Selasa, 07 April 2015

Playing Around with Romance: Songs That Remind Me of Books



Pernah mendengar lagu yang tiba-tiba mengingatkanmu pada sebuah buku? Entah itu karena jalan cerita dari buku tersebut yang mirip dengan lagu atau mungkin kenangan yang dimiliki oleh buku dan lagu tersebut secara bersamaan. Kadang-kadang sebuah lagu mengingatkan kita mengenai satu momen yang pernah terekam. Kali ini, aku berbagi mengenai beberapa lagu yang terkadang mengingatkan aku pada buku. 


1. Breakeven by The Script 
Apa yang palig aku ingat dari lirik lagu ini adalah 
They say bad things happen for a reason
But no wise words gonna stop the bleeding
'Cause she's moved on while I'm still grieving
And when a heart breaks no it don't break even, even... no
Mungkin memang kalimat ini sudah jadi pepatah atau kutipan yang sering digunakan, aku menemukan kutipan ini juga di buku Melbourne karya Winna Efendi. Oleh karenanya, seringkali jika lagu ini diputar, aku akan mengingat buku tersebut. Hanya liriknya yang memiliki kesamaan, tapi secara tidak langsung jika sampai ke lirik tersebut, aku teringat Melbourne. Mengingat kembali jalan cerita dari kisah Melbourne juga.
Things always happen for a reason, that’s what everybody says.”
“But often, not for the reasons we wanted.”

“Yeah, it’s like a rule of life, or something.” Dia menghela napas. “But I think believing that things happen for a reason makes it easier for us to keep going. Dengan menerima kenyataan, kita akan lebih mudah bergerak maju, mengecilkan ruang untuk rasa sesal.”

2. Jar of Hearts by Christina Perri
Buku Restart karya Nina Ardianti mencantumkan beberapa judul lagu di buku tersebut. salah satunya adalah jar of Hearts-nya Christina Perri. Jika lagu ini diputar, aku selalu terbayang tokoh Syiana di Restart yang dikhianati oleh Yudha. 

3. Superheroes by The Script
Kalau lagu ini sih aku pasti bakal ingat buku Little Women. Gak nyambung? Bukan liriknya yang menyambungkan buku dengan lagu ini. Tapi, cerita di balik mendapatkan buku ini. Nah, pada event secret santa yang diadakan BBI tahun lalu, aku mendapatkan buku Little Women. Clue dari sang pengirim adalah 
No Sound without Silence by Superheroes
Selidik punya selidik ternyata, No Sound without Silence ini adalah album The Script yang terbaru dan Superheroes adalah salah satu judul lagu dari album tersebut. Alhasil, aku googling juga lirik lagu ini. Sekarang, kalau ada yang memutar lagu ini, aku selalu ingat buku Little Women dan cerita di baliknya.

4. Mirror by Justin Timberlake
Dulu aku pernah mengikuti kuis dengan hadiah buku Sweet Melody. Nah, salah satu tugas dari GA ini adalah membuat gambar dengan mencantumkan lirik lagu yang aku suka. Waktu itu aku sangat suka lirik dari lagu Mirror ini. Tentu saja aku memakai lagu ini pada acara GA tersebut. Sampai sekarang, lagu Mirror selalu mengingatkanku kalau aku pernah mengikuti GA berhadiah buku Sweet Melody.



Itu lagu yang mengingatkaknu pada beberapa buku. Adakah lagu yang mengingatkanmu pada buku juga?

Pertanyaan ketiga untuk GA:
Lagu apa yang mengingatkanmu pada buku? Ceritakan juga momen di baliknya

 




6 komentar:

  1. John Mayer - Back To You
    Lagu ini masuk dalam playlist di novel Melbourne by Winna Efendi. Dan lagu inilah yang jadi backsound saat Max dan Laura bertemu kembali. Dan, lagu ini jadi salah satu lagu favorit aku.
    Novel Melbourne ini bikin aku punya daftar lagu baru yang enak-enak. :D

    BalasHapus
  2. Nama : Fita
    Email : fitania90@gmail.com

    Kalau masalah lagu yang ngingetin aku pada buku itu...punyae Wali band yang cari jodoh :)
    Lagu ini ngingetin aku pas baca serial Lupus di part boim yang diputusin ama pacarnya, nah pas itu mendadak ada si tukang jamu yang naksir pada pandangan pertama..nah berasa cocok ama boim, si emak pengen aja ngejodohin itu tukang jamu ma boim tp boimnya kagak demen...hehehe

    BalasHapus
  3. Bikin daftar juga ah :))

    1. Skyfall by Adele (cover by Eli Lieb)
    Langsung mengingatkan saya pada buku Mockingjay-nya Suzanne Collins. Tiap dengar lagu ini, saya langsung terkenang adegan ending Mockingjay: dunia mereka mungkin telah runtuh, tapi tak mengapa, asal mereka masih bersama, mereka akan hidup dan menghadapi apa yang menanti di depan dengan tangan saling bertautan.

    2. Chandelier by Sia
    Entah kenapa lagu ini mengingatkan saya pada will grayson (huruf kecil) dari Will Grayson, will grayson karya David Levithan dan John Green. Mungkin karena lagu ini yang cukup depresif tapi bikin pengen bangkit, dan hal itu mengingatkanku pada karakter will yang juga depresif dan kelam.

    3. Fighter by Christina Aguilera (cover by Blaine Andersen aka Darren Criss)
    Mengingatkan saya pada Harry Potter di Harry Potter and The Order of The Phoenix. Meski dunia menentang dan berpaling darinya, Harry tetap bertahan dan berjuang di jalan yang sama, yang membuatnya jadi dibenci semua orang.

    4. Bad Romance by Lady Gaga (cover by Eli Lieb)
    Mengingatkanku pada Naomi dari Naomi and Ely's No Kiss List karya David Levithan. Versi covernya Eli Lieb yang pelan ini sangat mewakili apa yang dirasakan oleh Naomi: dia ingin cinta seseorang yang sangat dicintainya, bukan menjadi temannya. Tidak, dia tidak terjebak di friendzone. Ada satu sebab yang membuatnya tidak bisa meraih pria idamannya.

    Oke, empat itu saja :D

    Salam,
    @FJrean

    BalasHapus
  4. Aku suka buku dealova karya dyan nuranindya teringat pula lagu kenangan terindah samsons.karena pacarnya meninggal krn sakit.maksud dr arti kan kujadikan kau kenangan yg terindah dlm hidupku.pas saat membaca dealova.
    Lagu yg kedua a/ nada nada cinta rossa saat baca karya marga T Trilogi saskia,kishi,oteba.
    @vivicynthia thanks email:cynthiaaprilia.kimkim@gmail.com

    BalasHapus
  5. Maryana amz_ochi_gnz@yahoo.co.id

    Reason by Hoobastank. Aku udah lama ngincer lagu itu. Tahu lirik gak tahu judul. Pas nemu rajin diputer. Dan cuma muter lagu itu pas lagi baca The Maze Runner. Tiap kali muter Reason, pasti inget Maze Runner. Apalagi suka inget bagian saat Gladers putus asa.... "I'm not a perfect person..."

    BalasHapus
  6. Nama: Asy-syifaa Halimatu Sa'diah
    Email: asysyifaahs@yahoo.com
    Jawaban:

    Selain bukan pecinta film, ternyata aku juga bukan orang yang update banget dengan lagu-lagu. Maksudku, referensi lagu yang berhubungan dengan buku nggak begitu banyak. Abis, akhir-akhir ini cuma muterin album EXODUS gitu terus sampe apal banget lirik Call Me Baby *abaikan*

    Kayaknya lagu Maudy Ayunda yang Cinda Datang Terlambat dan Bayangkan Rasakan bikin aku jadi inget film Refrain. Iyalah, itu mah emang lagi soundtrack-nya kali, cuma nggak tau kenapa semua lagu di album berjudul Moment itu memang mengingatkanku dengan film dan buku Refrain milik Winna Efendi. Hm, chemistry-nya kali ya :D

    BalasHapus