan GA ^^

    "Menurutmu, apa yang membuat sebuah novel misteri menarik? "

    menurutku yang membuat novel misteri menarik adalah selain penulisnya yg memaparkan setiap kejadian secara ciamik, saya selaku pembaca di buat terheran-heran & menebak-nebak dalang dari semua kejadian yg ada (detektif gitu) puncaknya pas klimak cerita. setiap analis yg saya buat ternyata meleset sebel juga sih tapi itu daya tarik novel misteri trus waktu di endingnya saya di buat geleng" tak percaya dg akhir ceritanya dan setelah menutup novel tsb saya masih di buat tak percaya ^^

    ありがとうございます semoga saya menang dalam GA ini (amin) . *membungkuk*

    BalasHapus
  16. Nama : Fikriah Azhari
    Kota Asal : Makassar, Sulawesi Selatan
    Alamat Email Aktif : K1k1dr3am3r@gmail.com
    Facebook : Fikriah Azhari
    Twitter : @Fikriah_Azharii

    "Menurutmu, apa yang membuat sebuah novel misteri menarik?"
    Genrenya aja udah "Misteri" nah pasti menarik dong, genre misteri dengan banyak teka-teki didalamnya membuat orang orang tertarik ingin membacanya dan memecahkan misteri didalamnya :D , Yang membuat menarik itu teka teki didalamnya, tapi yang paling utama itu penulisnya, penulis yang hebat pasti akan membumbui kisah itu dengan misteri yang tak tertebak, saya sudah baca novel "Wishing He To Die" nah ini juga terbitan penerbit Haru :D Novel itu keren banget tapi nggak tau deh itu genre misteri atau bukan yang pastinya bagi saya itu genre misteri :3 endingnya nggak tertebak banget ternyata mereka berdua nggak meninggal :D*Yang sudah baca pasti tau , Nah selain Penulis, pembaca juga menjadi inti dari sebuah novel , jika pembaca menghayati novel tersebut pasti mereka akan terkejut jika telah membaca sampai ending >.< Nah berhubung Insyaallah saya nanti mau jadi penulis saya sekarang suka baca baca novel gitu >.< bagi saya Novel menarik itu tergantung pada Penulis dan pembacanya :D oke sekian semoga saya beruntung ^^

    BalasHapus
  17. Nama: Yuni Ayu
    Twitter: Yuni Amidong
    email: yuniayuamida@yahoo.com

    Menurutku sebuah novel misteri menarik apabila cerita dalam novel tersebut sulit ditebak. Alur yang diangkat serta karakter tokoh yang dipakai pun tidak klise. Novel tersebut harus mampu menyihir pembaca agar penasaran, dan terus membuka lembar demi lembar isi cerita. Dan lebih asik jika novel misteri memiliki tokoh yang menjadi kambing hitam, dimana nanti pembaca diarahkan untuk menebak bahwa tokoh kambing hitam itulah dalang dari semua misteri. Dan diakhir novel, barulah diungkap yang sebenarnya, bahwa dalang dibalik semua misteri adalah tokoh yang dari awal memiliki karakter dicintai pembaca. Hehehehe bagiku itu menarik :)

    BalasHapus
  18. Nama: Arfina Tiara Dewi
    Kota Asal: Serang
    Alamat Email: arfina.tiara123@gmail.com
    Twitter: @ipinkaramel

    Sebuah novel apa lagi misteri yang menarik adalah konflik ceritanya, biasanya sang penulis lihai membuat cerita dengan banyak misteri di dalamnya, biasanya ada suatu konflik yang melibatkan banyak tokoh menjadi terbelit-belit, seperti review di atas, setiap anggota klub sastra yang punya dendam dan lain-lain. Terus cara penyajiannya. selain faktor novel itu sendiri, ada promosi yang bikin penasaran, Blogtour adalah ajang untuk mempromosikan buku dan membuat para pembaca penasaran jangka panjang, walaupun faktor paling mempengaruhi adalah konflik menurutku. terus ada review dari reviewers, pendapat, kritik dan pujian bakal bikin penasaran.

    Terima kasih, semoga beruntung :)

    BalasHapus
  19. Buat saya yang menarik dari novel misteri adalah ceritanya yang ditempelkan pada plot seperti puzzle. Dibuat dengan konsep pertanyaan; ada apa sebenarnya? Lalu pembaca dibuat bingung dan tidak gampang menebak dengan trik menyembunyikan fakta sebenarnya tapi beberapa kali penulis memberi klu secara nggak sadar. Nah, dan yang paling meninjol dari novel misteri aalah unsur mistisnya yang biasanya sangat kental. Sehingga novel misteri menjadi kelam dan hitam.

    Nama: Hapudin
    Kota Asal: Cirebon
    Email: hapudincreative@gmail.com
    Twitter: @adindilla

    BalasHapus
  20. Nama: Fabiola Izdihar
    Kota asal: Jakarta Timur
    Email: fabizdihar@gmail.com
    FB: Fabiola Izdihar
    Twitter: @wolfhan88

    Menurutku yang membuat sebuah novel misteri menarik adalah teka-tekinya. Bagaimana pembaca bisa ikut mencari-cari jawaban atas teka-teki dalam cerita tersebut. Semacam teka-teki yang dapat mengasah otak, dan mengetes kepekaan dan logika juga sih kalau menurutku. Seperti dalam novel Girls in The Dark ini, pembaca jadi penasaran siapakah pembunuh sang ketua klub sastra, Shiraishi Itsumi. Pembaca dapat ikut menebak-nebak dengan clue yang telah diberikan dalam cerita tersebut yaitu berbagai macam spekulasi anggota klub sastra tentang kematian Itsumi, dan apa hubungan bunga lily dengan kematiannya. Jadi daya tarik novel misteri bukanlah rasa takut yang dirasakan saat membacanya, melainkan rasa penasaran dan ingin tahu pembaca untuk ikut memecahkan misteri tersebut. Itulah yang membuat pembaca novel misteri akan betah membaca novel sampai habis, karena disetiap halaman mungkin akan ada clue-clue lainnya yang membawa mereka pada jawaban atas misteri tersebut di lembar-lembar terakhir. Dan akan lebih bagus lagi jika si penulis meramu cerita dengan baik & cerdas, sehingga jawaban atas misteri tersebut malah akan membuat pembaca tercengang karena tidak terpikirkan sebelumnya, dalam arti kata lain endingnya tidak tertebak. Contohnya, aku pernah membaca novel yang ditulis oleh kisahhorror. Dalam novel itu aku sangat penasaran siapa yang meneror teman-teman Tatiana (si tokoh utama), setelah Tatiana bunuh diri dan akhirnya meninggal. Ada clue-clue yang sepertinya tidak terbaca olehku makanya aku salah mengira siapa yang meneror. Mula-mula aku mengira hantu Tatiana yang meneror, dan ternyata aku salah, hehe. Membuat pembaca penasaran dengan twist yang bagus dan ending tidak mudah tertebak itu adalah ramuan untuk membuat novel misteri menjadi menarik untuk dibaca.

    Semoga beruntung. ^^

    BalasHapus
  21. Nama : Endah Nur Fajriyah
    Kota asal : Tangerang
    Email : endahnurfajriyah@gmail.com
    Fb : CassiVie Casieast
    Twitter : @enndh

    Daya tarik dari novel misteri adalah ceritanya yang ga biasa. Bisa membuat pembacanya ikut menebak teka-teki yang dibuat oleh penulisnya. Meski kadang tebakannya jauh dari benar. Bisa ikut ngebayangin gimana jadinya kalo aku berada di situasi seperti cerita itu, apa yg bakal terjadi. Belum lagi ending yg ga terpikirkan sebelumnya, yg ga sesuai harapan. Tapi itulah daya tariknya.

    BalasHapus
  22. Nama : Febriyani Syafri
    Kota asal : Makassar
    E-mail : clyneyulaattha@gmail.com
    Facebook : facebook.com/fHEyb24
    Twitter : @fHEyui

    "Menurutmu, apa yang membuat sebuah novel misteri menarik?"

    Bagi saya, hal yang membuat novel misteri menarik untuk dibaca adalah kekuatannya yang membuat saya tidak bisa tidur dan membuat antena ke-sok-detektifan saya naik!

    Saat membaca cerita misteri (karena saya seringnya baca sebelum tidur), saya bakal ga bisa tidur kalau ga menyelesaikan ceritanya sampai habis. Soalnya, kalo dibaca setengah atau kalo misalnya ketiduran, penasarannya bisa sampe kebawa mimpi!

    Karena saya dasarnya emang suka ngait-ngaitin sesuatu, kalo udah baca cerita misteri tuh jadi sok-sok detektif dan nyambung-nyambungin tiap kejadian yang ada dalam cerita. Kata adekku sih, aku jago dalam hal begini. Emang kebanyakan tebakan saya biasanya bener. Hihih :3

    Ya, serunya baca misteri itu sih.. Beda sama genre-genre yang lain. Yang bacanya gak perlu sampai nguras otak. :D

    BalasHapus
  23. Sintyatika Putri_Palembang_sintya.wicaksono@yahoo.com_Sintya Atika NunoMorgan_@Sintyatika_Tyn

    yah jelas, sebuah novel yang menggagas tema misteri kaya akan intrik2 yang membuat pembaca selalu bertanya-tanya siapa dalang di balik semua konflik yang terjadi. mungkin saja dibumbui dengan konflik pembunuhan seperti novel Girls In The Dark atau kepribadian ganda yang ada di novel Khokkiri. kedua konflik tersebut sering kita jumpai di beberapa novel misteri dan hasilnya, mampu membuat pembaca jatuh cinta.
    Menurut saya juga, novel misteri bisa saja memiliki konflik mafia, pokoknya semua intrik2 yang ada di novel misteri biasanya dominan dan hal tersebut juga lah yang akhirnya mengambil hati para pembaca :)

    BalasHapus
  24. Nama : Lin Ulfah Minnati
    Kota asal : Cirebon
    Email : paulleyn.paul8@gmail.com
    Fb : Lin Ulfah Minnati
    Twitter : @eubbbeeeee

    Ceritanya ngga mudah ditebak, selalu bikin penasaran pembaca, ending yang ngga terduga. Yang pasti.. ngga ngebosenin.
    Novel misteri yang bisa bikin dahi berkerut sebenarnya menyebalkan banget, tapi justru itu yang bikin seru. Seperti pertanyaan "Kok gini sih?" atau "Kok bisa gitu?" ketika membaca, itu novel misteri yang menarik menurut saya.

    BalasHapus
  25. Nama: Windy Agustin
    Kota Asal: Lamongan
    Alamat Email: windyagustin8@gmail.com
    Aktif Facebook:: Alicia Cho
    Twitter: @windyagustin8

    Novel misteri menjadi menarik karena yah memang misterinya itu. Tantangan untuk memecahkan misteri itu selalu menarik, selalu unik, selalu berkesan karena membuat otak berpikir keras. Meski semua bacaan fiksi seperti itu kok, mengajak pembaca untuk menebak-nebak. Tapi kalau misteri kan ada kesan ‘rahasia yang belum terungkap’ yang membuat pembaca jadi bertanya-tanya sekaligus menduga-duga. Dan yang namanya rahasia pasti ada alasan kenapa jadi ‘rahasia’. Biasanya sih alasannya pasti menarik karena kalau ga menarik yah ga mungkin dirahasiain kan?

    BalasHapus
  26. Nama :Dea Widyaastti
    Kota asal : Solo
    Email : deawidyaastuti@gmail.com
    Fb : Dea Widyaastuti
    Twitter : @dea_widya834


    Novel misteri menjadi menarik karena mengandung teka-teki, trik dan konflik. Teka-teki yang disajikan merupakan unsur yang khas yang selalu ada di setiap novel ini, teka-teki inilah yang nantinya akan membawa pembaca menuju ending cerita. Bagaimana penulis menyajikan sebuah teka-teki merupakan hal yang penting, karena semakin rumit teka-teki maka ending cerita sukar untuk diduga, dengan begitu pembaca akan dibuat bingung dan kadang tertantang untuk memecahkannya. Dengan adanya trik dan intrik dalam cerita, mampu mendukung dan melengkapi teka-teki yang sehingga lebih apik dan realistis, walaupun kadang bisa juga tak logis. Lalu, konflik dalam novel inilah yang merupakan dasar dan menghidupkan cerita ini. Tanpa adanya konflik cerita misteri terasa hambar dan tanpa ketiga unsur diatas novel misteri bukanlah misteri lagi.

    BalasHapus
  27. Nama : Clara Lavinia
    Kota asal : Jakarta
    Email : claire_loc@yahoo.com
    Facebook : Clairee Domoo
    Twitter : @claclairee

    Bagi ku sebuah novel misteri yang menarik harus memiliki beberapa poin2 penting. Seperti di dalamnya terkadung unsur pembunuhan yang tidak jelas siapa pembunuhnya dan hanya akan di ketahui di akhir bukunya,lalu banyaknya masalah yg datang namun sebenarnya saling terkait dan melibatkan banyak orang yang bahkan awalnya bisa kita anggap sebagai peran tak penting tp menjadi penting dalam penyelesaian masalah tersebut,lalu tidak lupa dengan hal yang berbau detektif dalam hal pemecahan masalah,seperti yg di lakukan Sayuri dalam menanyai semua anggota klub sastra,itu dapat menjadi salah satu contohnya ( ingin mengetahui tanggapan semua orang tentang Itsumi dan mengambil kesimpulan ) . Hal yang paling harus di perhatikan pada novel horor sebenarnya adalah alur cerita nya sendiri, cerita yang di buat oleh penggarang tidak boleh terkesan klise karena akan mengurangi nilai dari novel horor tersebut sehingga jadi kurang menarik untuk di ikuti,jadi antara masalah yg 1 dan lainnya harus benar2 bisa di tangkap pembaca dan membuahkan suatu kronologi yg baru dalam pemecahan masalah :D

    BalasHapus
  28. Nama : Ila Aulia Rahmah
    Kota asal : Karanganyar
    E-mail : la_aulia97@yahoo.com
    Facebook : https://www.facebook.com/ila.aulia.rahmah
    Twitter : @ilaciouss

    Menurutmu, apa yang membuat sebuah novel misteri menarik?

    Yang bikin novel misteri menarik itu soalnya novel misteri enggak bakal bikin bosen buat dibaca.
    Karena kita dibikin penasaran, takut, dan berpikir siapakah yang jadi dalang di balik semua kejadian ini dengan petunjuk-petunjuk yang sangat minim diberikan :)

    BalasHapus
  29. Nama: Phelina Felim
    Kota Asal: Bekasi
    E-mail: phelinafelim@gmail.com
    Facebook: Phelina Felim (https://www.facebook.com/phelina.felim)
    Twitter: @phelinafelim

    Yang membuat sebuah novel misteri menarik adalah kasusnya yang harus dipecahkan, siapa pelaku dan apa motifnya, itulah yang membuat pembaca penasaran yang ingin terus membaca sambil menerka-nerka akhir dari cerita tersebut.

    BalasHapus
  30. Hallo, Siro ~ I'm back (belum menang soalnya #plak #jujur)
    Ikutan GA-nya lagi yaahh..

    Nama: Winda Scorfi
    Kota asal: Surabaya
    Alamat email aktif: merahbatako@gmail.com
    Facebook: WindaScorfi
    Twitter: @windascorfi

    apa yang membuat novel misteri menarik ~ klo menurutku ~ teka-tekinya atau tebak-tebak berhadiahnya #eh
    maksudnya ~ misteri klo gak ada unsur yang bikin kita ikutan deg-degan dan mikir soal teka-teki plus petunjuk yang ada (bayangin ini cerita misteri pembunuhan) jadinya yah ngga menarik banget ~ buatku sih itu semakin banyak teka-tekinya semakin menarik, apalagi klo endingnya susah ditebak ^_^

    BalasHapus
  31. Nama: Adelina Nur Afifah
    Kota asal: Kota Bandung
    Alamat email aktif: nurafifah_adelina@yahoo.co.id
    Facebook: https://www.facebook.com/adelina.nurafifah
    Twitter: https://twitter.com/adelina_ayuzawa
    meurutku yang membuat novel ini menarik adalah penulisnya handal sekali dalam memaikan kata,awalnya aku pikir nove girls in the dark tidak rame karena pas aku liat ternyata hanya pembacaan naskah mungkin aku hanya pembaca novel biasa jadi menganggap itu biasa dan ketika aku membacanya ternyata rame sekali kasus dan alur cerita yang diatur dengan baik tanpa membuat pembaca bingung apa yang disampaikannya,novel thriller ini menakjubkan karna dapat membuat situasi dan jalan cerita dengan mulus , awalnya juga aku menarik kesimpulan bahwa itsumi itu pengkhianat tapi ternyata salah dugaanku malah peran pembantulah yang sangat pengkhianat , Mian panjang dan banyak curhat intinya dari semua bahwa novel ini memang luar biasa dapat menarik kesan tersendiri juga, Sekiann, Hadiahnya menarik ditunggu yaa!!!! semoga aku bisa memenangkannya Amin Ya Robal Alamin

    BalasHapus
  32. Nama: Amelia Aura
    Kota asal: Jakarta
    Alamat email: ameliaura66@gmail.com
    Facebook: Amel Aura
    Twitter: @meliarawr

    novel misteri itu bikin nagih, bikin pembaca nggak bisa ninggalin bukunya sebelum misterinya terkuak! Bisa buat ngasah otak juga, karena banyak teka-teki dan clue yang tricky bertebaran~ Pokoknya, pengen otak encer? Banyak-banyakin baca novel misteri aja! wkwkw

    BalasHapus
  33. Nama : Yuli
    Kota asal : Bandung
    Email : iluy_doanks@yahoo.com
    Facebook : https://www.facebook.com/ully.alias.iluy
    Twitter : @iluydoanks

    Menurut saya, yang membuat cerita misteri menjadi menarik adalah isi cerita yang bikin orang penasaran. Teka tekinya harus bikin gereget, biar yang baca jadi dag dig dug baca kelanjutannya.. :)

    BalasHapus
  34. Nama: Fikri Sekar Ajeng
    Kota Asal: Purwokerto
    Email: sekfik00@gmail.com
    Facebook: http://www.facebook.com/fs.allisoncross
    Twitter: @fsajeng

    Menurutku yang buat novel misteri menarik itu banyak hal-hal tidak biasa yg terjadi dlm cerita tersebut, nggak bosenin, mudah dipahami juga :) trus biasanya kalo novel yg bagus dan menarik itu kan yg kita gak bisa lepas dari novel itu sebelom halaman terahir :D juga banyak teka-teki yg kita nggak tahu jawabannya, dan endingnya yg biasanya kita tebak 'seperti ini' tapi ternyata malah "wah endingnya gabakal ngira jd kayak gini" tp gak bikin kita kecewa~ hehe. oiya! covernya juga. kalo covernya menarik, unyu unyu mistis (?) atau dibuat gak mainstream seperti novel misteri kebanyakan kan jadi menarik tuh. hehe

    BalasHapus
  35. Nama: Asy-syifaa Halimatu Sa'diah
    Kota Asal: Bandung
    Email: asysyifaahs@yahoo.com
    Facebook: http://www.facebook.com/asysyifaahs
    Twitter: @asysyifaahs

    Novel misteri akan menarik karena jalan ceritanya yang tidak mudah ditebak. Nggak lucu dong rasanya kalau novel misteri yang akhirnya kita tahu pasti bagaimana kisahnya. Kalaupun sedikit mudah ditebak, kadang yang membuat novel misteri lebih awesome itu ending-nya. Kita nebak A, yang keluar jawaban B. Yah, ibarat kocokan arisan, semua bagian bisa jadi akhir dari kisah. Terus juga, yang nggak kalah penting adalah... penggunaan kata, kalimat, dan bahasanya, soalnya banyak novel misteri luar negeri yang di luaran sana bagus, eh di Indonesia malah terkesan "ini apaan sih?" hanya karena terjemahannya yang kurang pas :D

    BalasHapus
  36. Nama: Wita Rosmalia S
    Kota asal: Semarang
    Alamat email aktif: witaunyuu@gmail.com
    Facebook: Icel Story
    Twitter: @icelst
    Twitter: @icelst


    yang membuat novel misteri menarik adalah perjalanan dan alur si tokoh dalam mengungkap identitas tersangka serta mengumpulkan kepingan bukti-bukti yg dapat menunjukkan siapa pelakunya.
    setting dan plot juga berpengaruh dalam menciptakan suasana terbaik untuk pembaca

    thanks!:D

    BalasHapus
  37. Menurutmu, apa yang membuat sebuah novel misteri menarik?
    Ceritanya yang seru, bikin penasaran, saat baca jdi nebak – nebak sendiri … dan kadang bikin deg – degan..

    Nama : Ayu Arista
    Kota : Jembrana, Bali
    Email : ayuarista805@yahoo.co.id
    Fb : Seo Kyuu
    Twitter : @AyuArista16

    BalasHapus
  38. Nama : Yuniar Saraswati
    Kota Asal : Gresik
    Email : niaryurisuki[at]gmail[dot]com
    Facebook : Yuniar Saraswati
    Twitter : @yurizkyyy

    karena pas baca novel misteri itu selalu bikin penasaran serta ikut mikir untuk menebak-nebak endingnya dan kadang kalo terlanjur kebawa suasana-nya novel misteri jadi ngerasa deg-deg an juga :D

    BalasHapus
  39. sebuah novel misteri menarik karena.................. misteri-misteri dari berbagai pecahan masalah yang terdapat didalam novel tersebut, petunjuk serta teka-teki siapa dalang dibalik terciptanya misteri ini. adanya kepingan-kepingan petunjuk secara perlahan dari permasalahan yang ada menambah rasa ketertarikan yang luar biasanya berbeda ketika kita membaca novel bergenre lain dengan novel bergenre misteri ini, serta rasa menduga-duga antar sesama anggota menjadikan Girls In The Dark ini masuk ke dalam novel bergenre misteri yang membuat siapa saja tercengang setiap membuka lembar demi lembar sampai akhir. ditambah ending nya luar biasa susah untuk ketebak atau pun mungkin sudah ketebak tetapi pasti akan tercengang ketika mengetahui hasil akhirnya seperti apa. 1 lagi yang membuat novel misteri ini menarik karena begitu pandainya penulis membuat alur cerita yang begitu ringan sehingga enak dibaca tapi balik lagi semua itu tergantung pembaca yang dapat dengan mudah menangkap misteriiiiiiiiiiiiiiiiiiiii tersebut atau tidak, kalau dengan mudah menangkap isi cerita maka, cerita pun akan menjadi menarik tapi kalau pembaca susah untuk menangkap isi cerita misteri ini maka, menurutnya pun akan menjadi tidak menarik. jadi kembali lagi ke pembacanya masing-masing ^^

    Nama = Agnes
    Twitter = @agnssaxu
    Email = Agnessa_ssi@yahoo.com
    Kota tinggal = Tangerang

    BalasHapus
  40. Nama: Sofhy Haisyah
    Kota asal: Makassar
    Alamat email aktif: sofhyhaisyah28@gmail.com
    Facebook: Sofhy Haizyahdrii
    Twitter: @Sofhy_Haisyah

    Novel misteri menjadi menarik, alasannya karena dalam novel misteri identik dengan suguhan "membuat penasaran" kepada pembacanya. Bagaimana tidak penasaran. Setiap saya membaca novel misteri pasti bertemakan suatu kasus yang penuh teka-teki yang jawabannya tidak terduga.

    Novel misteri juga menjadi menarik, dikarenakan dapat membuat kita menjadi sosok orang lain yang aneh. Saat membacanya, kita akan berubah menjadi sosok yang sok beranalisis tentang kasus dalam novel misteri tersebut, menjadi pintar membayangkan alibi-alibi yang akan muncul, dan terakhir kita akan menjadi sosok yang sok tau tentang cerita yang ada di halaman selanjutnya ataupun ending dalam cerita novel misteri tersebut.

    Tapi, paparan saya mengenai sisi menarik novel misteri diatas biasanya hanya saya teukan dan rasakan pada novel misteri luar negeri (terjemahan). Ada sih, novel misteri keluaran dalam negeri yang seru. Tapi kalo aku bandingkan. Lebih keren novel misteri luar negeri. ^_^))v

    BalasHapus
  41. "Menurutmu, apa yang membuat sebuah novel misteri menarik?"

    Menurut aku, yang paling menarik itu plot dari cerita di novel tersebut. Misteri itu kan identik dengan teka-teki yang mengandung daya mistis. Yang namanya teka-teki, pasti ada jalan keluarnya dong. Nah, kalau membaca novel misteri, dalam hati pasti masih terus penasaran. Sampai buka ke halaman selanjutnya dengan antusias. Itu dikarenakan, para pembaca penasaran dengan akhir dari teka-tekinya. Jujur aja, aku kalau baca novel misteri nggak bisa dicicil. Hari itu juga novel itu harus selesai. Karena kalau nggak, pasti ngerasa ngegantung. Karena cerita di novel misteri beda dari yang lainnya.
    Selain plot, ada juga ekspresi para pembaca. Kebanyakan yang baca novel misteri, berekspresi tegang dan serius banget. Dan kebanyakan di setiap adegan dalam cerita, kita pasti dikejutkan oleh penemuan sesuatu. Yang pasti berkaitan dengan hal misteri.
    Ibarat baca novel detektif, karena kita menelususri teka-teki apa saja yang dibuat oleh penulis.
    Sebelum membaca novel, kita pasti membaca sinopsis yang ada di belakang kover novel. Nah, itu juga sebagai daya tarik. Apalagi, jika gambar di kovernya makin bikin orang bergidik dan merasa tertantang untuk baca novelnya.
    Dan menurut aku juga, baca novel misteri itu tantangan. Rata-rata penulis yang menulis novel misteri di luar dugaan. Dan uniknya lagi, baca novel genre seperti ini, bawaannya suuzon mulu. Dalam hati, nanti jangan-jangan abis ini bakal begini, terus bakal begini bakal begini, dan seterusnya. Makanya seru banget baca novel misteri. Nggak seperti novel romance yang mengajak kia tersenyum sendiri karena adegan yang sweet, novel misteri jarang kita temukan adegan sweet. Kita malah ditantang untuk beranikah kita dengan adegan-adegan selanjutnya.
    Oleh sebab itu, novel misteri, menjadi novel favoritku sepanjang masa. Karena cuma nove itu yang bisa menaikkan mood-ku yang kadang kala down.

    Kota Asal: Bekasi
    E-mail: nurdiani.soffa@gmail.com
    Facebook: Nurdiani Soffa
    Twitter: @feicloudsm

    BalasHapus