Rabu, 31 Desember 2014

[Wrap Up Post] Reading and Review Challenges 2014

Apa kabarmu hari ini? Semoga selalu semangat dalam menjalani hari-harinya ^^. Tahun 2014, akhirnya aku ikut beberapa reading dan review challenge yang benar-benar memacu semangat untuk membaca berbagai genre buku, mengenal seluk-beluk dunia penerbitan, menjalin silaturahmi dengan sesama blogger buku, dan terus belajar dalam berpikir kritis menilai buku. Hasilnya? Well, bila menilai kepuasan diri sendiri, aku merasa senang karena adanya peningkatan minat baca dan review bila dilihat habisnya buku yang dilahap. Meski aku akui, buku yang dibaca tahun ini tidak terlalu banyak dibandingkan tahun lalu yang mencapai angka 100. Tahun ini hanya sampai 65 buku. Yah, apapaun tetap disyukuri meski kemajuannya sedikit. Dan mari menyongsong tahun ini dengan minat baca yang lebih baik!
Akhir tahun selalu jadi bulan yang sibuk (atau pura-pura sibuk? but trust me, harus bolak-balik Karawang-Bandung karena alasan pekerjaan, membuat kegiatan membaca terpotong di perjalanan -__-). Tapi di hari baru mari menyelesaikan beberapa rekapan di tahun lalu untuk jadi penyemangat di tahun depan. So, ini dia hasil rekap untuk reading dan review challenge yang aku ikuti di tahun 2014.

Goodreads Reading Challenge 2014

Awalnya sempat berubah-ubah jumlah buku yang ingin dibaca tahun lalu. Akhirnya karena mengingat tahun 2014 aku harus segera menyelesaikan tugas akhir, aku mengikuti Goodreads Reading Challenge dengan target sebanya 2x umurku (tebak berapa hayoh?) . Dan voila! Hasilnya melebihi target baca tersebut. Alhamdulillah. Salah satu alasan melebihi target ini adalah karena pelarianku dari beberapa rutinitas tugas akhir yang memakan pikiran dan tenaga ke kegiatan membaca buku. Akibatnya meski 2014 banyak tugas, aku jadi sering baca buku biar tidak jenuh. Hitung-hitung ganti rekreasi keluar rumah. Persen capaian adalah 141 % dengan jumlah buku 65 buku. Bacaan masih didominasi oleh genre romance dan jenis buku paperback. Beberapa ada buku non fiksi dan hampir seluruhnya fiksi. 



Lucky No.14 Reading Challenge 2014


Untuk Reading Challenge yang satu ini, aku berhasil menyelesaikan semua kategori yang sudah ditetapkan untuk dibaca dan direview. Di bawah ini daftar buku yang aku ikut sertakan dalam RC dari berbagai kategori.
1. Visit The Country:
    Holland #STPC
2. Cover Lust:
    Rhapsody
    After Rain
    The Last 2% 
3. Blame it on Bloggers:
   Kicau Kacau: Curahan Hati Penulis Galau
5. (Not So) Fresh From the Oven:
    The Chocolate Kiss
6. First Letter’s Rule:
    Selama Kita Tersesat di Luar Angkasa  ,
    Seluas Langit Biru
7. Once Upon a Time:
     Soekarno: Kuantar ke Gerbang
8. Chunky Brick:
     Snow Flower and The Secret Fan
9.  Favorite Author:
     Jika: dan hanya jika
     Roma: Con Amore #STPC 
11. Movies vs Books:
      Wandeuk
     Cool Guys Ramen Shop    
12. Freebies Time:
      Secret of A Duchess
      99 Cahaya di Langit Eropa
13. Not My Cup of Tea:
      The Tale of Despereaux,
      Cheer Boy!! 
      People Like Us 
14. Walking Down The Memory Lane

Daftar di atas aku selesaikan sampai bulan Juni. Karena niatnya mau fokus ke tugas akhir (alasan lagi!), setelah aku mengikuti semua kategori, aku berhenti di bulan Juli. Total ada 27 buku yang terbagi dalam 14 kategori.

New Authors Reading Challenge 2014


RC satu ini menantang peserta untuk membaca buku dari penulis yang baru pertama kali peserta baca. Artinya, si peserta belum pernah sama sekali baca buku penulis tersebut. Pada RC ini aku mengambil level Easy dengan syarat buku yang dibaca dari 1-15 buku. Sejujurnya alasan memilih level ini adalah karena aku ketakutan kalau tidak bisa mengikuti RC. Aku tipe pembaca yang belum mau keluar dari zona nyaman membaca buku. Yang bagi aku berarti membaca penulis favorit atau membaca dari buku karya penulis yang pernah aku baca karyanya sebelumnya. Tapi, hei! ternyata salah satunya melalui RC ini aku tertantang untuk mencoba membaca karya penulis yang sebelumnya belum pernah aku baca. Dan hasilnya sepanjang tahun 2014, aku membaca total 35 buku karya penulis baru bagiku. Dan tentunya target level ini terpenuhi! Yippi!^^

Januari
#1 Holland #STPC - Feba Sukmana
#2 After Rain - Anggun Prameswari
#3 Wandeuk  - Kim Ryeong-Ryeo
#4 Secret of A Duchess   -
#5 The Tale of Despereaux   - Kate Dicamillo 

Februari
#6 The Last 2%   - Kim Rang
#7 The Chronicle of Kartini: Gadis Ningrat Pengubah Wajah Wanita Jawa Dan Pencetus Sekolah Wanita Pertama (Novelisasi)- Wiwid Prasetyo
#8 Soekarno: Kuantar ke Gerbang   (Roman)  - Ramadhan K.H. 
Maret
#9. Middlesex by
April

Wishing Her to Die by Jug Soo Hyun
#13. Snow Flower and The Secret Fan by Lisa See
#14. A love at First Sight by Jennifer E. Smith
#15. Five Quarters Of The Orange by

Juli
#23. Girls in the Dark by



#26. Along for the Ride  - Sarah Dessen
#27. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas - Eka Kurniawan

Oktober
#28. Pulang - Leila S. Chudori
#29. Sweet Home - Adeliany Azfar
#30.  Fangirl - Rainbow Rowell 

November
5 Centimeters Per Second  -

Bonus Track  -  
#35. Sabtu Bersama Bapak - Adhitya Mulya

Bila mengacu pada level dari New Authors RC ini, jika 35 buku berarti masuk level "Hard" ^^.
Easy : 1-15 buku
Middle : 15-30 buku
Hard: 30-50 buku
Maniac : > 50 buku
dari blog Ren's Little Corner


BBI Review Challenge 2014



Desember 
35. Sabtu Bersama Bapak

November 
33. French Pink

 Oktober 
32. Fangirl 
29. Pulang
28.Sweet Home

 Juli 
27. Gilrs in the Dark

Juni 
23. Interlude 
17. Wishing Her to Die

Maret

Memang segala sesuatunya perlu diniatkan dalam hati. Dari awal tahun, aku sudah niat dalam hati mau aktif kembali membaca dan mau aktif meriviu buku agar bisa berbagi tentang buku yang aku baca. Dan hasilnya memang tidak mengecewakan. Sebenarnya tidak muluk-muluk keinginan saya, hanya bisa minimal posting 3 riviu per-bulan. Tapi, ternyata saya mampu riviu 8 buku di bulan februari ^^. Yah, walaupun masih dalam selalu tahap belajar. Target awal bisa riviu sekitar 60 buku tapi hanya mampu 37 buku dalam setahun. Dan BBI Review Challenge ini terselesaikan! So, sudah bisa pasang banner ini:


Receh untuk Buku 2014

Seperti aku bilang di awal tahun, bahwa receh-receh aku banyak tersebar di berbagai tempat. Karenanya aku ikut event ini. Dan kemarin, pertengahan desember 2014, aku hitung recehnya mencapai Rp. 80.000,-, dengan nominal koin dominan adalah Rp. 200,- (nyatanya receh ini dalam bentuk Rp. 200,-, aku kira Rp. 500,- :p). Dan aku mulai hitung kembali malam ini. Nanti setelah kuhitung semua, aku akan posting kembali buku apa yang berhasil aku dapat dari receh ini. Dan aku bakal ikut lagi tentunya di tahun depan 2015, karena terbukti dengan project ini, uang recehku lebih terkumpul di satu tempat alias gak berceceran.

Awal tahun 2014 juga aku juga berniat ikut Baca Bareng dan Posting Bareng BBI sepanjang tahun. Sayangnya hanya bertahan sampai bulan februari. Ternyata aku masih enggan meningglkan zona aman. Seiring waktu, genre bacaan mulai beragam meski masih didominasi romance. Target membaca buku-buku berbahasa Inggris juga tidak terlaksana sempurna. Bila mengesampingkan semua hal ini, aku tetap merasa bersyukur dapat membaca buku. Dan pada akhirnya masih gak akan kapok untuk terus mencoba membaca, membaca, membaca, dan belajar meriviu ^^. Akhir kata:
Selamat tinggal 2014.
Selamat datang 2015.
Semoga selalu membawa kebaikan!

1 komentar:

  1. Tengkyuuu Siro udah ikutan RCnya dan selamat sudah mencapai target ^_^. Buku2nya banyak yang bagus nih, hihihihi

    BalasHapus