Kamis, 11 Juni 2015

Belanja Buku di Google Play

Jadi kejadiannya begini, aku mulai masa training kerja di daerah Cilegon. Dan perusahaan menyediakan tempat tinggal sementara. Saat muncul keinginan untuk ngebet membaca buku, aku harus bersabar. Pasalnya di daerah ini tidak ada toko buku terdekat (ke kota Cilegon-nya saja bisa mencapai waktu satu jam T_T). Kalau mau ya berarti pesan online. Sayangnya, kadang-kadang aku gak selalu berada di tempat tinggal sementara, belum lagi waktu pengiriman yang mencapai 2-3 hari dengan paket pengiriman biasa. Intinya sih gak ada alamat jelas pengiriman. Hal ini yang membuat aku iseng membuka BOOKS di Google Play. Dan ternyata ada juga buku terbitan beberapa penerbit Indonesia di Google Play ini. Akhirnya aku mencoba berbelanja buku di Google Play. Berikut reviewku tentang Google Play.


Tampilan
Secara umum, seperti ini tampilan Google Play di smartphone android. Saat membuka Google Play, section buku (BOOKS) ada di bagian pojok kiri di bawah APPS.


Saat bagian BOOKS ini dipilih, maka akan muncul tampilan seperti ini:


Ada beberapa opsi pilihan yang bisa dilihat di bagian ini. Ada CategoriesHome, Top Selling, New Release in Fiction, New Release in Non Fiction, dan Top Free.






Ada fitur juga untuk memasukkan buku yang dipilih ke dalam wishlist. Sehingga kapan hari kalau ingin membeli buku tersebut tidak perlu mencari kembali di Google Play. Langsung saja masuk ke bagian my wishlist. Selain itu ada fitur pencarian juga, pembeli cukup mengetikkan judul buku/ penerbit/penulis, kemudian akan muncul hasil yang berhubungan dengan kata yang diketikkan di mesin pencarian.


 Cara Pembelian

Ada tiga cara pembayaran bila membeli buku di Google Play:

1. Menggunakan pulsa operator.
2. Credit/Debit Card
3. Redeem/penukaran kupon.

Dari ketiga cara di atas, aku baru mencoba menggunakan pulsa. Contohnya aku membeli buku Tokyo karya Sefryana Khairil:.

Harga di toko buku online adalah Rp 42.400. Jika ditambah ongkos kirim, semisal ke Karawang (rumah orang tuaku) maka: 42400+9000= 51.400
Harga di Google Play adalah Rp. 39.750. Dan saat aku membayar menggunakan pulsa, ada pemberitahuan via sms dan email. Harganya termasuk tax menjadi 44.250.

Update:
Aku sudah mencoba pembayaran menggunakan Debit Card, khusus untuk pembayaran satu ini bisa menggunakan fasilitas VCN dari bank dimana kartu debit tersebut dikeluarkan.


Secara tampilan cukup oke. Hanya saja ada beberapa hal yang agak kurang menyenangkan:
1. Kalau memakai smartphone dengan ukuran layar kecil, hal ini akan membuat kesulitan si pembaca. Karena harus men-zoom buku digital tersebut.

2. Pertama kali membaca buku di Play Books (aplikasi untuk membaca buku dari Google Play), harus terkoneksi internet sampai buku tersebut terdownload seluruhnya.

3. Bagian Home sampai Top Free ini jarang sekali diupdate. Jadi, buku yang akan muncul adalah buku yang itu-itu saja. Padahal semisal buku Dilan, buku ini terbit tahun lalu. Tapi di Google Play, ia masih masuk di bagian New Release in Fiction.

4. Buku yang dibeli dan telah didownload berbentuk scanned page. Bukan bentuk epub/ LIT/ mobi. Sehingga untuk membaca buku ini hanya bisa dilakukan di aplikasi Play Books yang disediakan Google Play. Dan data bukunya pun adalah data buku versi cetak dari hasil scan tersebut seperti ISBN dan Tanggal Terbit.




5. Hanya tersedia beberapa penerbit Indonesia. Yang baru aku temukan adalah Gagas Media, Bukune, Mizan, Qanita, Bentang, dan Ufuk Publishing. Yang sering mengupdate katalog bukunya di Google Play adalah penerbit Gagas Media.

6. Beberapa buku terjemahan tidak ditemukan di sini seperti Divergent Trilogy.

Kelebihan:
1. Simple. Untuk keadaaan yang aku bicarakan sebelumnya, hal ini membantu aku membaca buku di saat aku tak sempat membeli buku dalam format cetak.

2. Bisa dibuka di manapun asalkan ada aplikasinya dan koneksi internet.

3. Ada beberapa buku lama yang sudah tak beredar di pasaran dan masih ada di Google Play. Seperti, Orange karya Windry yang aku cari dimana-mana tak ketemu, tapi masih tersedia dalam bentuk ebook.

4. Cukup hemat. Bila membandingkan harganya dengan format cetak.

Sampai saat ini, belum ada keluhan karena yang aku rasa cara ini cukup simpel dan membantu aku yang berada jauh dari toko buku. Nah kemarin dapat info dari Kak Alvina @ Mari Ngomongin Buku, ada juga toko Scoop untuk membeli buku digital. Rencananya aku mau mencoba berbelanja di Scoop juga. Tunggu review selanjutnya ya ^^.

27 komentar:

  1. Lebih suka baca buku yang fisiknya nyata. Bukan e-book. ._.
    *beda rasanya (?)*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sebenernanya suka versi cetak, jadi bisa dicium wangi bukunya^^. tapi kadang kalau pengen baca terus keadaan gak memungkinkan beli versi cetak, ya aku baca versi ebook

      Hapus
  2. Good review ;D

    Sudah lama pengen beli ebook di Google Play, tapi dulu belum ada pilihan bayar pake pulsa. Jadi download yang gratisan dulu. Sepertinya nggak ada buku terjemahaan, karena buku asli versi bahasa Inggrisnya juga tersedia di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa sih yang terjemahan, dari penerbit Mizan. Pemilihan pembayaran juga sekarang lebih mudah dengan adanya pulsa, tapi cukup tinggi tax-nya menurutku. Bisa mencapai Rp. 3000

      Hapus
  3. Alhamdulillah juga buku saya terbitan Adamssein Media udah tersedia google play dan google buku. Dengan mencarinya bisa ketik Muhammad Adam Hussein atau Adamssein Media.

    Di Getscoop juga, buku saya udah tersedia.

    Ada beberapa judul diantaranya:
    Keajaiban Terapi Warna Biru,
    Terapi Warna Orange,
    Cara Menjadi Publisher CPM MadAdsMedia,
    Pengobatan Ruqyah dengan Terapi Kayu Manis,
    Kajian Bunuh Diri di Indonesia, dan lainnya.

    Makasih banget reviewnya, kalau bisa beli buku saya yang di getscoop dan beri deh reviewnya, makasih.

    BalasHapus
  4. Hallo mau tanya itu bisa di download versi pdf ga ya?

    BalasHapus
  5. Hallo mau tanya itu bisa di download versi pdf ga ya?

    BalasHapus
  6. Sekarang gak bisa redeem yaa..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terakhir kali aku coba reedem memakai voucher Google Play yang dijual di Indomar*t sih bisa.

      Hapus
  7. berarti bukan buku dalam artian fisik ya mbak, aplikasi gitu/semacam ebook?

    BalasHapus
  8. Saya mau nanya. Sy sdh mencoba membeli buku di playstore books dgn sistem pembyran menggunakan pulsa. Tp kok gk mau ya. Pdhl pulsa d hp lebih dr ckp. Mhn infonya. Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib pakai data yang mau di gunakan buat membayar. Jadi misal pakai pulsa telkomsel, harus pakai data telkomsel juga gak bisa pakai wifi.

      Hapus
    2. Betul. Kalau saat itu kamu pakai paket data dari semisal kartu nomor 2, tapi kartu utama kamu yang mau digunakan untuk membayar. Biasanya nggak akan bisa. mesti ganti pake paket data ke kartu utama.

      Hapus
  9. Saya mau tanya mbak!! Kalau sudah di beli apa kah buku nya permanen atau ada jangka waktunya?? Mohon pencerahannya mbak??

    BalasHapus
  10. Saya dulu sempet pake pulsa xl
    Sekarang pake 3
    Dan di pl sudah fak ada pilihan pembayaran pake pulsa itu gimana ya

    BalasHapus
  11. Kalo boleh tau di ebook sama buku cetak nya ada perbedaan isi atau tidak ya? Entah semacam ebook lebih di singkat gitu.

    BalasHapus
  12. buat yang minat beli akun google play book, saya punya dua akun. satu mau dijual. boleh tanya tanya dlu ke ebooksiapublisher@gmail.com atau via telegram @saufagha

    yang mau nerbitin buku/novel juga bisa ya gan sist :) gratis!

    BalasHapus
  13. Mau meningkatkan distribusi buku kamu secara luas dengan menjual versi digitalnya? Bisa banget, bisa!

    Jika iya, kami CBK Publishing membuka peluang bagus untuk bekerjasama menerbitkan dan mempromosikan buku-buku terkerenmu.

    Terbitkan karyamu secara digital di google play store. karena peluang via google play book jangkauannya sangat luas. Selain itu, sistem ini juga bisa mengurangi pemakaian kertas, modal besar, dan permasalahan lain pada saat ingin menerbitkan karya.

    http://danimaulana999.blogspot.com/2018/04/menjual-buku-di-google-play-store.html

    BalasHapus
  14. Jadi yang kesedot dat kuotanya bukan pulsanya

    BalasHapus
  15. Jadi yang kesedot dat kuotanya bukan pulsanya?
    Kalau gagal itu udah pulsanya udah kesedot apa masih aman?

    BalasHapus
  16. Jadi yang kesedot dat kuotanya bukan pulsanya?
    Kalau gagal itu udah pulsanya udah kesedot apa masih aman?

    BalasHapus
  17. kalo mau tanya, kalo buku yg offlinekan dapat bonus cd, kalo beli lewat google ini cdnya gimana ya? apa disediakan link untuk download source cdnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah nemu yang hadiah CD jadi kurang tahu juga.

      Hapus