Senin, 02 Februari 2015

Runaway Ran

Judul: Runaway Ran
Penulis: Mia Arsjad
Penerbit: Gramedia
Cetakan: -
Jumlah Halaman: 368 halaman
Tahun Terbit: 2013
ISBN: 9789792260007
Genre: Fiksi, Contemporary Romance
Format: Paperback 

"Udah cukup kamu jadi runaway Ran selama ini. Ran yang kabur dari kenyataan dan dirinya sendiri."
-Katrina-


Runaway Ran berkisah tentang Katrina yang saat ini tengah galau menghadapi masalah hobinya. Katrin, panggilan Katrina, mempunyai hobi belanja online. Dari mulai barang-barang fashion sampai dengan buku dan komik. Awalnya sih, Katrin tenang-tenang saja menghabiskan uang jajannya untuk semua hobi itu. Toh, masih ada ayah yang seorang direktur bisa membiayainya. Sayangnya gegera menguping pembicaraan orang tuanya, hal ini pun berubah. "Dan Nguping Pun Merubah Segalanya..."

"Pokoknya kamu nggak perlu khawatir. Tetap fokus selesaikan S2 kamu ya? Tapi Ibu minta kamu usahakan lulus tepat waktu dan belajar hemat. Beli yang perlu-perlu saja. Ayah masih support kamu kok. Cuma... Kamu harus maklum kalau dana Ayah nggak seperti kemarin-kemarin. "
Harus hemat dan mengurangi belanja online? Bagi Katrin tentu hal ini susah. Meskipun ayah Katrin masih bisa mensupportnya, tapi Katrin sendiri merasa sayang pada kedua orang tuanya. Demi mengatasi hal ini, Katrin harus mencari pekerjaan part time di samping kuliahnya. Bantuan datang dari Alya yang memberitahu Katrin lowongan pekerjaan sebagai asisten komikus  F.J.Ran. WOW! Siapa yang gak tahu F.J.Ran? Komikus yang mengeluarkan komik 4 Hero No Zero, tentang 4 pahlawan super Indonesia. Komik humor yang digandrungi orang-orang. Tentu Katrin mengambil kesempatan ini. Sayangnya, komik 4 Hero No Zero yang penuh humor berbeda dengan komikus pembuatnya yang tidak humoris sama sekali. 

Buku ini ditulis dengan kisah  hampir penuh dengan percakapan gaul ala ibukota antara para tokoh utama. Mungkin hal ini yang membuat Runaway Ran ringan untuk dibaca dan diikuti kisahnya. Porsi cerita lebih banyak diambil dari sudut Katrina dibandingkan tokoh lainnya. Beberapa tokoh lebih vokal dibandingkan tokoh lainnya, seperti Katrina sendiri, Ran, dan Alya. Sedangkan tokoh Ina yang merupakan sahabat Alya dan Katrina sendiri hanya di beberapa bagian muncul. Tokoh ayah dan ibu juga hanya muncul di bagian awal dan akhir. 
Sebenarnya permasalahan utama dari kisah sendiri bukan hanya Katrina yang tidak bisa belanja online, ini hanya bagian awal yang memicu adanya masalah lain dalam cerita. Akibat dari Katrina yang ingin kerja, muncul sosok Ran dengan masalahnya. Awalnya pembaca diarahkan ke masalah Katrina, tapi lama kelamaan kisah seakan berpindah ke masalah Ran. Dan bila memang mengacu ke judul dari novel ini sih, pastinya masalah Ran yang diambil sebagai spot utama. Sebagai pembaca sendiri, saya kurang merasa sreg dengan terus menerus masalah Ran yang dimunculkan. Mengapa Katrina kurang dimunculkan masalahnya sendiri? Meskipun sudut pengambilan cerita dari sisi Katrina.
Lainnya, alur maju dalam cerita tidak terlalu mengganggu meskipun ending dari cerita ini sudah bisa ditebak. Dari segi tampilan, sampul memang menarik. Dengan warna putih dan karikatur yang mungkin menceritakan komik yang ditulis oleh Ran mewakili dari kisah ini. Sayangya, di bagian dalam buku masih sitemui beberapa typo penulisan. 
Ringan dan cocok dibaca ketika break sejenak dari novel-novel berat!

Keep reading for rest of your life :)

Rating: 3/5



2 komentar:

  1. Aku juga sudah baca ini hehe. Review menunggu waktu, lg di scheduled post soalnya
    Menurut aku ringan dan lumayan lah ada pesan moralnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dialog-dialognya memang ringan, ini juga aku banyak review yang terjadwal.

      Hapus